--> Skip to main content

10 Cara Merubah Format Video Lagu Menjadi Karaoke Dengan Mudah

Punya lagu favorit yang ingin Anda nyanyikan tetapi tidak tersedia versi karaoke di sana? Sudah mencari di mana-mana tetapi tidak ditemukan juga? Tenang saja, Anda bisa membuat lagu favorit Anda menjadi versi karaoke dengan memanfaatkan beberapa aplikasi dan cara membuatnya lagi jadi karaoke menggunakan komputer Anda. Hasil akhir rata-rata tidak sesempurna versi karaoke asli dari lagu tersebut, tetapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba cara membuat karaoke lain yang akan kita diskusikan di bawah ini. Anda juga dapat menggunakan aplikasi penulisan lagu di Android jika Anda ingin mencoba membuat karaoke dari bagian-bagian file.

Jadi, bagaimana cara menghasilkan versi karaoke dari sebuah lagu menggunakan laptop atau komputer Anda? Biarkan Anda tidak penasaran, di sini ada beberapa cara di antaranya.
10 Cara Merubah Format Video Lagu Menjadi Karaoke Dengan Mudah


1. Audacity

Cara membuat lagu pertama jadi karaoke adalah menggunakan Audacity. Aplikasi Audacity adalah salah satu aplikasi pengolah audio yang paling populer dan banyak digunakan oleh banyak orang untuk memproses audio. Oleh karena itu, Anda akan sering menemukan aplikasi ini yang direkomendasikan di forum internet karena selain mudah dipelajari, aplikasi ini juga bisa digunakan di Windows, MacOS, dan juga GNU / Linux. Tidak hanya itu, aplikasi ini bersifat open source alias memiliki kode sumber terbuka.

Ada banyak cara untuk mengubah lagu dengan Audacity. Sebagai permulaan, salah satu cara untuk mengubah lagu menjadi lagu karaoke adalah dengan menggunakan efek Audacity Vocal Remover. Setelah menerapkan format Vocal Remover, Anda juga perlu mengekspor hasil lagu sehingga Anda dapat menikmati seperti lagu biasa. Setelah lagu keluar, Anda dapat menggunakannya untuk perangkat lunak karaoke di laptop Anda.

2. Karaoke MP3

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat lagu jadi karaoke adalah Karaoke MP3. Aplikasi yang satu ini, seperti namanya, adalah aplikasi yang sengaja digunakan untuk menghapus suara vokal yang terdapat dalam lagu atau file audio tertentu. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda dapat menghapus suara vokal pada banyak lagu sekaligus tanpa perlu repot untuk memuat file satu per satu.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu membuka sebanyak mungkin file yang Anda inginkan ke dalam aplikasi ini, dan setelah itu Anda hanya perlu menekan ikon K dan juga F3 untuk mulai menghapus suara dari file-file tersebut.

3. Wavosaur

Seperti MP3 Karaoke, Wavosaur adalah aplikasi pengeditan suara gratis untuk sistem operasi Windows yang dapat digunakan untuk menghapus suara vokal dari file audio sehingga dapat digunakan untuk membuat lagu-lagu karaoke. Aplikasi yang satu ini dapat digunakan untuk mengedit banyak suara sekaligus, dan juga dapat digunakan untuk merekam suara.

Untuk menggunakan Wavosaur, caranya juga cukup sederhana. Anda hanya perlu memuat lagu atau file audio yang ingin Anda edit sebanyak mungkin, lalu buka di tab Proses dan klik Vocal Remover. Ini akan menginstruksikan Wavosaur untuk mengedit file audio yang Anda buka sehingga suara vokal dapat dihapus. Setelah proses ini selesai, maka Anda dapat menyimpan hasilnya ke tempat atau folder yang Anda inginkan, bahkan Anda dapat memutarnya langsung melalui Wavosaur.

Anda dapat menggunakan pengeditan Wavosaur dengan memadukan kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere ketika Anda ingin mengedit video dengan lagu backsound yang telah Anda edit.

4. WavePad

Selain beberapa aplikasi di atas, aplikasi berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk menghapus suara vokal pada lagu adalah WavePad. WavePad adalah aplikasi editor suara selain beberapa aplikasi di atas yang dapat digunakan untuk banyak hal, termasuk mengedit file audio tanpa suara vokal. WavePad hadir dengan dua versi, yang gratis dan berbayar. Tentu Anda bisa mencoba yang gratis terlebih dahulu sebelum mencoba yang berbayar.

5. Ocenaudio

Selain aplikasi di atas, Anda juga dapat menggunakan Ocenaudio untuk menghilangkan suara vokal pada perilaku yang Anda miliki. Untuk membuat lagu jadi karaoke dengan aplikasi ini, Anda perlu melakukan proses editing melalui equalizer audio yang cukup rumit tetapi bisa digunakan untuk membuat suara vokal berkurang atau hilang.

6. Nero WaveEditor

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk membuat lagu jadi karaoke adalah aplikasi Nero WaveEditor. Aplikasi yang satu ini dapat digunakan untuk membuat lagu menjadi karaoke dengan memberikan efek filter karaoke pada lagu yang ingin Anda edit. Anda hanya perlu membuka aplikasi ini kemudian mengaktifkan filter Karaoke untuk membuat lagu yang Anda masukkan secara otomatis diedit menjadi lagu karaoke (dengan preset yang dapat diatur).

7. LMMS

Cara membuat lagu berikutnya jadi karaoke adalah memanfaatkan workstation audio yang disebut LMMS. Aplikasi yang satu ini dapat Anda gunakan untuk banyak hal, karena ini adalah salah satu aplikasi pengeditan high-end. Salah satu fungsi yang dapat Anda gunakan adalah untuk membuat lagu yang Anda edit menjadi lagu karaoke dengan menerapkan Vocal Remover ke LMMS.

8. GOM Player

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pemutar media bernama GOM Player untuk membuat lagu yang Anda putar di GOM tidak membuat suara vokal. Tentu, itu tidak akan menghilangkan suara secara permanen, tetapi cukup jika Anda ingin berkaraoke dengan mudah dan cepat bukan? Caranya juga cukup sederhana, Anda hanya perlu mengaktifkan Voice Filter pada tab Audio untuk file audio yang diputar melalui GOM tidak akan menghasilkan suara vokal. Selain menggunakan beberapa aplikasi di atas, Anda juga dapat menggunakan Adobe Audtion dengan kelebihan dan kekurangan Adobe Audition untuk mengedit audio.

9. KMPlayer

Sama seperti GOM Player, KMPlayer juga merupakan aplikasi pemutar file media yang dapat Anda gunakan untuk menghapus suara vokal pada file lagu saat dimainkan. Caranya adalah dengan mengaktifkan filter Penghapusan Suara yang terdapat pada menu Audio> Rare Filters> Voice Removal. Seperti GOM, melalui aplikasi ini kita juga tidak bisa menghapus suara secara permanen, masih akan cukup membuat file audio yang diputar ke karaoke.

10. Menggunakan fitur Voice Cancellation Windows

Bagi Anda yang menggunakan Windows, salah satu cara untuk membuat lagu jadi karaoke tidak rumit dan bisa dilakukan kapan saja yaitu dengan mengaktifkan Voice Cancellation. Caranya adalah buke Control Panel, buka pengaturan Sound, pilih perangkat output audio default di komputer Anda, kemudian klik properties. Di jendela properti, buka tab Peningkatan, lalu centang opsi Pembatalan Suara. Setelah ini, ketika Anda memutar file lagu, suara vokal akan berkurang sehingga dapat digunakan untuk karaoke. Namun, jika Anda mengalami masalah laptop tidak ada suara, Anda harus mencoba cara memperbaiki laptop tidak ada suara khususnya.

Itulah beberapa cara untuk membuat lagu jadi karaoke yang bisa kamu coba. Semoga dengan beberapa cara di atas dapat membantu Anda menghasilkan karaoke sendiri ya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar