--> Skip to main content

10 Cara Membersihkan Casing HP Yang Kusam Dan Menguning

Casing HP dapat dibentuk dari berbagai bahan, seperti silikon, karet, logam, dll. Merek dan motif juga tidak sedikit pilihan. Bahan untuk membuat softcase mereka sendiri terbuat dari merpati, karet, kain, kulit dan plastik silikon yang paling terkenal.Casing HP satu ini tampaknya menjadi favorit oleh kebanyakan orang. Bahkan, bisa dibilang orang Indonesia lebih menyukai ponsel softcase jenis soft case daripada tipe hardcase. Alasannya karena casing softcase HP lebih nyaman saat dipegang tangan dan kasus ini bisa meredam imbas lebih baik ketika HP jatuh. Selain itu, casing jenis ini biasanya memiliki beragam motif dan model yang lucu.

Sayangnya, casing jenis ini tidak mampu menguras panas karena sifat bahan utama pembuatnya yang menyimpan panas. Jangan kaget jika HP Anda akan mudah memanas saat menggunakan softcase. Selain itu, casing ini lebih mudah kotor jika sering digunakan. Suatu hari nanti, saatnya akan tiba ketika tampilan casing tidak secantik ketika Anda membelinya untuk pertama kalinya. Selain muah kotor, casing HP dari silikon juga bisa berubah warna menjadi kekuning-kuningan.

HP casing dari plastik silikon, terutama jelly case dan putih (atau clear), akan sangat sulit dibersihkan ketika warnanya kuning. Jika tidak segera diatasi, kotoran yang menguning akan mengeras dan mengeras. Nah, kurang lebih sama dengan pakaian putih yang lambat laun akan menguning.

Ada banyak hal yang menyebabkan kasus silikon bisa cepat menguning. Beberapa dari mereka adalah karena lotion yang sering digunakan di tangan, keringat yang melekat pada casing, dan juga sinar ultraviolet. Tahukah Anda bahwa bahan silikon dapat menyerap cairan? Ini membuatnya sangat sulit ketika dibersihkan.

Selain itu, senyawa polimer, termasuk kain silikon, adalah bahan sensitif, jika terkena panas, oksidasi dan kotoran, material akan berubah warna menjadi kusam kekuning-kuningan. Proses ini tidak dapat diubah, sehingga hampir tidak mungkin bagi Anda untuk mengembalikannya kembali ke warna aslinya dengan bahan kimia apa pun.

Tidak ada cara untuk mengembalikan kekuningan silikon HP. Anda lebih baik membeli casing baru! "Atau saran yang lebih baik adalah menggunakan casing HP silikon gelap sehingga noda dan kotoran yang melekat pada silikon tidak jelas.

Memang, membeli silikon baru terasa lebih mudah dilakukan. Tetapi bagaimana jika casing HP adalah hadiah dari orang yang paling berharga (misalnya dari mantan pacar Anda * ehh)? Atau apakah model dan warna softcase terlalu sulit ditemukan meskipun Anda telah pergi ke berbagai tempat yang menjual casing silikon HP? Atau harga casing dibeli dengan harga tinggi?

Jika kasus silikon HP Anda tidak begitu kaku dan masih bisa digunakan, sebenarnya masih ada cara terbaik yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membersihkan warna kusam pada casing agar dapat digunakan kembali. Sama seperti cara membersihkan laptop. Lagi pula, jika solusinya cukup untuk membeli yang baru, mengapa kita harus menulis artikel ini? (;

Untuk mencegah menguningnya casing silikon, Anda harus menghindari sedapat mungkin dari paparan sinar matahari langsung. Jika Anda keluar dari rumah, Anda harus memasukkan HP Anda ke dalam saku atau tas ketika HP tidak digunakan. Juga, selalu bersihkan HP Anda jika terjatuh atau terkena kotoran. Anda cukup membersihkannya dengan kertas tisu sehari-hari. Jangan gunakan kertas HVS, apalagi kertas HVS yang berisi tesis Anda * lahh.


Meskipun cara-cara yang kami jelaskan di bawah bukan cara agar HP Android tidak melunak dalam perangkat lunak, tetapi cara-cara ini setidaknya dapat mempercantik tampilan HP Anda lagi. Nah, untuk perawatan lebih maksimal, Anda bisa mencoba cara membersihkan casing putih hp kuning di bawah ini.


  1. Langkah pertama dalam mengatasi casing silikon HP kuning yang menguning adalah menyiapkan peralatan yang diperlukan. Emosi seperti apa yang dibutuhkan? Pada pandangan pertama, alat yang dibutuhkan hampir sama dengan alat pembersihan layar HP biasa. Nah, berikut ini bahan-bahannya:
  2. Sikat gigi bekas. Jangan gunakan sikat gigi yang Anda gunakan setiap hari, apalagi menggunakan sikat gigi orang lain
  3. Baking soda secukupnya
  4. Air hangat
  5. 1 mangkok
  6. Alkohol. Tentu saja alkohol digunakan untuk keperluan medis. Bukan alkohol yang digunakan untuk minum ehemm
  7. Kapas halus
  8. Kain microfiber. Jika belum punya, Anda bisa menggunakan kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata lensa
  9. Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, tuangkan air hangat ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan baking soda secukupnya.
  10. Kemudian, aduk hingga merata.
  11. Setelah itu, masukkan casing silikon putih Anda ke dalam mangkuk yang sudah berisi larutan soda kue.
  12. Biarkan casing HP terendam untuk sementara waktu.
  13. Setelah beberapa saat, gosok silikon dengan lembut di rendam secara keseluruhan. Pastikan Anda menggosoknya sampai ke semua sudut casing HP silikon Anda. Jangan biarkan siapa pun yang tertinggal karena kotoran yang telah melekat padanya bisa hilang segera. Dengan menerapkan cara membersihkan casing hp putih kekuningan ini, maka casing silikon HP Anda akan terlihat seperti baru. Namun jika kotoran atau noda pada casing silikon sulit hilang, Anda bisa merendam casing telepon ke dalam larutan soda dengan waktu lama. Setelah itu, barulah Anda bisa menggosoknya dengan sikat gigi.
  14. Jika Anda merasa kotor, Anda bisa menggosoknya dengan meneteskan alkohol ke dalam kapas halus. Selain pembersihan, alkohol juga berfungsi sebagai anti-bakteri sehingga casing silikon HP Anda menjadi higienis lagi dan terlihat baru lagi.
  15. Sama seperti cara membersihkan kaca tempered, jika Anda merasa bahwa HP silicone case Anda bersih, Anda bisa mengeringkannya dengan kain bersih atau kain microfiber. Jangan gunakan hairdryer karena panas dari hairdryer dapat menyebabkan efek samping pada HP silicone case yang baru dibersihkan.
  16. Setelah itu, casing HP silikon Anda dapat digunakan kembali. Eitsss, pastikan dulu apakah kotak silikon benar-benar dalam kondisi kering ketika Anda meletakkannya kembali di HP Anda. Jangan sampai ada sisa air yang tertinggal, karena dapat menyebabkan HP Anda mudah rusak akibat konsleting listrik.
  17. Kami perlu mengingatkan Anda bahwa warna karet silikon yang dibersihkan tidak mungkin kembali bersih dan jernih seperti saat Anda membelinya. Tetapi dengan melakukan beberapa hal di atas, noda kuning dan bakteri dalam casing silikon HP Anda akan berkurang dan setidaknya kembali bersih.

Oh ya, sebagai pengganti baking soda, Anda juga bisa menggunakan body lotion, baby oil, jeruk nipis, atau pakaian pemutih sebagai alat untuk melakukan pembersihan HP kotor, terutama casing HP Anda yang berwarna putih dari kekuningan. Begitu banyak artikel kami kali ini seputar cara membersihkan casing putih hp kuning. Semoga artikel kami kali ini bisa menjadi referensi Anda untuk membersihkan HP Anda, terutama jika warna casing berwarna putih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar