--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Window Error Loading Operating System Paling Mudah

Cara Memperbaiki Laptop / Komputer Window Error Loading Operating System Paling Mudah. Perangkat apa yang saat ini dimiliki oleh hampir semua orang di seluruh dunia? Telepon genggam? Memang benar, tetapi untuk artikel ini kita akan fokus pada perangkat lain, yaitu laptop. Apakah Anda menyadarinya atau tidak, laptop hari ini telah menjadi salah satu perangkat keras yang paling umum dimiliki dan digunakan oleh berbagai macam orang, dari anak kecil, remaja, orang tua, dan tentu saja mereka yang merupakan tulang punggung keluarga.

Evolusi komputer rumah ke laptop dapat dinilai memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap pola kehidupan dan pola kerja manusia pada umumnya. Laptop menjadi alat penting di dunia kerja, sekolah, dan sebagainya. Hampir semua siswa, atau siswa, menggunakan laptop untuk melakukan tugas belajar atau hanya untuk belajar bahkan untuk menonton film dan kegiatan menyegarkan lainnya. Meski begitu, hampir semua orang dewasa menggunakan laptop untuk melakukan tugasnya.
Cara Memperbaiki Window Error Loading Operating System Paling Mudah

Untuk alasan di atas, maka setiap orang setidaknya harus memiliki kemampuan untuk mengatasi laptop saat terjadi kesalahan laptop yang memuat sistem operasi. Mengapa demikian? Karena jika kesalahan terjadi maka setiap pekerjaan atau aktivitas yang menggunakan laptop akan terhambat. Bagaimana tidak masuk ke sistem operasi saja tidak bisa. Oleh karena itu dalam artikel berikut ini kita akan membahas trik atau cara mengatasi kesalahan laptop yang memuat sistem operasi yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah yang tidak merespons pada laptop Anda.

Apa saja cara tersebut? Simak di bawah ini ya!

1. Instal ulang Windows

Adanya kesalahan pemuatan sistem operasi biasanya disebabkan karena dalam proses membuka atau memuat file untuk menjalankan sistem operasi terjadi berbagai macam masalah, seperti file rusak, tidak terdeteksi, rusak, ketidakstabilan HDD dan lain sebagainya. Salah satu solusi yang bisa Anda terapkan ketika mengalami fenomena pemuatan sistem operasi, dan telah memastikan kondisi HDD, listrik, RAM dll yang baik, maka kemungkinan besar sistem file yang ditulis di HDDmu rusak.

Kerusakan pada sistem file itu sendiri dapat terjadi karena banyak hal, baik terhapus oleh virus maupun malware, terhapus oleh pengguna, dan lain sebagainya. Apapun penyebabnya, jika sistem file terhapus pasti Anda harus melakukan restorasi. Jika restorasi tidak memungkinkan, maka tentu saja jalan yang perlu Anda lakukan adalah menginstal ulang sistem operasi Windows yang Anda miliki.

Menginstal ulang Windows membutuhkan waktu sendirian. Namun, hasil yang akan Anda dapatkan dapat dianggap tepat karena dengan menginstal ulang Windows, masalah kesalahan pemuatan sistem operasi dapat diselesaikan dengan benar.

2. Reset pengaturan BIOS

Terkadang, pengaturan BIOS dapat menyebabkan sistem operasi mengalami kesalahan saat memuat sistem. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengatur ulang pengaturan BIOS laptop Anda agar kembali seperti biasa.

Untuk mereset pengaturan BIOS, apa yang perlu dilakukan cukup mudah, dan hampir semua produsen pasti memberikan cara atau panduan untuk melakukan pengaturan BIOS untuk kembali ke pengaturan awal. Karena itu Anda cukup menjelajah internet.

3. Restart laptop yang kamu miliki

Kesalahan saat memuat masalah sistem operasi terkadang dapat Anda atasi dengan mengatur ulang atau memulai ulang laptop yang Anda miliki. Ini mungkin tidak selalu berfungsi, yang sebenarnya adalah tanda bahwa masalah sistem kesalahan yang dialami laptop Anda bisa jadi penyebabnya ada di HDD. Namun, jika Anda perlu melakukan sesuatu dengan cepat, memulai ulang atau mereset sistem operasi terkadang dapat membantu dalam jangka pendek.

Tapi Anda perlu menyadari bahwa solusi restart ini Anda tidak akan dapat sepenuhnya memecahkan masalah kesalahan memuat sistem operasi yang dialami oleh laptop Anda. Karena itu Anda tidak boleh berhenti menggunakan langkah ini sendirian.

4. Memperbaiki sistem kelistrikan laptop atau tempat mencolokkan charger laptopmu

Salah satu masalah yang dapat membuat sistem mengalami kesalahan saat memuat adalah ketika ada gangguan arus listrik yang dapat membuat pasokan listrik ke berbagai perangkat laptop tidak optimal. Oleh karena itu Anda dapat memeriksa terlebih dahulu apakah tegangan baterai Anda stabil, atau tegangan tempat Anda untuk menjaga baterai laptop Anda tetap stabil. Jika sudah pasti tidak stabil maka Anda dapat beralih ke catu daya yang lebih stabil atau dalam beberapa kasus dapat mengganti baterai atau kabel listrik pada motherboard Anda.

5. Mengganti HDD

HDD memiliki potensi untuk mengalami kerusakan seperti perangkat komputer lainnya. Salah satu cacat yang bisa dialami pada HDD adalah kerusakan pada partisi atau sektor penyimpanan yang dimiliki olehnya, atau disebut juga bad sector. Masalah ini dapat menyebabkan laptop Anda mengalami berbagai masalah, dari lambat, mudah tidak merespons, dan dalam beberapa kasus tidak dapat membuka sistem operasi atau kesalahan saat memuat sistem operasi.

Jika Anda memiliki laptop yang sudah tua, terutama HDDnya, tidak ada salahnya untuk memeriksa kesehatan hard drive Anda dan mencari tahu apakah ada bad sector yang terdapat di HDD Anda. Jika banyak sektor buruk terdeteksi di HDD Anda, maka itu telah menjadi tanda yang jelas bahwa HDD Anda harus segera diganti.

Mengganti HDD tentu membutuhkan banyak uang. Jika itu masalah utama di laptop Anda sehingga sering terjadi kesalahan saat memuat sistem operasi, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai menabung mulai dari sekarang dan membeli HDD beberapa bulan ke depan. Harga HDD saat ini sudah mulai menurun, karena sudah ada SSD yang jauh lebih tahan lama jika dibandingkan dengan HDD. Anda juga dapat menggantinya langsung dengan SSD, jika Anda benar-benar menginginkannya.

6. Merecovery system dengan recovery console

Sistem pemulihan bertahap, dapat membantu Anda memecahkan masalah kesalahan saat memuat sistem operasi jika disebabkan karena file sistem yang rusak dan masih berpotensi disembuhkan dengan menimpanya dari sumber instalasi Windows Anda. Namun, tingkat keberhasilan cara ini sangat bergantung pada kompatibilitas antara sumber instalasi Windows dan sistem Windows yang Anda miliki. Versi Windows yang berbeda meskipun Windows 10, misalnya, tidak akan dapat membuat Anda memulihkan file sistem.

7. Refresh BIOS / cabut pasang kembali HDD

Kadang-kadang koneksi motherboard ke HDD memiliki masalah bukan karena HDD rusak, tetapi karena guncangan atau masalah tertentu yang membuat kabel sambungan HDD bergeser. Masalah ini dapat menyebabkan kesalahan sistem operasi pemuatan. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat me-refresh koneksi HDD di BIOS, atau melakukannya secara manual dengan membongkar laptop Anda kemudian mencabut dan menginstal ulang koneksi HDD ke motherboard.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kesalahan laptop yang memuat sistem operasi yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Semoga dengan melakukan cara di atas Anda bisa menyelesaikan masalah errormu ya. Terus kunjungi DosenIT sehingga Anda dapat memiliki pengetahuan baru tentang komputer setiap hari.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar