--> Skip to main content

10 Perbandingan Perbedaan Linux Mint dan Ubuntu Wajib Diketahui

Linux adalah salah satu jenis kernel yang paling populer. Meskipun biasanya, orang cenderung memanggil Linux untuk menunjukkan sistem operasi yang menggunakan kernel ini. Ada banyak jenis distro (sebutan untuk sistem operasi yang digunakan dan dibuat dari kernel Linux) Linux ada di internet dan dapat diunduh secara bebas. Dua dari banyak sistem operasi berbasis Linux yang terkenal adalah Linux Mint dan Ubuntu.

Keduanya memiliki sejarah yang saling berhubungan, meskipun pada akhirnya kedua sistem operasi ini memulai perkembangannya masing-masing dan membuat banyak perbedaan yang muncul di antara keduanya. Mengetahui perbedaan ini dapat membantu Anda memutuskan sistem operasi mana yang lebih cocok untuk digunakan di laptop atau komputer Anda.
10 Perbandingan Perbedaan Linux Mint dan Ubuntu Wajib Diketahui


Berikut ini beberapa perbedaan Linux Mint dan Ubuntu :

1. Sama-sama Debian-based, tetapi beda kode

Ubuntu dan Linux Mint keduanya sistem operasi dengan kernel Linux berdasarkan kode Debian. Bahkan, Linux Mint adalah pengembangan lanjutan dari Ubuntu. Namun, meskipun kode sumber mereka sama, tetapi pengembangan dan modifikasi yang dibuat oleh pengembang distribusi ini berbeda.

2. Tujuan pembuatan

Linux Mint dibuat dengan tujuan yang tidak begitu berbeda dari Ubuntu. Namun, Linux Mint lebih menekankan pada keandalan sistem dan masalah antarmuka, oleh karena itu ukuran instalasi Linux Mint cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan Ubuntu yang dibuat dengan tujuan sistem operasi untuk kebutuhan desktop sehari-hari. Linux Mint karena itu lebih ringan bila dibandingkan dengan Ubuntu. Namun, Ubuntu membawa lebih banyak dukungan untuk aktivitas desktop yang lebih lengkap ketika pertama kali diinstal jika dibandingkan dengan Mint.

Lebih dalam, Ubuntu dibuat dengan keyakinan bahwa setiap pengguna komputer memiliki kebebasan untuk mengunduh, menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, berbagi, dan meningkatkan perangkat lunak tanpa membayar biaya lisensi. Mint juga didasarkan pada filosofi yang sama, tetapi berusaha untuk menjadi sistem operasi yang lebih elegan dan menarik mengikuti perkembangan desain modern.

3. Antarmuka Pengguna

Dari sononnya, Linux Mint memiliki banyak pilihan lingkungan desktop yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan pengguna. Anda dapat memilih apakah Anda ingin menggunakan antarmuka KDE, XFCE, Mate, atau Cinnamon. Sementara Ubuntu hadir dengan antarmuka berbasis GNOME dengan tampilan Unity tersedia dalam 2D ​​dan 3D dan memiliki opsi untuk melakukan pencarian online di dasbor. Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing antarmuka ini, Anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu sebelum memutuskan antarmuka mana yang akan digunakan.

4. Awal mula

Ubuntu awalnya disebarluaskan pada tahun 1993. Rilis pertama ini berfokus pada keamanan dan stabilitas sistem operasi yang baru dibuat. Pada tahun 2004, Ubuntu dirilis sebagai Debian Fork. Linux Mint pertama kali dirilis dua tahun kemudian, pada tahun 2006 dengan nama kode "Barbara". Banyak umpan balik positif diperoleh dari rilis pertama ini, sehingga lebih banyak rilis Mint yang dirilis. Linux Mint dan Ubuntu dirilis setiap 6 bulan.

5. Kecepatan dan keringanan

Karena Mint dibuat untuk tujuan menjadi lebih ringan dan lebih efektif, Mint lebih unggul dari Ubuntu terutama jika Anda memiliki perangkat keras lama. Komputer yang memiliki prosesor tunggal, atau hanya dual-core saja, akan berkinerja lebih cepat saat menggunakan Linux Mint. Namun itu tidak berarti Ubuntu cepat hilang, karena perangkat keras yang telah ditingkatkan maka perbedaan kecepatan ini akan sangat sulit dirasakan, meskipun Mint lebih dari sepersekian detik.

6. Aplikasi default setelah instalasi

Linux Mint dan Ubuntu keduanya menawarkan berbagai aplikasi pasca instalasi. Hanya saja Linux Mint hadir dengan aplikasi default bawaan seperti Flash, Java, audio atau video codec, aplikasi pemutar musik atau video, LibreOffice, Firefox, dan sebagainya. Sementara Ubuntu menawarkan aplikasi semacam itu sebagian dengan cara mengunduh selama instalasi. Ini berarti Anda harus memiliki koneksi dengan internet untuk menginstal aplikasi ini. Meskipun permainan dasar seperti Sudoku atau catur sudah diinstal secara otomatis di Ubuntu.

7. Tingkat popularitas

Linux Mint dan Ubuntu adalah distribusi Linux yang sangat populer. Menurut Distro Watch pada April 2013, Linux Mint adalah distro linux yang paling populer. Sementara itu, menurut survei lain termasuk dari PC World dan ZDNet Ubuntu adalah distribusi Linux yang populer. Mint menjadi sistem paling populer ke-4 setelah Windows, OS X, dan Ubuntu. Pada 2013, Ubuntu telah diunduh sebanyak 81 ribu kali dari CNET sementara Mint diunduh sebanyak dua ribu kali.

 8. Proses Intalasi dan Download

Ubuntu dan Linux Mint dapat Anda unduh, flash pada flashdisk atau CD dan kemudian lakukan instalasi langsung saat booting dari flashdisk. Kecepatan unduhan mungkin salah satu hal yang membuat proses pengunduhan lebih lama di Ubuntu karena selain ukurannya yang relatif lebih besar, server Ubuntu juga secara otomatis memilih server yang dekat dengan lokasi IP Anda. Ubuntu juga menyediakan opsi untuk diinstal sebagai program di Windows sehingga dapat dihapus dengan mudah jika Anda ingin menghapusnya. Sementara Mint juga dapat melakukan hal yang sama, hanya saya lebih disarankan untuk menginstal Mint tanpa lulus UEFI karena dapat menyebabkan semua partisi diformat ulang.

9. Biaya

Ubuntu dan Mint dapat ditemukan secara gratis. Hanya, di Ubuntu jika Anda menginginkan dukungan dari seorang profesional maka Anda harus membayar biaya tertentu. Sementara itu, Mint adalah sistem operasi yang benar-benar gratis, dan mengandalkan donasi dari pengguna, sponsor, mitra, dan banyak lagi.

10. Lokasi bar menu

Ini adalah salah satu perbedaan yang tidak cukup terlihat pada Ubuntu dan Mint. Di Ubuntu, jendela aplikasi lebih mirip dengan MacOS, yaitu bilah menu di bagian atas layar aplikasi yang sedang berjalan. Saat berada di Mint, bilah menu dilampirkan ke jendela aplikasi seperti tampilan yang digunakan oleh Windows. Untuk masalah ini, mana yang lebih baik, sangat bergantung pada selera dan kebiasaan Anda.

Itulah beberapa perbedaan antara Linux Mint dan Ubuntu. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda memilih sistem operasi apa yang tepatnya dipasang untuk laptop atau komputer Anda di rumah ya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar