--> Skip to main content

Macam Macam Alat Pembersih Layar HP yang Mudah Didapat

Kebersihan seseorang bisa dilihat dari kebersihan benda-benda di sekitarnya. Salah satu benda yang bisa menjadi patokan kebersihan pribadi adalah ponsel. Loh kok bisa? Tentu saja, karena ponsel sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Apalagi fungsi teknologi, informasi, dan komunikasi dalam kehidupan masyarakat dalam penggunaan ponsel cukup membantu pekerjaan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. Plus, HP kini memiliki teknologi layar sentuh. Ini membuat HP kita rentan terhadap kontaminasi oleh kuman atau bakteri. Karena itu, kita harus rajin merawat layar HP kita.

Merawat HP bukan hanya masalah perangkat keras. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan layar HP Anda. Agar layar HP tetap bersih, Anda dapat menggunakan beberapa alat pembersih layar HP yang mudah digunakan, sederhana, dan tanpa banyak uang. Anda dapat mencoba alat pembersih layar HP berikut ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Alat-alat ini sebenarnya hampir sama dengan alat untuk melakukan cara membersihkan kaca tempered. Namun, ada yang sedikit berbeda. Mari kita lihat informasinya sampai akhir artikel ini.


1. Handwash

Tahukah Anda bahwa alkohol gel sering digunakan sebagai handwas atau pembersih tangan? Nah, gel alkohol juga bisa digunakan untuk membersihkan layar HP Anda. Gel alkohol sebenarnya tidak berbahaya bagi smartphone, asalkan Anda dapat menggunakannya dengan cara yang benar.

Cara menggunakannya, pertama Anda siapkan kain lembut. Kemudian, Anda bisa menuangkan sedikit alkohol pada kain. Masukkan sedikit air ke dalam kain juga. Rasio antara alkohol dan air adalah 40% hingga 60%. Lalu, usap layar HP dengan lembut. Perlu diingat, jangan menuangkan alkohol gel langsung pada layar HP. Karena itu, akan merusak layar ponsel.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak yang biasanya digunakan untuk mencegah masuk angin itu juga bisa digunakan sebagai alat pembersih layar HP Anda dari debu penyebab Android cepat panas. Bagaimana melakukan? Begini caranya:

  • Siapkan minyak kayu putih, kain halus, atau kapas
  • Tuangkan minyak kayu putih ke kain secukupnya
  • Usapkan kain yang telah dibasahi tersebut ke seluruh bagian HP, khususnya layar
  • Jangan gunakan hairdryer untuk mengeringkan handphone yang terkena air. Biasanya, di dalam handphone terdapat banyak komponen yang mudah rusak jika terkena panas.

3. Kain Microfiber

Menggunakan kain lembut adalah salah satu alat untuk membersihkan debu yang menempel pada layar HP Anda. Mengapa harus kain bertekstur lembut? Jika Anda memilih kain dengan tekstur kasar, maka itu benar-benar akan merusak layar Anda. Kemungkinan besar, kain kasar akan menggores permukaan pada layar HP Anda. Jadi, Anda bisa menggunakan kain lembut atau memilih kain microfiber untuk membersihkan lensa kacamata.

Nah, untuk pemakaian kain ini untuk membersihkan layar HP sangat mudah. Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Siapkan kain dengan bahan atau kain lembut
  • Pastikan kain yang digunakan adalah kain bersih
  • Lalu, seka langsung di layar HP
  • Bersihkan kain dengan saksama dan lembut di layar HP Anda


4. Cotton Bud

Alat untuk membersihkan daun telinga juga bisa kok Anda memberdayakan untuk membersihkan layar HP. Cotton Bud dapat menjadi pengganti kain microfiber yang dijelaskan dengan cara sebelumnya.

Eitss, Anda masih harus memastikan bahwa Cotton Bud digunakan untuk memiliki kapas yang sangat lembut sehingga serat tidak akan menggores layar HP Anda. Bahan yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, yaitu cotton bud dan air bersih saja. Berikut langkahnya:

  • Tuang satu hingga dua tetes air bersih di ujung cotton bud
  • Oleskan cotton bud di layar HP Anda
  • Jangan lupa juga untuk menyeka cotton bud di sela-sela layar HP Anda.


5. Air Bersih

Jika Anda merasa layar HP Anda tidak cukup bersih hanya dengan menggosok kain, Anda bisa menggabungkan kain dengan air bersih. Nah, kombinasi air bersih dengan kain ini dianggap ampuh untuk menghilangkan debu yang menempel di layar HP.

Namun, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan air bersih. Air bersih di sini tidak harus air matang, air keran juga bisa kok. Namun, pastikan air keran bersih dan air jernih. Akan lebih baik jika Anda menggunakan air yang telah mengalami proses distilasi (filter).

Juga siapkan dua lap bersih yang lembut. Bagaimana sebaiknya dua orang? Karena satu kain untuk menyeka layar HP menggunakan air, dan satu kain lain untuk membersihkan sisa-sisa cairan dari air. Jika semuanya sudah siap, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  • Tuangkan air pada kain bersih secukupnya. Anda tidak perlu membuat kain terlalu basah, cukup tuangkan air ke ujung kain saja.
  • Selanjutnya, seka kain basah pada layar HP secara perlahan dan menyeluruh. Coba bersihkan dengan hati-hati dan jangan menekan.
  • Setelah cukup, Anda dapat menyeka permukaan layar sedikit lembab dengan kain bersih lainnya. Usap sampai layar HP Anda benar-benar kering dan tidak lembab.
  • Perlu diingat, bahwa Anda tidak boleh mengusap layar HP terlalu basah. Anda juga tidak dianjurkan untuk memercikkan atau menuangkan air langsung pada layar HP. Karena, sebenarnya dapat menyebabkan layar HP Anda rusak dan bisa menjadi air menjadi komponen perangkat keras HP Anda.


6. Solatip

Alat lem yang satu ini tidak hanya sekedar menempelkan objek. Anda dapat menggunakan alat ini sebagai salah satu cara membersihkan layar HP yang berdebu dan kotor. Ternyata, ternyata, solatip cukup kuat untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel di layar HP Anda. Namun, Anda harus menggunakannya dengan sangat hati-hati. Beginilah cara menggunakannya:

  • Persiapkan solatip atau isolasi
  • Tempel solatip atau penyekat pada layar HP Anda
  • Diamkan solatip atau isolasi yang melekat pada layar HP untuk sementara waktu
  • Kemudian, lepaskan isolasi / insulasi yang menempel ke layar HP secara perlahan


7. Cairan khusus

Saat ini, ada banyak alat atau bahkan cairan khusus untuk membersihkan layar HP. Nah, Anda bisa menggunakan alat yang satu ini untuk membersihkan layar HP Anda. Alasannya adalah karena cairan khusus ini memiliki bahan kimia tertentu yang mampu menghilangkan kotoran dan bahkan sidik jari yang ada di layar HP Anda. Anda dapat mencarinya di toko online.

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda cukup menuangkan cairan ini sebagai pengganti air pada kain. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyeka kain dengan cairan khusus ini di layar HP Anda. Bersihkan dengan baik secara merata.

8. Sinar UV

Mungkin alat yang satu ini cukup sulit didapat, tetapi alat ini bisa menjadi cara untuk membersihkan HP kotor terbaik untuk membersihkan layar HP Anda. Anda dapat menggunakan alat yang disebut Charger UV dari Telephoneoap. Alat ini adalah salah satu produk canggih yang diklaim dapat membasmi kotoran di layar ponsel Anda.

Selain itu, alat ini mampu menghasilkan gelombang cahaya yang diklaim berguna untuk membersihkan dan memusnahkan bakteri yang ada di layar HP. Meski, belum bisa dipastikan seberapa hebat alat ini untuk membersihkan layar HP.


Begitu banyak artikel kami kali ini di sekitar alat pembersih layar HP. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda untuk membersihkan layar HP Anda. Jika Anda ingin membersihkan file sampah di ponsel Anda, lihat diskusi kami tentang fungsi master bersih yang telah kita diskusikan sebelumnya. Jagalah kebersihan HP Anda yahh,
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar