--> Skip to main content

6 Cara Mengubah Setting Frekuensi Mouse Wireless Termudah

Mouse wireless nirkabel adalah salah satu jenis mouse komputer yang paling berguna. Anda dapat bebas mengklik dan menggulir halaman dokumen atau situs web menggunakan mouse tanpa gangguan dengan kabel mouse yang berantakan atau berantakan. Harga mouse wireless biasanya dua kali lebih mahal dari mouse yang menggunakan kabel. Namun, mengingat kepraktisannya, banyak orang cenderung membeli mouse wireless untuk saat ini.

Fungsi mouse wireless bisa dibilang sama dengan fungsi mouse di komputer atau laptop. Namun, mouse wireless memiliki prinsip kerja yang sedikit berbeda dengan mouse optik biasa dan perangkat yang sama yang menggunakan komunikasi wireless (wireless atau nirkabel). Ada perangkat yang berfungsi sebagai penerima dan pemancar. Pemancar mouse wireless adalah mouse itu sendiri, dan penerima adalah dongle yang terhubung ke port USB di komputer atau laptop. Agar keduanya terhubung satu sama lain, penerima mouse dan dongle harus berada dalam frekuensi dan saluran yang sama.
6 Cara Mengubah Setting Frekuensi Mouse Wireless Termudah

Karena mouse wireless bekerja tanpa menggunakan kabel, itu berarti mouse wireless tidak didukung oleh kabel. Agar mouse wireless mendapatkan listrik, biasanya mouse wireless menggunakan baterai kecil yang dijual di pasar. Baterai kemudian dicolokkan ke mouse wireless.

Saat Anda menggerakkan mouse wireless, sensor di dalamnya akan berfungsi dan mengirim sinyal ke wireless mouse receiver dongle yang telah Anda hubungkan di port USB komputer atau laptop Anda. Kemudian, sinyal akan dikirim ke komputer sebagai perintah input untuk diproses menjadi keluaran. Sinyal yang dikirim dari mouse berisi koordinat pointer mouse yang kemudian akan ditampilkan di layar komputer atau laptop Anda.

Kepekaan mouse wireless dalam mendeteksi gambar nyata adalah sekitar 5,8 megapiksel (MP) atau sama dengan dua kali sensitivitas mouse optik. Hal ini didasarkan pada keakuratan, dimana mouse optik memiliki 600-800 DPI (dot per inch). Angka tersebut lebih rendah dari mouse wireless yang memiliki sensitivitas antara 800-2000 DPI. Ini membuat mouse wireless sangat cocok untuk digunakan, karena kepekaan per inci lebih ketat daripada mouse optik atau mouse kabel biasa.

Namun, di balik teknologi mouse wireless yang canggih, harga mouse wireless jauh lebih mahal daripada mouse kabel untuk menjadi salah satu kelemahan dari mouse wireless. Selain itu, Anda juga harus membeli baterai untuk dipasang pada mouse wireless.

Biasanya, mouse wireless bekerja dalam satu frekuensi tertentu. Beberapa menggunakan frekuensi 2,4 GHz, beberapa menggunakan frekuensi khusus Bluetooth. Memang, Anda tidak dapat langsung mengubah frekuensi kerja mouse wireless Anda. Karena mouse wireless biasanya memiliki fitur untuk mengubah frekuensi kerja secara otomatis jika tidak dapat menemukan frekuensi penerima mouse. Pergeseran frekuensi ini tidak terjadi secara spontan, tetapi berada dalam jarak dekat.

Nah, jika mouse wireless Anda tidak bisa berfungsi dengan baik, bisa jadi dongle mouse dan mouse receiver Anda tidak ada di saluran yang sama. Atau mungkin receiver dan tetikus tetikus Anda sudah dalam satu frekuensi dan satu saluran sama, tetapi saluran yang digunakan oleh mouse Anda sudah digunakan oleh perangkat wireless lainnya. Untuk kasus terakhir, biasanya ketika berada di dekat mouse, ada perangkat wireless lain seperti keyboard atau mouse wireless.

Untuk memastikan penerima mouse Anda bekerja secara optimal, Anda memeriksa apakah penerima mouse Anda terhubung dengan benar ke port USB di komputer atau laptop Anda. Juga pastikan baterai mouse Anda telah diganti atau masih memiliki daya yang cukup. Hanya kemudian Anda dapat mengubah saluran frekuensi mouse mouse nirkabel Anda.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas cara mengubah frekuensi mouse nirkabel. Cara kita akan membahas di bawah ini dapat dilakukan untuk semua merek mouse nirkabel dan semua OS komputer. Nah, ini dia caranya:


  1. Lepaskan baterai dari mouse dan dongle receiver. Cara ini akan membuat mouse dan dongle receivernya kembali dalam kondisi netral. Koneksi di antara keduanya bisa disambungkan lebih cepat jika mouse wireless dan receiver berada dalam channel netral.
  2. Pasang kembali baterai pada mouse dan tekan tombol “Hubungkan” pada dongle receiver mouse selama 10 detik. Lampu indikator pada receiver akan mulai berkedip, dan setelahnya akan berubah menjadi menyala terus. Hal tersebut bertujuan untuk me-reset informasi seputar koneksi yang dilakukan oleh receiver dan receiver akan melakukan pencarian mouse wireless Anda kembali.
  3. Saat lampu indikator sudah terus menyala, tekan tombol “Hubungkan” pada mouse wireless Anda.
  4. Hubungkan mouse wireless Anda. Tekan tombol “Hubungkan” pada mouse. Setelahnya, lampu indikator mouse akan berkedip hingga menyala terus menerus, seperti halnya yang terjadi ketika menghubungkan receiver. Kondisi ini menandakan mouse wireless dan receiver sudah berada dalam channel yang sama.
  5. Letakkan mouse pada kurang lebih delapan inci dari receiver. Jika mouse sudah berada di luar jangkauan, lalu channel yang digunakan mouse tertuju pada receiver, biasanya akan mengakibatkan koneksi diantara keduanya terganggu dan Anda harus menyambungkan keduanya kembali.
  6. Cara lain yang bisa Anda coba adalah lepaskan baterai dari mouse selama 15 menit. Lalu, masukkan kembali dan nyalakan komputer atau laptop Anda. Hal penting ketika Anda melakukan ini, Anda tak perlu menekan tombol “Hubungkan” pada receiver atau mouse wireless Anda.

Mungkin Anda penasaran, mengapa mouse nirkabel Anda tidak dapat terhubung meskipun berada di saluran yang sama dengan penerima? Ini karena pembicaraan silang. Salah satu penyebab mouse nirkabel tidak berfungsi dapat dilihat dari terjadinya perangkat nirkabel yang mengontrol kursor dari perangkat lain, atau keberadaan input keyboard dari perangkat lain yang muncul pada komputer yang berbeda. Di satu sisi, kelebihan dan kekurangan dari mouse nirkabel sama dengan keuntungan dan kerugian dari jaringan nirkabel.

Untuk mencegah gangguan tersebut, coba jaga jarak antara mouse dan penerima tidak lebih dari 10 kaki. Selain itu, menempatkan mouse nirkabel dekat penerima juga dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan penerimaan transmisi dari mouse nirkabel Anda.

Mungkin Anda bertanya, apakah ada mouse nirkabel yang memiliki fitur pengaturan frekuensi secara manual? Jawabannya adalah tidak. Itu sebabnya, dalam artikel kami kali ini, kami hanya berbicara tentang cara mengubah saluran dari frekuensi kerja mouse nirkabel. Ini karena frekuensi kerja mouse nirkabel biasanya sudah ditentukan oleh produsen mouse.

Misalnya, ada produsen yang mengeluarkan mosse nirkabel dengan frekuensi kerja 2,4 GHz, Bluetooth, atau menggunakan laser yang tidak dapat dilihat oleh mata. Biasanya, pembicaraan silang pada mouse nirkabel terjadi pada mouse yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz karena frekuensi tersebut juga digunakan oleh jaringan hotspot internet (Wi-Fi) yang bekerja pada protokol 802.11 b atau g.

Begitu banyak informasi yang kami berikan tentang cara mengubah frekuensi mouse nirkabel. Jika mouse nirkabel Anda mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan, Anda dapat membaca artikel di situs kami tentang cara memperbaiki mouse. Semoga informasi yang kami berikan berguna bagi Anda, terutama dalam mengetahui cara mengubah saluran frekuensi kerja mouse nirkabel Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar