--> Skip to main content

16 Kelebihan Microsoft Powerpoint dalam Presentasi Media Pembelajaran

Siapa yang tidak kenal Microsoft Powerpoint? Presentasi Microsoft berbasis presentasi ini menawarkan berbagai fitur menarik yang mendukung pembuatan, pengeditan, desain, dan publikasi presentasi slide yang apik dan ciamik dengan berbagai fitur menarik, berbagai kelebihan yang ditawarkan seperti kemudahan operasi, ekspor presentasi impor, templat yang dapat diunduh dapat ditemukan dalam aplikasi ini membuat pengguna untuk mengoperasikan dan membuat presentasi yang tidak hanya menarik dari sisi estetika visual, tetapi juga mampu membuat presentasi interaktif di mana presentasi dapat disisipkan objek dinamis untuk menambahkan kesan "hidup" dalam presentasi yang dibuat. Artikel ini akan membahas tentang kelebihan apa yang ada dalam aplikasi Microsoft Powerpoint ini.
Kelebihan Microsoft Powerpoint dalam Presentasi Media Pembelajaran


1. Kemudahan Pengoperasian

Microsoft Powerpoint adalah aplikasi yang cukup mudah digunakan dan dioperasikan bahkan oleh pemula sekalipun, berbagai tutorial dan panduan untuk menggunakan aplikasi powerpoint yang tersedia di Internet untuk diunduh dan dipelajari. Menu dan bilah alat yang ramah pengguna, ikon yang sudah dikenal, fitur bantuan terpadu untuk membantu pengguna mencari referensi operasional aplikasi, menyediakan aplikasi powerpoint.

2. Export / Import Presentasi

Presentasi yang dibuat dengan powerpoint dapat diekspor ke berbagai format dengan mudah dari aplikasi Microsoft Powerpoint. Beberapa format yang didukung adalah pdf, .xps, .mp4, .wmv, .odp, .gif, .jpg, .png, .gif, .bmpp, .tif, .wmf, .emf, dan .rtf

Fungsi ekspor sangat berguna untuk keperluan tertentu, seperti memindahkan file hasil ekspor ke flashdisk atau yang lainnya

3. Downloadable Templates

Fitur yang tidak tertinggal adalah dukungan template yang dapat diunduh dan digunakan untuk presentasi kami. Template adalah kerangka siap pakai yang dapat digunakan untuk memodifikasi.

4. Clip art dan autoshapes

Clipart adalah gambar siap pakai yang siap untuk dimasukkan ke dalam presentasi Anda, sementara autoshape adalah bentuk datar 2D yang biasa digunakan untuk bagan alur atau bagan alir, alur proses, dan diagram.

5.  Editing foto on-the-fly

Operasi pengeditan gambar seperti Crop, Resizing, pengaturan kontras dapat dilakukan langsung dalam aplikasi powerpoint ini melalui Tab Picture / Format pada Pita Powerpoint.

6. Preset animasi dan slide yang melimpah

Preset adalah kombinasi dari slide yang dapat disesuaikan dan transisi khusus. Dengan powerpoint, berbagai preset siap pakai disiapkan untuk digunakan dan kustomisasi.

7. Pembuatan presentasi yang dinamis

Pembuatan presentasi dalam powerpoint bersifat dinamis, tidak hanya menciptakan presentasi statis tetapi juga interaktif. Presentasi yang dihasilkan dapat dibuat lebih banyak objek interaktif seperti Tombol dan Tautan, audio, dan juga URL web. Di powerpoint disediakan sekitar 50 efek (Pintu masuk, penekanan, dan keluar).

8. Pembuatan motion path

Jalur gerak adalah efek linear dari objek yang dapat dibuat dengan powerpoint. Objek yang Kami buat slide powerpoint dapat diatur gerakannya. Ketika objek bergeser dari satu titik ke titik lain pada slide yang sama, dengan mudah.

9. Pembuatan Narasi & Komentar

Fitur narasi adalah fitur menambahkan audio ke slide, seperti narasi. Narasi dapat dilakukan dengan merekam sebelum atau bersamaan dengan momen presentasi. Ada pilihan untuk menjalankan narasi apakah selama presentasi atau ketika diklik. Narasi dibuat untuk membuat presentasi berjalan secara otomatis. Narasi diperlukan untuk tujuan pertemuan, sehingga hasil presentasi diputar kembali.

Sementara komentar itu sendiri digunakan untuk menambahkan deskripsi pada slide yang menjelaskan fungsi slide atau informasi tambahan tentang slide yang berfungsi sebagai catatan, tetapi tidak akan ditampilkan selama presentasi di pratinjau.

10. Menyisipkan konten external kedalam slide

Konten eksternal dimungkinkan dengan fitur OLE (Object Linking and Embedding) yang disematkan dalam aplikasi powerpoint ini. Fitur OLE memungkinkan Anda untuk memasukkan objek eksternal seperti file audio, video, file doc, excel, dan bitmap langsung ke slide powerpoint.

11. Pembuatan objek animasi berformat GIF

GIF adalah format animasi yang bergerak ringan dan kecil. Dengan powerpoint Kita dapat membuat format objek animasi GIF dengan mudah tanpa alat tambahan apa pun.

12. Menyisipkan statistik ke dalam slide

Dengan powerpoint, Anda dapat dengan mudah memasukkan statistik untuk kebutuhan untuk menampilkan data penelitian. Data dapat diambil melalui file dan dengan mudah statistik akan dimasukkan ke dalam slide kami.

13. Fitur Sharing Presentasi

Pembagian presentasi penting ketika sekarang memasuki era di mana dokumen dapat dibagikan dan berkolaborasi dengan tim cloud. Fitur berbagi telah disediakan, sebagai bagian dari aplikasi Microsoft Powerpoint ini.

14. Fitur Smart lookup

Fitur Smart Loookup berfungsi untuk mencari kata dokumen yang dibuka tanpa perlu membuka browser, mencari kata kunci di mesin pencari, dan mencari hasil pencarian yang relevan. Tidak hanya menghasilkan teks hasil pencarian, hasil pencarian dengan mesin pencari Bing, artikel wiki, dan pencarian situs web juga dapat ditampilkan.

15. Fitur Quick Styles untuk autoshape

Gaya cepat itu sendiri adalah preset yang terdiri dari pewarnaan objek, border, ketebalan, latar belakang, dll. Dengan gaya cepat Kita dapat melakukan pemformatan objek dengan mudah, tanpa perlu mengatur satu demi satu properti.

16. Grouping Slide ke Section

Fitur lain yang menarik dari aplikasi Microsoft Powerpoint adalah penggabungan bagian Slide-slide ke dalam beberapa bagian, bagian-bagian yang menggabungkan beberapa slide yang disimpan di tab dengan nama tertentu untuk memfasilitasi pengaturan presentasi dengan sejumlah besar slide. Slide disimpan di bagian, dan untuk membuka slide, Anda hanya memperluas nama bagian atau sebaliknya untuk menyembunyikan daftar slide di bagian, Kami melakukan Runtuh di nama bagian.

Tersebut adalah review dari artikel kelebihan Microsoft Powerpoint. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan tambahan terkait aplikasi Microsoft Office Powerpoint ini, yang merupakan aplikasi presentasi yang dibuat oleh Microsoft. Microsoft Powerpoint adalah aplikasi pembuatan presentasi yang telah digunakan secara luas tidak hanya oleh pengguna Casual, tetapi juga oleh Profesional yang menggunakannya, memang dengan fitur yang berlimpah dan templat yang dapat diunduh, Pengguna dapat dengan mudah membuat presentasi yang diperlukan dengan tawaran untuk kemudahan pengoperasian dan kaya akan bervariasi fitur & template yang menarik.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar