--> Skip to main content

10 Kelebihan dan Kekurangan Power Point Presentasi Dalam Bisnis Dan Media Pembelajaran

Kelebihan dan Kekurangan Power Point Presentasi Dalam Bisnis Dan Sebagai Media Pembelajaran. Microsoft power point adalah perangkat lunak yang khusus digunakan untuk melakukan pembuatan slide yang digunakan untuk presentasi. Pembaca harus memiliki setidaknya satu kali menggunakan perangkat lunak ini. Karena tidak banyak perangkat lunak yang memiliki tingkat kenyamanan dan hasil sebaik microsoft power point yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi. Di dalam power point juga bisa disisipkan animasi, video dan juga gambar yang menjadikan power point dari perangkat lunak yang sangat berkualitas.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan power point :
10 Kelebihan dan Kekurangan Power Point Presentasi Dalam Bisnis Dan Sebagai Media Pembelajaran


KELEBIHAN:

1. Memudahkan pembuatan slide presentasi
Bagi yang sering melakukan presentasi publik, apalagi menggunakan alat berupa proyektor layar pasti membutuhkan perangkat lunak ini. Dengan menggunakan microsoft power point hanya dalam hitungan jam atau bahkan menit, seseorang dapat menyiapkan alat presentasi yang memiliki kualitas yang baik. Adanya alat presentasi tentu akan memudahkan para penyaji untuk menyampaikan point presentasi ke audiencenya.

2. Dilengkapi banyak tools untuk membuat sebuah presentasi yang bagus
Microsoft power point dilengkapi dengan banyak alat seperti gambar impor, impor video, impor animasi, seni teks dan banyak fitur atau alat lain yang akan membuat slider presentasi yang kita buat menjadi lebih baik dan terasa hidup. bahkan jika diperlukan, pembuat presentasi dapat memasukkan suara yang dapat menghasilkan emosi tertentu ketika membuat presentasi. Tentu saja ini adalah hal yang sangat bagus untuk perangkat lunak presentasi.

3. Dilengkapi fitur export ke pdf
Ketika kami membutuhkan selebaran atau selebaran untuk penonton, kami dapat membagikan dokumen presentasi kami kepada penonton. Namun terkadang banyak dari penonton yang tidak menggunakan platform microsoft sehingga penonton tidak dapat membuka file yang telah kami distribusikan. Dengan fitur ekspor ke pdf, akan memastikan bahwa setiap pemirsa akan dapat melihat slide presentasi yang kami bagikan.

Selain itu, fitur ekspor ke pdf juga sangat berguna ketika kita akan mencetak atau mencetak slide yang dimiliki. Dengan menggunakan format pdf yang sudah disupport oleh banyak platform, kita dapat mencetak melalui platform apa pun dan mesin apa pun. (Juga Baca: Cara Mengubah JPEG ke PDF)

4. Fitur Kolaborasi
Bagi pekerja yang dikejar oleh tenggat waktu, itu pasti akan membutuhkan bantuan untuk dapat bekerja pada dokumen bersama. Dengan fitur kolaborasi microsoft ini, seseorang dapat melakukan pengeditan file presentasi power point secara bersamaan dari tempat atau komputer yang berbeda. Ini tentu akan mempercepat dan memfasilitasi pembuatan presentasi slide, terutama jika waktu yang Anda miliki untuk menyelesaikan presentasi presentasi bekerja sangat terbatas.

5. Dilengkapi Fitur Cloud service dari microsoft
Saat ini Microsoft mendorong semua upaya mereka untuk memperkenalkan produk layanan cloud mereka adalah satu layanan cloud. Microsoft tidak mau kalah melawan kompetitor seperti google dan juga dropbox. Microsoft sengaja memasukkan layanan yang disematkan dari satu cloud ke microsoft power point dengan menyediakan opsi penyimpanan ke satu cloud bahkan dengan menerapkannya sebagai penyimpanan default sebelum pengguna menentukan pilihan untuk menyimpan data yang sedang dikerjakan dokumen ke penyimpanan lokal.

6. Memiliki fitur authoring yang sangat advanced
Ingin melindungi dokumen Anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab serta pelanggaran hak cipta lainnya? Microsoft menawarkan berbagai solusi untuk memenuhi kebutuhan ini. Mulai dari pelatih kepribadian, hingga pelatih teknis yang tidak ingin konten presentasi jatuh ke tangan orang yang tidak berwenang hingga menjaga keaslian konten presentasi. Semua bisa menjawab kebutuhan dengan fitur otorisasi dari microsoft power point. Pemilik dokumen dapat memberi tag, kata sandi, mengenkripsi isi presentasi yang telah dibuat menggunakan perangkat lunak microsoft power point.

Kekurangan

1. Tidak dapat digunakan oleh platform lain selain microsoft
Microsoft power point hanya dapat digunakan pada platform windows, dan microsoft tidak menyediakan atau merilis versi perangkat lunak ini untuk digunakan pada platform lain seperti linux dan mac. Ini membuat pekerjaan yang ada dan dibuat menggunakan perangkat lunak ini tidak dapat dibuka dan dilanjutkan pada platform lain di luar jendela. Padahal banyak perusahaan atau individu yang tidak memiliki akses ke platform sistem operasi Microsoft yaitu windows karena harganya cukup mahal untuk sebuah perangkat lunak

2. Ketidakstabilan dari dokumen untuk tiap versi power point
Kelemahan yang satu ini sering ditemukan pada perangkat lunak yang dikembangkan oleh microsoft. Entah karena faktor apa, biasanya dokumen yang dihasilkan dari versi lama perangkat lunak perkantoran Microsoft seperti 2007 tidak dapat digunakan dengan sempurna dalam versi perangkat lunak yang lebih baru misal versi tahun 2010 dan sebaliknya. Ini juga terjadi pada titik daya microsoft ini. Ini juga sering membingungkan dari sisi pembuat dokumen ketika tiba-tiba ada pembaruan dari perangkat lunak perkantoran yang digunakan untuk bekerja.

3. Harga Microsoft Office Terlalu Mahal
Bagi pemilik usaha kecil atau perorangan yang tentunya membutuhkan semaca perangkat lunak ini, harga dari perangkat lunak asli keluaran microsoft tentu saja ini akan terasa sangat mahal dan tidak sebanding. Ini karena Microsoft merilis perangkat lunak peranti lunaknya dengan target pasar di antara para pengusaha dan perusahaan besar. Tetapi dengan supoort dan pembaruan perangkat lunak terus dilakukan oleh microsoft. Ini tentu membuat perangkat lunak yang dirilis oleh microsoft tetap bertahan dan digunakan oleh komunitas sebgaian besar.

4. Tergolong software yang berat
Untuk dapat mengoperasikan perangkat lunak perkantoran microsoft ini, komputer harus memiliki spesifikasi yang baik. komputer komputer lama dengan spesifikasi perangkat keras yang rendah akan mengalami kesulitan menjalankan perangkat lunak ini bahkan mungkin crash atau hang.

Jadi kelebihan dan kekurangan dari microsoft power point yang bisa saya rangkum. kesimpulannya adalah microsoft power point adalah perangkat lunak untuk membuat presentasi yang berkualitas dan menurut saya tidak ada yang cocok. kemudahan penggunaan dikombinasikan dengan banyaknya variasi alat yang terdapat di microsoft power point membuatnya layak untuk dimiliki meski memiliki harga yang mahal.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar