--> Skip to main content

10 Cara Cleaning Printer Epson yang Mudah Dan Simpel

Apakah Anda melakukan tugas kuliah, pekerjaan kantor, atau ketika melakukan transaksi di pasar modern, Anda pasti akan menemukan perangkat komputer ini. Yup, printer adalah salah satu peralatan pendukung komputer yang digunakan oleh banyak orang. Fungsi printer adalah mencetak dokumen atau kertas tertentu ke dalam bentuk fisik kertas. Printer dapat digunakan untuk mencetak dokumen, gambar, grafik, bahkan sekarang ada printer yang dapat mencetak objek tiga dimensi.

Tentu saja, untuk mendukung produktivitas, printer harus dalam kondisi optimal. Namun, pada kenyataannya, printer yang Anda gunakan mungkin memiliki proses pencetakan yang tidak sempurna. Mau sebagus printer yang Anda miliki, risiko kerusakan pada printer masih ada.

Berbicara tentang masalah dengan printer, Anda mungkin mengalami masalah dengan printer yang Anda gunakan, yang menghasilkan cetakan putus-putus, kebocoran tinta di atas kertas, atau masalah tinta yang tidak keluar dari nosel. Untuk mengatasi masalah tinta pada cartridge printer tidak keluar, maka Anda bisa melakukan salah satu cara untuk mengatasi garis-garis cetak yang telah kita bahas di situs ini, yaitu Head Cleaning.
10 Cara Cleaning Printer Epson yang Mudah Dan Simpel

Lalu, apa itu Head Cleaning? Head Cleaning adalah proses dimana printer akan melakukan pembersihan dan pembuangan tinta yang telah diselesaikan dan menggumpal di bagian bawah catridge tinta, sehingga nantinya tinta bisa keluar dengan lancar dari nosel dan proses pencetakan kertas kembali normal . Cara ini adalah salah satu cara mengatasi tinta printer yang tidak keluar oleh tukang komputer atau printer.

Memang, apa sih tujuan dari Head Cleaning itu? Jadi tujuan head cleaning adalah


  • Untuk menghindari tinta yang meluber
  • Untuk melancarkan lubang nozzle saat tinta keluar dari catridge ke head printer.
  • Salahs atu langkah perawatan printer secara rutin agar printer Anda bisa digunakan dalam waktu lama.

Sekadar informasi, harga printer atau nosel cukup mahal, bahkan harganya bisa mencapai setengah dari harga printer. Jadi, lakukan langkah-langkah untuk melakukan Pembersihan Kepala dengan benar.

Ada begitu banyak jenis dan merek printer di pasaran. Setiap jenis dan merek memiliki keunggulan tersendiri yang menjadi daya saing dalam memenangkan pasar printer. Jadi Anda tidak membeli satu, Anda harus tahu tips memilih printer yang bagus dan murah. Salah satu merek printer yang banyak digunakan oleh masyarakat karena baik dan murah adalah Epson.

Nah, meski banyak jenis dan merk printer di pasaran, tetapi ternyata cara melakukan pembersihan kepala hampir sama lohh. Satu-satunya perbedaan adalah langkah-langkahnya. Untuk memastikan, Anda dapat memeriksa manual printer yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki printer Epson, maka dalam artikel ini kita akan membahas tentang salah satu cara untuk memperbaiki printer Epson, yaitu bagaimana membersihkan printer Epson. Cara-cara berikut ini cukup mudah dilakukan jika Anda dapat memahami setiap langkah yang kami jelaskan. Oh ya, sebenarnya Anda benar-benar dapat menerapkan cara-cara yang kami jelaskan di bawah ini untuk merek printer selain Epson. Anda tinggal menyesuaikannya dengan manual printer Anda. Oke, mari kita mulai diskusi.

  1. Untuk Anda pengguna OS Windows Vista ke atas, pilih Start Menu pada Windows Anda. Lalu, pilih “Devices & Printers”. Sedangkan jika Anda menggunakan Windows XP, Anda bisa membukanya melalui Control Panel dengan cara klik Start > Control Panel. Pada jendela Control Panel, pilih “Printers & Fax”
  2. Kemudian, Anda akan melihat jendela yang berisikan daftar perangkat yang tersambung pada komputer Anda. Pada jendela ini, cari printer yang akan dibersihkan.Untuk memudahkan Anda, cari nama printer yang bertuliskan “Epson <tipe printer>”
  3. Setelah printer ditemukan, klik kanan pada nama printer tersebut, lalu pilih “Printer Preferences”. Hal ini bertujuan untuk membuka jendela pengaturan dari printer Epson Anda.
  4. Pada jendela Printer Preferences pilih tab “Maintenance”. Pada tab ini, Anda akan menemukan beberapa hal terkait perawatan printer Epson.
  5. Klik tombol “Head Cleaning”. Kemudian akan muncul pilihan apakah Anda hendak melakukan Cleaning atau Power Cleaning. Jika Anda pertama kali melakukan Head Cleaning, pilih saja Cleaning.
  6. Klik tombol Start untuk memulai proses Head Cleaning.
  7. Tunggu proses Head Cleaning hingga selesai. Selama proses Head Cleaning berlangsung, Anda tidak boleh menggunakan printer selain untuk kepentingan perawatan.
  8. Setelah proses Head Cleaning selesai, sekarang Anda coba printer Anda untuk mencetak kertas setelah proses cleaning dilakukan melalui proses “Nozzle Check”. Ikuti petunjuk selanjutnya yang muncul pada layar
  9. Sekarang, coba Anda bandingkan hasil gambar yang tercetak pada kertas dengan gambar yang ditampilkan di layar. Apabila hasilnya sudah sesuai dan hasilnya bagus, berarti proses Head Cleaning yang dilakukan berhasil dan Anda bisa keluar dari jendela Printer Preferences. Apabila Anda merasa hasil cleaning yang dilakukan kurang bagus, Anda bisa mengulangi proses Cleaning lagi dengan cara mengklik “Cleaning”.
Nah, ada pilihan untuk memilih apakah Anda ingin melakukan "Pembersihan" atau "Pembersihan Listrik". Lalu, apa proses Pembersihan Listrik? Pembersihan Daya dilakukan jika hasil pembersihan beberapa kali belum menunjukkan perubahan sama sekali.

Bagaimana cara melakukan Pembersihan Listrik? Sebenarnya, cara melakukan Deep Cleaning hampir sama dengan proses pembersihan biasa. Perbedannya hanya ketika Anda diminta memilih apakah harus melakukan Pembersihan atau Pembersihan Daya. Jika Anda ingin melakukan Pembersihan Listrik, pilih "Pembersihan Daya" lalu klik tombol "Mulai".

Selain itu, Anda harus mematikan printer Canon Anda selama 24 jam ke depan, jika kertas cetak masih belum menunjukkan perubahan, Setelah 24 jam, Anda dapat kembali ke "Pemeriksaan Nozzle" untuk memeriksa hasil Pembersihan Daya lagi. Bisa jadi, hasil cetak pada kertas kembali bagus setelah 24 jam karena beberapa tinta terkadang membutuhkan waktu untuk berfungsi normal kembali setelah Power Cleaning.

Namun, jika setelah melakukan proses Power Cleaning ternyata hasil cetak kertas masih belum menunjukkan perubahan berarti, artinya ada kemungkinan besar cartridge printer Anda yang sudah mulai tidak prima. Nah, jika cartridge diindikasikan rusak, maka cartridge tidak bisa digunakan dan harus diganti dengan yang baru. Memang, Anda bisa melakukan beberapa cara memperbaiki kartrid. Namun, jika printer Anda masih dalam garansi, Anda harus membawanya ke Epson Service Center terdekat di tempat tinggal Anda sehingga printer Epson Anda dapat diperbaiki oleh ahlinya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar