--> Skip to main content

5 Penyebab Dan Solusi Monitor No Signal Detected

Monitor pada komputer atau PC adalah bagian dari perangkat keras komputer yang menjadi perangkat keras utama pada komputer yang sedang berjalan. Fungsi monitor komputer atau PC ini adalah sebagai tampilan komputer dan perintah apa yang telah dimasukkan saat perangkat input dan output komputer berjalan dengan benar. Tetapi apa yang terjadi jika motor digunakan sebagai alat untuk melihat perintah input dan output tidak bisa menampilkan layar yang semingginya atau tidak ada sinyal?

Monitor tidak ada sinyal yang terdeteksi biasanya terjadi pada komputer atau PC yang cukup tua, atau PC yang benar-benar baru dirakit. Biasanya monitor tidak mendeteksi sinyal sumber masalahnya adalah dari PC itu sendiri, di mana monitor dapat menyala, tetapi tidak dapat menerima sinyal untuk menampilkan apa yang sedang diproses oleh CPU.
 5 Penyebab Dan Solusi Monitor No Signal Detected

Ada banyak penyebab monitor tidak ada sinyal yang terdeteksi. Untuk mengkonfirmasi penyebabnya, Anda harus memeriksanya satu per satu, dan pastikan monitor Anda dalam keadaan normal. Mungkin salah satunya adalah penyebab kerusakan pada harddisk, penyebab kerusakan pada prosesor, penyebab kerusakan RAM, atau mungkin penyebab tombol power laptop tidak berfungsi.

Berikut ini beberapa penyebab monitor tidak ada sinyal yang terdeteksi:

1. Kerusakan pada kabel yang menghubungkan antara monitor dan CPU

Hal pertama yang menyebabkan sinyal monitor mendeteksi nog adalah kerusakan pada kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara monitor dan CPU. Sebagian besar, kabel ini ada di bagian belakang PC, sehingga jarang diperiksa. Kerusakan kabel sering disebabkan oleh gigitan hewan pengerat yang sering masuk ke rumah, seperti tikus dan sebagainya.

Selain disebabkan oleh gigitan tikus dan hewan pengerat, biasanya, kerusakan kabel juga sering terjadi karena kabel ditempatkan dalam posisi terjepit, remuk, dan tidak teratur, yang mempercepat umum dan masa pakai kabel itu sendiri. (baca juga: fungsi dan tipe port komputer)

2. Kerusakan pada port VGA atau HDMI

Selain kerusakan pada kabel, biasanya monitor tidak mendeteksi sinyal itu sendiri juga disebabkan oleh kerusakan pada port HDMI atau port VGA yang digunakan untuk menghubungkan antara CPU dengan monitor.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada port HDMI atau VGA, yaitu:


  • Port yang mengalami korosi, sehingga sinyal tidak dapat ditransmisikan dengan baik
  • Kabel pada port HDMI ataupun VGA putus dan mengalami kerusakan

3. Kualitas kabel yang jelek

Kualitas kabel juga memiliki peran yang sangat signifikan dalam menyebabkan monitor no signal detected. Banyak kabel yang diproduksi dengan tidak memandang quality control yang baik, sehingga hal ini membuat kualitas dari kabel itu sendiri menjadi sangat buruk dan jelek.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebuah kabel VGA atau kabel HDMI memiliki kualitas yang jelek, seperti :


  • Bagian kepala (MALE VGA dan Male HDMI) yang tidak tersambung baik dengan badan kabel, sehingga mudah putus
  • Bagian dalam kabel (tembaga atau Fiber) yang digunakan berkualitas buruk, sehingga tidak mampu mengirimkan sinyal dengan baik
  • Kualitas Male VGA dan juga Male HDMI yang tidak sesuai dengan standar, sehingga tidak mau mengirimkan sinyal, sehingga membuat monitor menjadi no signal detected.


4. Bagian slot dari VGA dan RAM kotor

Penyebab lain dari monitor yang tidak terdeteksi sinyal adalah kelambanan RAM komputer atau slot VGA di komputer Anda. Ini akan menyebabkan kinerja VGA dan RAM menjadi terhambat, sedangkan VGA dan RAM juga berfungsi untuk menampilkan hasil pemrosesan pada CPU ke layar monitor. Cara termudah adalah membersihkan slot RAM dan juga VGA di komputer Anda.

Jika setelah dibersihkan, monitor tetap tidak ada sinyal yang terdeteksi, kemudian coba lakukan ganti RAM dan VGA, dengan catatan kondisi monitor dan kualitas kabel semuanya normal dan berfungsi dengan baik.

5. Motherboard bermasalah

Jika ternyata RAM dan VGA, dan komponen perangkat keras lainnya tidak mengalami masalah dan kerusakan, maka ada kemungkinan motherboard Anda mengalami masalah. Motherboard bermasalah tidak akan dapat memproses semua perangkat keras yang terhubung, sehingga salah satu gejalanya adalah monitor yang tidak terdeteksi sinyal.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar