--> Skip to main content

Cara Membuat Virtual Memory di Windows - Kelebihan dan Kekurangan Virtual Memori

Cara Membuat Virtual Memory di Windows. Satu hal penting yang tidak dapat dilupakan dari komputer atau sistem operasi yang Anda miliki adalah memori virtual. Hal yang satu ini sama pentingnya dengan memori RAM itu sendiri, tentu saja dengan beberapa perbedaan signifikan yang membuat kinerja RAM tidak akan diganti dengan memori virtual. Namun, memori virtual penting untuk diperhatikan. Itu sebabnya pengguna komputer setidaknya perlu tahu cara membuat virtual memory di berbagai sistem operasi agar lebih sesuai dengan kebutuhannya. Dalam hal ini kita akan berlatih di sistem operasi Windows. Sebelumnya, ada baiknya jika Anda mengetahui tentang memori virtual dan fungsi memori virtual.

Sekilas tentang Virtual Memory

Tentu saja bagus jika kita memulai artikel ini dengan berbicara tentang apa itu memori virtual, jadi kita berdua bisa tahu bahwa memori virtual cukup penting untuk komputer atau sistem operasi. Jadi, apa itu memori virtual dan apa fungsinya di komputer kita?

Cara Membuat Virtual Memory di Windows

Secara sederhana, virtual memory adalah virtual memory yang dimiliki oleh Windows atau sistem operasi lain. Seperti namanya, memori ini tidak memiliki bentuk fisik karena meminjam atau menggunakan ruang kosong pada hard disk yang tersedia di komputer Anda. Ini berguna jika kita ingin menjalankan aplikasi yang membutuhkan RAM sangat besar, tetapi jumlah RAM yang dimiliki terbatas. Dengan demikian, karena jumlah RAM yang mendekati, komputer akan menggunakan virtual memory sebagai cadangan RAM yang akan digunakan untuk memproses aplikasi yang Anda inginkan.

Oleh karena itu, sebagian besar memori virtual digunakan pada komputer yang memiliki jumlah RAM yang relatif kecil, kurang dari empat gigabyte. Sementara komputer atau laptop yang memiliki jumlah RAM lebih besar dari itu, biasanya tidak terlalu membutuhkan virtual memory atau virtual memory. Anda dapat membaca tentang cara mengatasi memori virtual yang rendah untuk mengetahui lebih detail.

Mengatur Memori Virtual

Jadi bagaimana kita bisa mengatur memori virtual agar sesuai dengan kebutuhan kita? Tentunya kita bisa menggunakan cara membuat virtual memory yang tepat untuk kebutuhan kita sehingga kita bisa menggunakan sumber daya komputer yang kita miliki dengan maksimal.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat memori virtual ini, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:


  • Klik kanan pada Computer lalu klik Properties
  • Pilih Pengaturan Sistem Lanjut di sebelah kiri
  • Klik Pengaturan pada menu Kinerja
  • Klik Advance pada menu Tab dan klik Ubah

Untuk menentukan berapa banyak memori virtual yang Anda butuhkan, maka Anda perlu mempertimbangkan ruang hard disk yang Anda miliki dan berapa banyak jumlah RAM yang Anda miliki. Secara umum ada berbagai kombinasi virtual memory yang bisa kita coba, bisa sepuluh persen dari hard drive, dua puluh persen dari harddisk dan lain sebagainya.

Tentu saja semakin besar kapasitas hard drive Anda, semakin besar memori virtual yang bisa dibuat. Namun, semakin besar RAM, semakin kecil Virtual Memory yang perlu dibuat. Jadi pilih dengan berjalan kaki. Secara umum Memori Virtual berukuran tiga hingga empat giga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Jumlah memori virtual dapat menjadi alternatif bagi Anda sebagai cara mengatasi laptop yang tidak merespons.

Setelah Anda mengubah pengaturan nomor memori virtual ini, maka Anda harus memulai ulang sehingga sistem operasi Anda dapat menjalankan pengaturan baru di sesi berikutnya.

Untuk menentukan apakah pengaturan kami berhasil atau tidak, maka kita dapat menggunakan aplikasi seperti Spaccy untuk melihat jumlah memori virtual yang dimiliki oleh sistem operasi Windows yang kita jalankan. Caranya sederhana, Anda hanya perlu membuka Spaccy kemudian klik RAM, itu akan menampilkan detail dari jumlah virtual memory dan lain sebagainya. Selain melakukan ini, kita juga dapat memeriksanya dengan melihat apakah ada perubahan ruang kosong pada hard drive atau tidak setelah memori virtual yang dimodifikasi. Dengan memperhatikan bahwa ada perubahan dalam jumlah ruang hard disk bebas yang sesuai dengan jumlah memori virtual yang Anda buat, maka itu bisa berarti pengaturan Anda berhasil.

Keuntungan dan Kekurangan Virtual Memori
Ada baiknya jika Anda juga mengetahui kelebihan dan kekurangan virtual memory dengan lebih detail sehingga Anda dapat menggunakannya dengan baik. Tentunya mengetahui cara membuat virtual memory saja tidak akan menjamin bahwa kita bisa mengaturnya atau menggunakannya dengan benar bukan? Sebagai wawasan penting, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan memori virtual.

1. Kecepatan Relatif Rendah

Salah satu kekurangan dari memori virtual adalah kecepatannya yang relatif rendah jika dibandingkan dengan RAM asli. Tentu saja ini karena bentuk koneksi fisik yang dimiliki oleh virtual memory sebenarnya mengandalkan kecepatan baca harddisk. Secara teoritis, tentu saja kinerja hard disk atau SSD yang Anda miliki akan lebih cepat jika kecepatan hard drive Anda juga lebih cepat. Namun, sejauh ini, bahkan jika Anda memiliki hard drive atau SSD dengan kecepatan tertinggi, kecepatan akses RAM akan tetap jauh lebih cepat sehingga jika Anda menginginkan kecepatan memori yang baik, menambahkan RAM adalah pilihan utama. Namun, Anda dapat mencoba ini sebagai cara untuk meningkatkan kinerja laptop yang memiliki RAM kecil.

2. Harga adalah "Gratis"

Meski kecepatannya tidak terlalu cepat, tetapi virtual memory bisa menjadi pilihan jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli RAM baru. Apalagi jika Anda tidak terlalu membutuhkan jumlah RAM yang begitu besar untuk melakukan aktivitas Anda sehari-hari. Dengan demikian, virtual memory dapat membantu Anda ketika ada kondisi di luar kebiasaan penggunaan komputer Anda. Dengan memanfaatkan memori virtual, Anda bisa mendapatkan bantuan yang cukup penting untuk prosesor Anda ketika mencoba menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan secara gratis.

3. Rawan Lemot tetapi Bisa Diatur sesuai Kebutuhan

Salah satu kelemahan lain dari memori virtual adalah kerentanan komputer untuk mengalami lambat, karena kecepatan akses relatif masih cukup lambat. Namun, jumlah memori virtual dapat diatur sesuai kebutuhan Anda, inilah yang bisa menjadi kelebihan bila dibandingkan dengan ukuran RAM yang tidak bisa diubah karena sudah diatur sesuai perangkat keras yang dibuat oleh pabrikan.

Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui tentang memori virtual. Dengan melihat sekilas bagaimana cara membuat virtual memory bersama dengan beberapa hal lain tentang virtual memory di atas, tentu kita dapat memanfaatkan virtual memory yang dimiliki oleh Windows lebih baik. Kita dapat menyimpulkan bahwa memori virtual dapat membantu kita mengatasi kondisi ekstrim ketika komputer kita kekurangan memori, tetapi jika Anda ingin mendapatkan kinerja yang lebih baik maka mencari atau memasang RAM baru atau tambahan adalah pilihan yang lebih tepat. Jangan lupa pelajari penyebab cepatnya full RAM sehingga Anda juga bisa mengelola masalah RAM ya.

Selamat menggunakan virtual memory!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar