--> Skip to main content

10 Cara Memperbaiki Tombol Spasi Laptop Yang Rusak Paling Mudah

Keyboard adalah salah satu bagian penting yang digunakan pada laptop atau komputer untuk berinteraksi dan juga memasukkan data atau perintah tertentu ke komputer. Fungsi tombol keyboard di komputer atau laptop adalah sesuatu yang penting untuk membuat komputer berfungsi sebagaimana yang kita inginkan. Jadi jika salah satu fungsi tombol ini tidak dapat berfungsi maka kita akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan bantuan komputer laptop. Jika salah satu tombol seperti bilah spasi di laptop Anda rusak, ini bisa menjadi karakteristik - karakteristik keyboard laptop yang rusak.

Sebagai salah satu peralatan penting untuk komputer satu atau dua masalah utama pada keyboard sebenarnya masih dapat membuat komputer Anda digunakan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Namun, jika ruang keyboard Anda rusak maka pekerjaan Anda mungkin menjadi bermasalah karena tombol ruang sering digunakan pada keyboard untuk memasukkan input data.
10 Cara Memperbaiki Tombol Spasi Laptop Yang Rusak Paling Mudah

Dengan tombol keyboard jarak laptop yang tidak berfungsi Anda masih dapat menggunakan laptop Anda dengan menggunakan alternatif yang dapat memecahkan masalah. Solusi alternatif yang dapat Anda gunakan di keyboard layar. Namun, solusi ini sangat tidak efisien dan hanya akan membuat pekerjaan Anda tumbuh lebih lama. Untuk itu kali ini saya ingin berbagi tentang cara memperbaiki ruang laptop yang tidak berfungsi.

Penyebab Kerusakan atau Permasalahan pada Tombol Spasi Laptop

Secara umum, banyak faktor yang dapat membuat kunci pada keyboard di laptop atau keyboard menjadi rusak atau bermasalah. Jenis kerusakan keyboard laptop dapat berkisar dari kerusakan kecil seperti tombol longgar hingga masalah berat di mana ada kerusakan pada papan ketik keyboard papan sirkuit yang ada. Faktor-faktor yang dapat membuat kerusakan atau masalah pada keyboard laptop dapat berupa kelalaian pengguna, lingkungan kotor karena berdebu, dan penggunaan keyboard secara kasar. Faktor-faktor ini adalah penyebab tombol keyboard komputer tidak berfungsi.

Masalah yang sering dialami oleh pengguna keyboard baik di komputer atau di laptop adalah kondisi di mana malfungsi salah satu pengguna kunci keyboard baik laptop atau di komputer.

Cara Memperbaiki Tombol Spasi Laptop yang Tidak Berfungsi


Tombol keyboard, terutama bilah spasi sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dengan tombol keyboard lain yang ada pada tombol keyboard lain yang ada di papan keyboard. Karena itu, biasanya untuk dapat melakukan proses perbaikan juga tidak terlalu jauh berbeda dengan memperbaiki tombol keyboard biasa. Yang membedakannya adalah penggunaan rod retainer utama yang ada di mana jika dibandingkan dengan keyboard lain yang hanya menggunakan satu bar key retainer.

Seringkali spasi yang tidak berfungsi disebabkan oleh masalah dengan mekanisme tombol keyboard yang tidak berfungsi dengan baik. Ini juga penyebab rusaknya keyboard laptop.

Memperbaiki Tombol Spasi yang Tidak Berfungsi Akibat Tombol Keyboard yang Longgar

Keyboard keyboard ruang longgar juga merupakan penyebab umum yang membuat tombol keyboard tidak dapat berfungsi dengan baik. Tombol-tombol keyboard umum yang ada pada berbagai jenis laptop memiliki tiga komponen yaitu kunci tutup, tombol pad, dan kunci punggawa. Jika salah satu dari ketiga komponen ini hilang atau rusak, maka tidak akan ada cara lain untuk memperbaiki kunci keyboard selain membeli keyboard baru atau menemukan komponen yang hilang.

Ketiga komponen pada keyboard inilah yang membuat keyboard dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


  1. Jika key cap pada laptop longgar tapi masih dapat menempel dengan laptop, biasanya dapat diselesaikan permasalahannya dengan menekan keyboard yang bermasalah.
  2. Jika key capnya telah tersambung kembali nantinya akan ada bunyi klik yang menunjukkan key capnya telah tersambung kembali  dengan papan keyboard yang ada pada laptop.
Jika solusi tidak dapat memecahkan masalah pada spacebar non-fungsi laptop Anda, Anda dapat mencoba metode berikutnya. Untuk melakukan perbaikan dengan menggunakan metode berikutnya Anda dapat melakukan proses melepaskan spasi pada keyboard Anda dan mencoba untuk menginstalnya lagi. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, Anda dapat mencoba mengikuti langkah-langkah di bawah ini.


  1. Lepaskan tombol keyboard dari papan keyboard Anda. Untuk melakukan proses ini Anda dapat menggunakan ujung obeng kecil atau sejenisnya untuk mencungkil dan juga melepaskan tombol keyboard dari papan keyboard.
  2. Ganti retainer kunci yang mungkin dilepaskan pada laptop keyboard Anda. Ini terlihat seperti kait kecil di keyboard keyboard Anda. Sebagian besar spasi pada papan keyboard memiliki kait ini. Namun, untuk jenis keyboard lama dan murah biasanya hook atau bar dapat dengan mudah terlepas dan membuat keyboard menjadi tidak berfungsi.
  3. Atur kembali posisi tombol keyboard di papan keyboard.
  4. Jika ada debu atau kotoran yang berupa benda asing harap bersihkan kotoran atau debu dengan menggunakan sikat kering atau sejenisnya. Perhatikan perangkat yang Anda gunakan agar tidak merusak sirkuit keyboard yang ada di papan keyboard.
  5. Tidak seperti kebanyakan tombol lain pada keyboard spasi pada keyboard membutuhkan langkah tambahan untuk dapat menginstalnya lagi.
  6. Sebelum meletakkannya kembali di tempatnya, perhatikan juga batang kecil di keyboard yang harus dilepaskan dengan memasukkan obeng kecil di bawahnya dan mengangkatnya perlahan ke atas.
  7. Setelah selesai Anda dapat menginstal spasi di papan keyboard.
  8. Ketika Anda menginstalnya, jangan lupa untuk memasangnya kembali dengan cara yang benar dan tekan tombol spasi lagi untuk melihat apakah tombol berfungsi dengan benar.
  9. Jika Anda sudah mencoba mencabut dan memasang kembali bilah spasi yang bermasalah ke tempat itu, bilah spasi Anda tetap tidak berfungsi dengan benar. Ini berarti kemungkinan ada masalah pada papan sirkuit keyboard.
  10. Jika masalah keyboard Anda terletak pada disfungsi papan sirkuit keyboard, maka satu-satunya solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengganti seluruh keyboard agar tombol keyboard berfungsi dengan benar. Dengan kata lain, beli keyboard baru di toko komputer atau tempat lain.
Itu adalah diskusi tentang cara memperbaiki bilah spasi yang tidak berfungsi. Semoga pembahasan ini dapat membantu Anda dalam memperbaiki masalah-masalah yang ada pada laptop Anda. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar