--> Skip to main content

Laptop Mati Sendiri Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri dan Penyebabnya. Saat mengetik artikel menggunakan aplikasi pengolah kata di laptop, tiba-tiba laptop yang kita gunakan "mati". Sangat menyebalkan bukan? Untungnya beberapa aplikasi pengolah kata memiliki fitur autosave, jadi tugas terakhir kita akan disimpan walaupun tidak sempurna. Meski demikian, masih menjengkelkan, terutama ketika kita asyik bermain game online atau mengetik artikel langsung di situs web, laptop yang kita gunakan tiba-tiba mati dan artikel yang kita ketik belum tersimpan. Lalu, bagaimana cara mengatasi laptop yang mati sendiri? Sebelum kita membahas tentang cara mengatasinya, akan lebih baik jika kita mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu.

Beberapa penyebab laptop mati sendiri:

1. Baterai laptop rusak atau kemampuannya sudah mulai menurun

Energi listrik pada laptop sebagian besar bersumber dari baterai, ketika kapasitas baterai laptop mulai berkurang, biasanya sistem operasi Windows (atau sistem operasi lainnya) akan menampilkan peringatan untuk segera menghubungkan laptop dengan pengisi daya, jika tidak kita lakukan ketika daya baterai benar-benar habis, sistem operasi Windows akan mengaktifkan fitur hibernate (pada sistem operasi lain mungkin juga ada fitur yang mirip dengan hibernate mungkin hanya nama yang berbeda).
 Laptop Mati Sendiri Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketika kemampuan baterai laptop mulai menurun, kapasitas baterai laptop biasanya akan cepat habis, selain itu waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang (recharge) akan lebih lama dari biasanya. Ini juga mempengaruhi kemampuan sistem operasi untuk menampilkan peringatan baterai lemah dan hibernate, mungkin peringatan baterai lemah tidak ditampilkan dan laptop tiba-tiba hibernate karena daya baterai menurun dengan cepat sehingga jarak antara (sebut saja) kapasitas 5% ( atau 10%) dengan 0% hanya beberapa detik, dan waktu yang tersisa digunakan oleh sistem operasi windows untuk melakukan hibernate.

Namun, ketika baterai laptop benar-benar dalam keadaan "kritis", sistem operasi windows benar-benar tidak akan punya waktu untuk hibernasi sehingga laptop benar-benar mati, biasanya ini ditandai oleh daya baterai yang sangat pendek (mungkin hanya 5 menit atau 10 menit saja). Jadi, laptop tidak akan lama bertahan tanpa charger yang terus terhubung.

2. Debu menyumbat coolingpad (kipas pendingin) prosesor

Cooling pad atau pendingin merupakan komponen penting dalam laptop, karena perangkat elektronik (apa pun itu) menggunakan energi listrik untuk beroperasi, energi listrik dialirkan melalui komponen logam (misalnya kabel) yang ada dalam perangkat elektronik, logam adalah konduktor panas yang baik sehingga konsekuensi dari aliran energi listrik akan menghasilkan panas (panas) pada komponen elektronik, ketika satu komponen mangalami meningkatkan suhu, maka kinerja perangkat akan melambat, itu pasti sudah Anda alami ketika Anda bermain game di smatphone Anda di waktu yang lama untuk smartphone Anda panas dan permainan yang Anda mainkan menjadi "lag" (lambat / lambat).

Di situlah peran pendinginan di laptop, untuk menjaga perangkat dalam suhu normal dengan menurunkan suhu ketika komponen terlalu panas. Pendingin yang umumnya kipas bekerja dengan meniup angin pada logam sehingga logam akan mendingin (atau setidaknya lebih dingin daripada komponen suhu tinggi) dan menghubungkan logam dingin dengan prosesor. Karena pendingin menghembus angin, ada kemungkinan bahwa debu menumpuk di dalam pendingin, dan seiring waktu, debu menumpuk untuk menebalkan dan menghalangi putaran kipas, akibatnya proses pendinginan tidak dapat mengikuti kenaikan suhu dalam komponen, akhirnya komponen (misal prosesor) yang terlalu panas sehingga komputer akan mati dengan sendirinya (tiba-tiba), sebenarnya itu merupakan langkah antisipatif karena jika panas masih meningkatkan kemungkinan komponen akan meledak / terbakar.

3. RAM mengalami kerusakan atau “kaki RAM berkerak”

RAM memegang peranan penting dalam kinerja perangkat komputer, saat RAM mengalami masalah (tidak berfungsi) komputer akan sama sekali tidak dapat digunakan, tidak dapat booting bahkan tidak dapat mengakses BIOS.(Baca juga: Fungsi ROM , Penyebab Kerusakan RAM pada Laptop)

Oleh karena itu, saat RAM tiba-tiba bermasalah saat laptop sedang digunakan, laptop tidak dapat melanjutkan operasi karena memory utamanya tidak bekerja sehingga laptop akan mati dengan sendirinya secara tiba-tiba.(Baca juga: Perbedaan RAM dan ROM )

4. Sistem operasi yang bermasalah

Kegagalan sistem operasi merupakan masalah yang dapat menyebabkan suatu komputer mati sendiri atau restart sendiri, tidak dapat login, tidak dapat booting tapi tetap dapat mengakses BIOS. Banyak hal dapat mempengaruhi kegagalan sistem operasi dalam beroperasi diantaranya ada file system yang corrupt atau terhapus karena virus, driver yang bentrok, dan lain sebagainya.

Solusi Untuk Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Setelah kita mengenali penyebabnya, sekarang identifikasi penyebabnya sesuai dengan apa yang Anda alami, berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah laptop yang mati sendiri disebabkan oleh hal-hal seperti diuraikan di atas.

1.  Selalu bekerja dekat terminal (colokan) listrik dan charger

Ini untuk mengantisipasi komputer mati karena baterai rusak, selalu tutup charger Anda dan bekerja di dekat terminal listrik, sehingga ketika kapasitas baterai mulai menurun Anda dapat segera menghubungkan charger laptop Anda untuk mencegah laptop mati. Jika Anda yakin baterai laptop Anda adalah penyebab utama laptop mati, pertimbangkan untuk membeli baterai baru. Hal ini penting karena jika baterai yang tidak berfungsi normal masih digunakan dalam keadaan terhubung ke pengisi daya (menggunakan laptop dalam keadaan baterai sedang diisi) hanya akan menambah kerusakan pada baterai laptop Anda, akhirnya baterai laptop benar-benar dapat tidak menghemat daya sama sekali.

2.  Bersihkan debu dari cooling pad dengan mini vacum cleaner atau (setidaknya) kuas

Ini harus dilakukan secara rutin, tetapi tidak semua orang "berani" membuka laptop kasing untuk membersihkan pendingin prosesor di dalam, perlu keterampilan khusus untuk membuka laptop karena setiap laptop umumnya memiliki karakteristik tertentu, beberapa mengharuskan kita untuk membuka keyboard terlebih dahulu, ada yang bisa dibuka langsung dari dasar laptop, ada syarat bahwa kita membuka keseluruhan (bawah) laptop untuk dapat mengakses coolernya.

3. Bersihkan kaki RAM dari "kerak" dengan penghapus pensil

Penghapus? Ya, itu sederhana tetapi banyak teknisi telah membuktikan teknik ini. Cara kita mencabut RAM dari laptop kita, kemudian dengan lembut menggosok kaki RAM dengan penghapus, tujuannya adalah untuk membersihkan kerak yang timbul dari panas yang mempengaruhi logam (di kaki RAM) menjadi padat.

Langkah ini juga membutuhkan keterampilan khusus karena tidak semua orang berani membuka laptop dan merekam kasing RAM-nya.

4. Repair sistem operasi atau re-install bila perlu

Ya, untuk masalah sistem operasi kita umumnya masih dapat berlega hati karena kemungkinan tidak ada perangkat keras yang rusak sehingga dapat meminimalkan atau bahkan menghilangkan biaya pembelian perangkat keras baru, Anda dapat mempertimbangkan apakah Anda perlu menginstal ulanmg atau hanya perbaikan (dengan fitur perbaikan pada sistem operasi Windows).

Jika Anda tidak yakin untuk mengambil salah satu solusi di atas (misalnya "membongkar" laptop untuk membersihkannya), konsultasikan dengan orang yang ahli (seperti teknisi komputer).
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar