--> Skip to main content

4 Cara Mengetahui / Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop

Spesifikasi komputer dan Laptop adalah salah satu hal yang sangat penting, terutama bagi Anda yang membutuhkan kinerja dan juga kualitas komputer. Nah, untuk mengetahui spesifikasi komputer, biasanya ketika pertama kali membeli komputer, baik itu PC desktop atau Laptop, kita telah diberitahu spesifikasi megnenai komputer yang akan kita beli. Biasanya akan tercantum dalam manual, atau brosur penjualan tentang spesifikasi komputer kita.

Namun, terkadang bagi Anda yang tidak berhati-hati dalam membaca brosur dari pabrik, sering melewatkan penjelasan tentang spesifikasi komputer. Dan terkadang, penjualan komputer terlalu sering membuat kesalahan dalam menyebutkan spesifikasi komputer yang akan Anda beli. Nah, untuk menghindari kesalahpahaman, terutama dalam hal spesifikasi komputer, kita juga harus memahami cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk mengecek dan juga melihat spesifikasi komputer yang akan kita beli.
4 Cara Mengetahui / Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop

Cara melihat spesifikasi komputer dan Laptop


Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk melihat spesifikasi komputer kita. berikut adalah beberapa cara umum yang dapat Anda gunakan untuk melihat spesifikasi komputer Anda dengan mudah, mulai dari penggunaan fitur dan juga alat bawaan dari sistem operasi, untuk menggunakan aplikasi terpisah. Berikut ini caranya - caranya:

1. Melihat dari Basic System Information pada Windows

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menentukan spesifikasi komputer kita, terutama yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows adalah untuk melihat informasi sistem dasar. Informasi sistem dasar adalah menu yang menampilkan beberapa spesifikasi dan juga informasi umum perangkat keras komputer yang kita gunakan saat ini.

Menu ini adalah bagian dari Control Panel, yang merupakan fitur standar pada komputer manapun yang menggunakan sistem operasi Windows. Ada dua cara yang dapat kami lakukan untuk mengetahui spesifikasi komputer kami dengan melihat informasi sistem dasar.

4 Cara Mengetahui / Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop
Yang pertama adalah dengan cara yang mudah, yaitu :

  • Buka Windows Explorer, atau My Computer dengan cara menggunakan tombol shortcut keyboard Windows + E
  • Setelah jendela windows explorer muncul, maka arahkan kursor ke bagian My Computer
  • Pada pilihan My Computer, klik kanan, lalu pilih properties.
  • Kemudian akan muncul jendela baru dengan nama basic system information

Selain itu, ada cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk membuka basic system information ini, yaitu dengan cara :

  • Buka Control Panel, dengan cara pilih menu start, lalu klik Control Panel
  • Pada bagian Control Panel, pilih menu System
  • Maka jendela mengenai basic system information akan muncul

Ketika anda melihat spesifikasi komputer anda dengan menggunakan cara seperti ini, yang muncul adalah sebagian dari spesifikasi komputer anda saja, dan bukan keseluruhan. Beberapa informasi mengenai spesifikasi komputer anda yang akan muncul pada jendela ini adalah :

  • Jenis Processor yang digunakan pada komputer anda, beserta spesifikasi core dan juga speed
  • RAM atau memory yang terintall
  • Jenis sistem operasi yang digunakan

Selain itu, pada menu ini juga ditampilkan mengenai kualitas dari komputer anda dalam bentuk rating. Rating yang dipergunakan adalah rentang angka mulai dari 1.0 hingga 7.9. dengan demikian, anda bisa mengetahui apakah komputer anda sudah bekerja secara optimal dan juga baik, atau malah tidak menunjukkan performa yang baik.

2. Melihat dari Display Properties

Ini dilakukan untuk melihat spesifikasi kartu grafis yang digunakan di komputer Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, melihat spesifikasi komputer menggunakan menu dasar informasi sistem hanya mencantumkan beberapa parameter. Kartu grafis tidak termasuk spesifikasi sistem yang ditunjukkan pada poin pertama.

Kartu grafis juga dikenal sebagai kartu VGA adalah salah satu perangkat keras komputer yang cukup berperan untuk tampilan layar untuk melihat lebih banyak dukungan untuk keperluan pengguna, terutama dalam desain dan pengeditan.

Untuk mengetahui jenis kartu grafis yang digunakan, serta jenis grafis, apakah menggunakan VGA Card atau VGA onboard, maka Anda dapat membuka tampilan menu properties di windows companion Anda.

4 Cara Mengetahui / Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop

Berikut ini adalah langkah – langkahnya :

  • Anda bisa mengklik kanan pada desktop, lalu pilih screen resolution (pada Windows 7)
  • Kemudian akan muncul jendela yang menginformasikan resolusi dari layar komputer anda
  • Pada jendela tersebut, anda klik Advanced Settings
  • Kemudian akan muncul kembali jendela Advanced Settings.
  • Pilih tab Adapter, lalu pada tab tersebut akan muncul mengenai jenis dan juga tipe Kartu Gragis yang digunakan pada komputer anda, lengkap dengan tipe chip, merk kartu grafis, jenis kartu grafis, serta jumlah memory yang dialokasikan untuk mengolah tampilan grafis di dalam komputer anda.

Selain menggunakan metode itu, biasanya ketika komputer Anda menggunakan VGA Card (baca juga: fungsi kartu VGA) dengan merek tertentu, seperti nVidia atau AMD, maka biasanya di menu panel kontrol akan muncul opsi dan opsi dari VGA Card yang Anda gunakan. .

3. Menggunakan fitur dxdiag pada Windows


Nah, jika Anda merasa seperti itu nomor 1 dan juga nomor 2 sangat merepotkan dan juga tidak praktis untuk diterapkan, karena informasi yang didapat tidak terlalu lengkap, maka Anda bisa menggunakan fitur di sistem operasi Windows yang disebut alat DirectX Diagnostic.

display diacnotix Fitur ini adalah alat yang digunakan untuk mendiagnosis keseluruhan spesifikasi komputer Anda.

Informasi yang ditampilkan pada menu ini jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan nomor 1 dan nomor 2.

4 Cara Mengetahui / Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop

Untuk menjalankan DirectX Diagnostic Tools, anda dapat melakukan langkah berikut ini :

  • Buka windows Run, dengan cara menekan shortcup pada keyboard, Windows + R
  • Kemudian ketikkan dxdiag pada kolom run, lalu tekan Enter
  • Kemudian jendela DirectX Diagnostic Tools akan muncul
Dalam DirectX Diagnostic Tools Anda akan mendapatkan beberapa informasi penting tentang spesifikasi komputer Anda.

Misalnya, pada tab Sistem, Anda akan menemukan sistem operasi yang digunakan, pabrikan komputer Anda, nomor model komputer Anda dan sistem Anda, versi BIOS, spesifikasi prosesor, memori atau RAM yang dipasang di komputer, dan saat ini Penggunaan RAM.

Kemudian di dalam jendela ini juga muncul tab display, yang akan memberikan informasi kepada Anda tentang spesifikasi kartu grafis dan display processor di dalam komputer Anda. Tab berikutnya menunjukkan spesifikasi soundcard yang ditanam di komputer Anda, dan memberikan informasi tentang perangkat keras input yang terhubung ke komputer Anda.

Secara garis besar, itu adalah penggunaan dxdiag adalah salah satu alat yang dibangun di Windows sangat lengkap untuk melihat dan memahami spesifikasi kompter Anda.

4. Menggunakan aplikasi CPU Z

Jika ketiga cara yang disebutkan sebelumnya adalah alat dan aplikasi yang merupakan aplikasi default dari sistem operasi Windows, maka CPU Z bukanlah aplikasi yang merupakan jendela bawaan. CPU Z adalah salah satu aplikasi paling populer untuk mendeteksi spesifikasi komputer yang kami gunakan.
4 Cara Mengetahui / Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop

cpu z Untuk menggunakan aplikasi CPU Z ini, maka pertama-tama pengguna harus mengunduhnya. Jangan khawatir, karena CPU Z adalah aplikasi gratis, atau freeware. Setelah mengunduh aplikasi CPU Z, maka Anda cukup menginstal aplikasi ini.

Setelah aplikasi diinstal, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menjalankan aplikasi ini. Saat dijalankan, maka aplikasi ini akan memunculkan spesifikasi yang sangat lengkap tentang komputer yang Anda gunakan.

Informasi tersebut termasuk rincian, karena termasuk jumlah memori yang tersisa, tegangan, tegangan utilitas dan banyak lagi parameter yang dapat diukur oleh aplikasi Z CPU ini.

Jadi, bila dibandingkan dengan 3 cara sebelumnya, cara melihat spesifikasi komputer menggunakan CPU Z adalah cara terbaik, karena ini menampilkan informasi paling lengkap tentang spesifikasi komputer yang kita gunakan.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar