--> Skip to main content

5 Software Pencari & Install Driver Otomatis Tanpa Koneksi Internet Tanpa Ribet

5 Software Pencari & Install Driver Otomatis Tanpa Koneksi Internet Tanpa Ribet. Driver adalah "jembatan" antara sistem operasi dan perangkat keras yang terhubung ke komputer, sistem operasi Windows sebenarnya dilengkapi dengan driver built-in "segudang" yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat keras baru seperti printer, mouse, flashdisk dan sebagainya. pada hard dapat "dibaca" dengan baik oleh sistem operasi Windows.

Namun, driver Windows built-in sangat terbatas terutama untuk perangkat keras dengan fungsi khusus, misalnya Anda tidak akan menemukan fitur "head clean" yang merupakan salah satu cara untuk mengatasi tinta printer tidak keluar jika Anda hanya menggunakan built-in driver saja.
5 Software Pencari & Install Driver Otomatis Tanpa Koneksi Internet Tanpa Ribet

Masalah driver pada sistem operasi Windows juga dapat menjadi penyebab kemacetan printer, kemampuan grafis (LCD / tampilan LED) tidak optimal dan banyak lagi, oleh karena itu penting bagi Anda untuk memiliki perangkat lunak pencarian driver otomatis, sebagian besar pencarian driver otomatis perangkat lunak membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh driver yang membutuhkan, tentunya merepotkan bukan? Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang perangkat lunak pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet.

1. DriverPack Solution Offline

DriverPack Solution adalah perangkat lunak gratis yang memungkinkan Anda untuk mencari driver secara otomatis dengan memindai perangkat keras dan sistem operasi (Windows) kemudian memilih driver terbaik yang sesuai untuk perangkat keras dan sistem operasi.

Jika Anda mengunduh DriverPack Solution versi online, maka Anda akan mendapatkan perangkat lunak yang sangat kecil, itu karena DriverPack Solution versi online bekerja dengan basisdata online, driver yang dibutuhkan dan akan diinstal pada komputer akan diunduh secara otomatis, berarti DriverPack Solution secara online versi hanya dapat bekerja ketika komputer terhubung ke jaringan Internet.

Jika Anda mengunduh versi offline DriverPack Solution, Anda akan mendapatkan perangkat lunak yang sangat besar (format ISO), itu karena Solusi DriverPack offline bekerja dengan basis data offline, driver yang diperlukan dan mereka yang akan diinstal pada komputer yang termasuk dalam Berkas ISO yang Anda unduh berarti bahwa versi offline DriverPack Solution dapat berfungsi tanpa koneksi Internet.

Beberapa fitur yang di miliki DriverPack Solution Offline antara lain :


  • Dapat bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows 10, Windows 8/8.1, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP
  • DriverPack Solution merupakan perangkat lunak yang ringan sehingga dapat berjalan dengan baik pada berbagai spesifikasi komputer.
  • DriverPack Solution merupakan perangkat lunak portable sehingga bisa langsung Anda jalankan pada hard drive manapun termasuk perangkat portable (USB Flashdrive atau USB Hard Disk Drive).
  • Anda dapat meng-install semua driver yang di butuhkan sekaligus.
  • Menampilkan versi driver yang telah ter-install dan yang akan di-install, memudahkan Anda untuk mengetahui driver yang telah usang atau yang terbaru.
  • Menampilkan daftar driver yang ter-install sekalipun driver tersebut tidak membutuhkan pembaruan.
  • Anda dapat men-download paket driver spesifik, misalnya driver Chipset, Bluetooth, Card Reader, Perangkat Input (Mouse, TouchPad, JoyStick, dll), Network Card, Controller, Modem, Monitor, Smartphone, Printer, Sound Card, TV-Tuner, Video Card, WebCam, perangkat Wi-Fi atau perangkat lain. Misalnya Anda hanya membutuhkan driver Bluetooth saja, Anda akan mendapatkan paket driver Bluetooth dari berbagai manufaktur seperti Logitech, Motorola, Realtek, Broadcom, dll. Anda dapat men-download-nya dalam format 7Z dengan ukuran yang jauh lebih kecil di bandingkan dengan men-download keseluruhan file ISO.

2. Snappy Driver Installer (SDI) Full

Full Snappy Driver Installer (SDI) adalah perangkat lunak yang mirip dengan DriverPack Solution Offline. Snappy Driver Installer memiliki koleksi driver yang membuatnya dapat mengakses driver yang dibutuhkan dengan cepat bahkan ketika tidak ada koneksi Internet.

Anda harus mengunduh semua file yang Anda perlukan termasuk set driver di Snappy Driver Installer melalui TORRENT, seluruh file yang harus Anda unduh sekitar 13,5 GB. Jika Anda mengalami kesulitan menggunakan perangkat lunak klien torrent seperti BitTorrent, gunakan Opera, browser web Opera adalah salah satu browser terbaik yang telah terintegrasi dengan protokol torrent.

Beberapa fitur yang di miliki Snappy Driver Installer (SDI) Full antara lain :


  • Snappy Driver Installer bekerja pada komputer dengan sistem operasi Windows 10, Windows 8/8.1, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP baik 32-bit maupun 64-bit.
  • Semua driver yang di download dengan Snappy Driver Installer di sebut “driverpacks” yang merupakan kumpulan (pack) driver dari berbagai jenis perangkat keras (Sound Card, Video Card, dll).
  • Semua “driverpacks” yang tersedia dapat di download melalui TORRENT.
  • Snappy Driver Installer (dalam Expert Mode) mengijinkan Anda untuk mem-filter hasil untuk menampilkan driver yang belum ter-install, driver dengan versi lebih baru dari driver yang telah ter-install (perlu di perbarui), serta menampilkan driver terkini atau driver yang telah usang saja.
  • Snappy Driver Installer dapat menampilkan driver duplikat (biasanya terjadi konflik), atau driver yang tidak valid.
  • Snappy Driver Installer menampilkan informasi mengenai manufaktur driver dan HardwareID yang sesuai antara driver yang ter-install dengan driver yang akan di-install.
  • Anda dapat menggunakan Snappy Driver Installer untuk mencari dan membuka file INF (information) dari driver tertentu.

3. Sam Drivers 15.5

Meskipun tidak menggunakan kata "pak" dalam namanya, Sam Drivers 15.5 sebenarnya adalah perangkat lunak yang berisi koleksi / kumpulan driver, Sam Drivers 15.5 dikembangkan oleh SamLab (http://samlab.ws) dan Anda dapat mengunduh secara gratis (via TORRENT, BitTorrent adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses Internet melalui protokol "torrent") untuk mencari driver otomatis tanpa koneksi Internet.

Untuk dapat menggunakan Sam Drivers 15.5 tanpa koneksi Internet, Anda harus terlebih dahulu mengunduh file ISO yang berisi satu set driver, cukup besar "ukuran" sekitar 10 GB. Driver yang mereka miliki kompatibel dengan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 / 8.1 baik 32-bit dan 64-bit.

Beberapa fitur yang di miliki Sam Drivers 15.5 antara lain :


  • Dilengkapi dengan driver detector, untuk mendeteksi driver yang ter-install, belum ter-install, atau driver lawas yang perlu di perbarui.
  • Dilengkapi dengan driver updater, secara otomatis (bisa juga di lakukan secara manual dengan beberapa notifikasi) meng-update driver lawas untuk kinerja perangkat keras yang lebih optimal.
  • Dilengkapi dengan driver downloader, berguna untuk men-download driver yang di butukan secara online, biasanya download di lakukan apabila driver dalam pack sudah lawas.
  • Dilengkapi dengan driver installer, Sam Drivers 15.5 dapat meng-install driver secara otomatis dan sekaligus tanpa perlu Anda install secara manual satu per satu.
4. Cobra Drivers Pack 2013


Sama dengan software sebelumnya, Cobra Driver Pack 2013 Anda juga dapat menggunakan untuk mencari driver otomatis tanpa koneksi internet, tetapi sebelumnya Anda harus mengunduh file ISO yang berisi koleksi atau paket (paket) dari berbagai driver di dalamnya, ukurannya cukup besar. , tetapi dibandingkan dengan perangkat lunak sebelumnya, Cobra Driver Pack 2013 cukup ramah karena ukuran "hanya" sekitar 4,5 GB cukup pas jika Anda ingin membakarnya ke media DVD.

Cobra Driver Pack 2013 berisi kumpulan driver untuk komputer dengan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 / 8.1. Saya belum mencobanya di komputer dengan sistem operasi Windows 10, tetapi karena Cobra Driver Pack 2013 berisi driver yang sebenarnya sudah cukup lama (diperbarui 2013), saya sarankan untuk tidak menggunakan Cobra DriverPack 2013 di komputer dengan sistem operasi Windows 10 karena Windows 10 dirilis pada tahun 2014 dan ke atas, sehingga mengkhawatirkan driver konflik atau downgrade driver (dari driver terbaru ke driver lawas).

Cobra Driver Pack 2013 sangat berguna ketika digunakan dalam menginstal driver untuk berbagai perangkat keras, Cobra Driver Pack 2013 berisi paket driver lengkap untuk Kartu Suara, Kartu Grafis, Printer, Segmen TV Langsung, dan sebagainya. Anda juga dapat dengan cepat menginstal dan memperbarui semua driver pada komputer sekaligus, didukung oleh antarmuka yang mudah digunakan yang membuatnya mudah bagi pemula untuk beroperasi.

Beberapa fitur yang di miliki Cobra Drivers Pack 2013 antara lain :

  • Meng-install driver dengan mudah tanpa memerlukan banyak input dari pengguna (tak ada license agreement, klik tombol tertentu, dan lain sebagainya). 
  • Antarmuka yang mudah di gunakan, sederhana tanpa banyak konfigurasi sehingga memudahkan pengguna pemula untuk menggunakan Cobra Drivers Pack 2013.
  • Cobra Drivers Pack 2013 menganalisa driver yang ter-install pada komputer dan membandingkannya dengan driver yang ada dalam paket, apabila driver yang ter-install pada komputer lebih lawas dari driver dalam paket, Cobra Drivers Pack 2013 akan memperbaruinya secara otomatis.
5. Easy Driver Pack
Perangkat lunak terakhir yang saya ulas dalam diskusi ini adalah Easy Driver Pack, hampir sama dengan perangkat lunak sebelumnya, hanya saja Easy Driver Pack membagi driver menjadi 5 versi driver untuk Windows XP x86, Windows 7 x86, Windows 7 x64, Windows 8 / 8.1 x86, dan Windows 8 / 8.1 x64. Jika Anda mengunduh seluruh versi Easy Driver Pack, Anda akan mendapatkan 5 file ZIP dengan total sekitar 2,5 GB, cukup hemat ruang hard drive jika dibandingkan dengan perangkat lunak sebelumnya. "X86" adalah driver untuk sistem operasi Windows 32 bit, sementara "x64" adalah driver untuk sistem operasi Windows 64 bit, Anda harus memahami perbedaan 32 bit windows dengan 64 bit.

Beberapa fitur yang di miliki Easy Driver Pack antara lain :

  • Komposisi driver relatif efisien karena dapat di sesuaikan dengan kebutuhan platform, misalnya jika Anda hanya membutuhkan paket driver untuk komputer dengan sistem operasi Windows 7 x64 saja, maka Anda tidak perlu men-download paket lain.
  • Mengekstrak drivers yang ter-install dari sistem operasi, memudahkan Anda melakukan backup dan restore untuk platform yang sama di kemudian hari.
  • Antarmuka yang mirip dengan Device Manager pada Windows, memudahkan Anda dalam menyeleksi driver yang akan di backup atau di install.
Jadi pembahasan tentang software pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet, mudah-mudahan salah satu dari mereka dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, sedikit saran dari saya sebelum menginstal driver secara massal (dalam jumlah besar) buat dulu "restore point" untuk memudahkan Anda dalam pemulihan sistem jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, semoga berhasil.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar