--> Skip to main content

12 Cara Cleaning Printer HP paling Mudah Lengkap

Head cleaning adalah salah satu cara standar di mana printer melakukan proses pembersihan dengan membuang tinta yang telah mengelompok di bagian bawah catridge sehingga tinta dapat kembali mengalir lancar dan dapat digunakan secara normal lagi. Metode ini biasanya dilakukan ketika cartridge printer kami dalam kondisi kotor. Karena berbeda dengan penyebab printer bergaris, penyebab tinta tidak keluar adalah kaerna kondisi katridge yang sudah begitu kotor sehingga menghalangi aliran tinta ketika sedang digunakan.

Head cleaning yang merupakan salah satu cara mengatasi tinta tidak keluar ini bisa dilakukan dengan mudah. Cara melakukan pembersihan kepala pun ini mudah dan cukup sederhana. Biasanya setiap merek printer memiliki standar yang berbeda atau cara yang berbeda ketika melakukan pembersihan kepala.

Seringkali istilah membersihkan kepala dengan membersihkan dalam atau bingung. Keduanya memiliki arti yang berbeda. jika kepala pembersih dilakukan ketika ada masalah dengan catridge kotor seperti yang dijelaskan sebelumnya, maka proses pembersihan dalam adalah proses pembersihan dengan tingkat pembersigan maksimum.
12 Cara Cleaning Printer HP paling Mudah Lengkap

Tujuan melakukan pembersihan kepala adalah untuk menghindari tinta yang bocor atau tumpah, meluncurkan aliran tinta saat melakukan proses pencetakan dan merupakan salah satu cara untuk menjaga printer secara teratur agar printer dalam keadaan normal dan optimal.

Jumlah merek printer yang dijual di pasaran memiliki beragam spesifikasi dan karakteristik juga. Ini memiliki efek pada cara merawat dan cara menggunakannya. Meskipun pada dasarnya sama, tetapi langkah-langkahnya seringkali berbeda sehingga pengguna printer harus jeli tentang hal ini. Harus tahu perawatan apa yang harus dilakukan pada merek printer yang dimilikinya.

Demikian pula dalam hal pembersihan kepala. Meskipun pada dasarnya atau cara kerjanya sama, tetapi langkah-langkahnya dilakukan secara berbeda. Cara membersihkan printer epson akan berbeda dari cara membersihkan printer canon. Demikian pula, printer merek lain termasuk merek HP ini. Juga dengan memperbaiki printer canon MP287 Black ink tidak keluar.

Langkah-langkah untuk melakukan cleaning pada printer HP diantaranya :


  1. Pertama-tama pastikan bahwa printer telah terhubung dengan perangkat komputer.
  2. Setelah itu jalankan aplikasi HP DeskJet yang telah terinstal di komputer anda. Jika belum maka harus dilakukan proses instalasi drivernya terlebih dahulu. Perlu di ketahui bahwa aplikasi HP DeskJet ini merupakan software yang akan secara otomatis terinstal ketika menginstal driver printer pada komputer anda.
  3. Anda akan menemukan menu “HP Connected”, “Print”, “Shop”, “Help” dan “Utilities” ketika aplikasi telah berjalan.
  4. Kemudian pilih menu “PRINT” kemudian pilih “Maintain Your Printer”
  5. Tunggu sampai mucul popup window. Kemudian pilih tab menu “device services” lalu klik “Clean Ink Catridges“.
  6. Komputer akan menunjukan proses cleaning, anda hanya perlu menunggunya sampai proses benar-benar selesai.
  7.  Ketika proses selesai maka komputer akan menunjukan popup window yang mengatakan bahwa “Cleaning has completed“.
  8. Untuk menguji apakan proses cleaning telah benar-benar sukses, cobalah untuk melakukan proses print dengan menekan tombol “PRINT” yang ada di popup window.
  9. Jika hasil print masih belum sempurna, anda dapat melakukan proses 1 – 8 sebanyak 3 kali
  10. Tekan tombol second-level clean jika hasil belum maksimal.

Itulah cara melakukan pembersihan kepala pada printer HP. Mudah bukan? Karena itu ternyata menjadi cara mudah sehingga tidak ada alasan untuk panik ketika datang ke masalah dengan printer Anda.

Ada cara untuk melakukan pembersihan kepala ini. Artinya, tanpa menggunakan aplikasi khusus yang disediakan oleh merek printer itu sendiri. Umumnya, cara ini bisa dilakukan pada semua jenis printer dan hanya perlu menyesuaikan dengan OS-nya saja. Ingin tahu? Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembersihan kepala pada komputer yang menggunakan OS Windows 8:

  1. Klik “Start” –> “Control Panel” –> Hardware and ssound –> kemudian klik “Decives and Printer”.
  2. Setelah itu klik kanan pada Printer HP (series yang anda gunakan) dan pilih “Printing Preferences“
  3. Akan muncul pop-up dengan tab “Quick Setup”, “Main”, “Page Setup”, “Effects” dan “Maintenance” kemudian kelik tab maintenance –> cleaning –> OK.
  4. Kemudian pilih warna yang akan dibersihkan. Terdapat pilihan “All colors” dan Black. Pilih sesuai kebutuhan kemudian tekan tombol “Execute”.
  5. Klik Ok
  6. Komputer akan menunjukan proses cleaning. Tunggu sampai proses benar-benar selesai dan ketika proses cleaning dilakukan jangan menjalankan program apapun sampai proses cleaning selesai. 
  7. Setelah proses celaning selesai akan muncul pop up window untuk melakukan test pencetakan. Kemudian klik proses percobaan percetakan dan lihat hasilnya.
  8. Jika hasil sudah baik maka proses cleaning berhasil dan selesai. Jika hasil nya masih belum maksimal lakukan kembali proses cleaning hingga 3x.
  9. Jika sudah selesai, tunggu sekitar 10 – 15 menit sebelum menggunakan kembali printer anda.
Kami merekomendasikan pembersihan kepala dilakukan secara berkala dan berkala agar printer tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Lalu pertanyaan berapa kali harus melakukan pembersihan kepala agar peduli? Lebih baik melakukan pembersihan setiap satu minggu atau sebulan sekali. Jangan terlalu sering juga karena proses pembersihan tinta yang dikeluarkan dan bisa membuat tinta berkurang. Jika terlalu sering dikhawatirkan tinta akan cepat habis dan Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli tinta.

Untuk memastikan sebelum melakukan proses pembersihan Anda harus memastikan bahwa tinta dan catridge masih banyak. Dan juga lebih baik tidak melakukan proses pencetakan langsung setelah proses pembersihan. Harap tunggu 10 hingga 15 menit sebelum menggunakan printer lagi.

Itulah penjelasan tentang cara membersihkan printer HP yang dapat Anda gunakan saat Anda mengalami masalah dan memecahkan masalah dengan printer. Cara mengatasi kesalahan printer yang satu ini dapat dengan mudah dilakukan sehingga tidak perlu repot untuk membawanya ke service man dan menghabiskan biaya yang lebih besar. Lakukan saja sendiri di rumah dan masalahnya akan terpecahkan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar