--> Skip to main content

10 Kelebihan dan Kekurangan Linux Redhat Yang Perlu Diketahui

Redhat adalah salah satu distro Linux yang dapat digunakan sebagai sistem operasi untuk komputer server. Sistem operasi ini dimulai sejak 1995, ketika Bob Young membeli bisnis Marc Ewing yang membuat sistem operasi berbasis Linux. Setelah pembelian maka sistem operasi yang dibuat oleh Marc Ewing dikenal sebagai Red Hat Linux. Young menjadi CEO perusahaan yang mengawasi sistem operasi.

Komputer Server Red Hat

Red Hat Linux menjadi salah satu sistem operasi yang disukai digunakan oleh para profesional dalam masalah komputer server. Dari tahun 1998-1999, Red Hat Linux menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai sistem operasi server setelah booming dotcom, menandai era baru dalam jaringan komputer.

Di bawah Red Hat, Inc., Linux Red Hat menjadi salah satu sistem operasi Linux yang paling populer sampai produksinya dihentikan pada 2004. Awalnya Red Hat Linux 1.0 dirilis pada 3 November 1994 sebagai "Red Hat Commercial Linux". Sistem operasi ini adalah distro linux pertama yang menggunakan sistem RPM Package Manager, diikuti oleh distro lain, seperti Mandriva Linux dan SUSE Linux.
10 Kelebihan dan Kekurangan Linux Redhat Yang Perlu Diketahui

Sejak 2003, Red Hat, Inc. telah menghentikan produksi Redhat Linux tetapi mereka masih menggunakan distribusi Linux dengan nama Red Hat Enterprise Linux (RHEL) untuk lingkungan perusahaan (berbayar), dan Fedora (yang merupakan proyek open source dengan Fedora Dukungan proyek dan disponsori oleh Red Hat) sebagai versi gratis dari pengguna rumahan. Red Hat Linux 9 Distro, yang menjadi rilis terbaru dari Redhat Linux, secara resmi berakhir pada 30 April 2004. Namun, dukungan untuk sistem operasi masih disediakan oleh proyek Fedora Legacy hingga 2007.

Jika Anda memiliki komputer di rumah atau di kantor, dan ingin menjadikannya sebagai server, maka Redhat Linux pasti akan menjadi salah satu sistem operasi yang Anda pilih. Walaupun secara resmi sistem operasi ini "selesai", tetapi ada banyak hal yang membuat Anda layak mempertimbangkan sistem operasi ini sebagai salah satu opsi komputer server yang Anda miliki di rumah atau di tempat kerja.

Apa kelebihan dan kekurangan Redhat Linux? Berikut penjelasannya.

Kelebihan Redhat Linux

1. Instalasi mudah

Redhat adalah salah satu distro linux yang telah menerapkan model instalasi dengan Graphical User Interface atau GUI sejak Redhat 6. Ini memungkinkan pengguna untuk menginstal sistem operasi ini pada komputer atau laptop Anda. Sejak Redhat 6, Redhat sudah memiliki instalasi dengan model GUI yang mempermudah pemasangan dengan grafik yang menunjukkan langkah penginstalan yang mudah diikuti. Selesaikan instalasi, Anda juga tidak perlu repot dengan hal lain. Karena tampilan GUI sedang mempersiapkan segalanya dan Anda bisa bekerja dengannya.

2. Memiliki antarmuka untuk konfigurasi sistem

Dalam sistem operasi berbasis Linux, konfigurasi sistem operasi atau linux sebenarnya memiliki bentuk baku dalam bentuk file teks yang ada di folder sistem / etc atau / var. Bagi orang yang akrab dengan pemrograman di linux, kemudian mengedit konfigurasi langsung di lokasi mudah dan cenderung memberikan lebih banyak pengeditan. Misalnya untuk peretas, pengeditan langsung file konfigurasi adalah cara terbaik agar sistem bekerja sesuai dengan keinginan kita. Tetapi jelas bahwa itu tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Oleh karena itu, di Redhat, ada konfigurator atau pengaturan aplikasi yang memiliki menu bersama dengan kotak dialog yang dapat diisi untuk membuat perubahan pada sistem.

Model pengaturan ini sudah tersedia secara luas pada Redhat 7.3 dan di atas versi Linux. Sedangkan pada versi di bawahnya masih menggunakan linuxconf sebagai media untuk melakukan perubahan pada sistem operasi Linux.

3. Aplikasi inbuilt yang lengkap dan stabil

Redhat adalah salah satu sistem operasi linux yang menyediakan aplikasi built-in terbaik dan gratis pada CD atau media instalasi Redhat Linux. Aplikasi Linux yang masih dalam tahap alpha, beta, atau eksperimental setengah-alias tidak disertakan bahkan jika aplikasi mungkin memiliki kegunaan tertentu. Semua aplikasi inbuilt ini ditata dengan baik pada desktop KDE atau desktop GNOME yang dimodifikasi dengan tema Redhat Blue Curve.

Dengan aplikasi, Anda dapat bekerja dengan baik. Anda tidak perlu khawatir tentang kesalahan pop-up atau apa pun yang akan mengganggu kinerja Anda karena aplikasi yang diinstal di Redhatmu jelas merupakan aplikasi yang memiliki, jika tidak bisa disebut tidak, sangat sedikit bug. Stabilitas adalah kunci utama dari aplikasi yang baik dan Redhat menyediakannya untuk Anda.

4. Memiliki dukungan kompatibilitas yang baik

Redhat Linux selalu menyertakan pustaka aplikasi yang memiliki kompatibilitas dengan versi aplikasi yang lebih lama, jadi aplikasi untuk versi sebelumnya masih dapat berjalan pada versi terbaru. Dengan begitu Anda tidak perlu menginstal ulang aplikasi yang lebih baru untuk hanya melakukan pekerjaan tertentu yang masih dapat di-ground-kan dengan aplikasi lama Anda.

5. Jaminan kualitas yang baik

Redhat adalah salah satu distro linux yang memiliki kualitas sangat bagus. Banyak buku belajar Linux menggunakan contoh sistem operasi Redhat Linux. Bahkan salah satu sertifikasi linux, yang merupakan sertifikasi yang menunjukkan kemampuan seseorang dalam menjalankan linux, adalah yang paling dicari setelah Redhat Certified Engineer (RHCE). Orang-orang dengan penguasaan Linux Redhat yang baik dianggap sebagai orang-orang yang ahli dalam sistem operasi linux atau komputasi server pada umumnya.

Paket tidak selalu up-to-date, setelah versi beta diumumkan, versi paket dibekukan, kecuali untuk pembaruan keamanan. Hasilnya adalah distribusi yang stabil dan teruji, program beta dan fasilitas pelaporan bug terbuka untuk umum dan ada beberapa milis.

Salah satu alasan mengapa RedHat sukses adalah berbagai layanan yang ditawarkannya. Paket perangkat lunak mudah diperbarui melalui RedHat Network, repositori perangkat lunak, dan informasi berharga. Sejumlah layanan dukungan tersedia di perusahaan dan meskipun tidak murah, Anda akan diyakinkan oleh dukungan yang baik dari pribadi yang berpengalaman.

Kekurangan Linux Redhat

1. Memiliki dukungan terhadap multimedia yang kurang baik

Sebagai server distro, mungkin kita bisa belajar jika multimedia tidak menjadi salah satu fokus dalam membuat sistem operasi. Tetapi jika Anda menggunakan Redhat Linux untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan multimedia, seperti mengedit film, menonton film, dan sejenisnya, maka Redhat bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda.

2. Butuh waktu untuk mengkonfigurasi

Meskipun perbaikan sudah dilakukan di sisi pandang pengguna, itu masih tidak dapat menghilangkan fakta bahwa Anda perlu mengkonfigurasi sebelum server dapat berjalan. Kabar buruknya adalah Anda harus belajar terlebih dahulu untuk menguasai sistem jaringan, memilih pustaka atau paket jaringan yang sesuai, serta perintah di Redhat Linux.

3. Out of date

Sistem operasi Linux Redhat tidak lagi rilis mengikuti perkembangan aplikasi digital.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Redhat Linux yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sudah mengetahui hal-hal di atas, maka Anda dapat menyimpulkan bahwa Redhat Linux layak untuk menjadi pilihan sistem operasi untuk komputer server Anda. Tetapi jika Anda menginginkan sistem operasi yang lebih baru, maka Anda harus mencari alternatif lain karena seperti yang disebutkan sebelumnya, Redhat Linux tidak lagi diproduksi secara resmi.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar