--> Skip to main content

Cara Membuat Antivirus di Flashdisk Dijamin Kebal Virus

Cara Membuat Antivirus di Flashdisk Dijamin Kebal Virus. Mungkin, banyak dari Anda yang membaca artikel ini sudah mengetahui potensi bahaya keamanan saat menggunakan komputer atau laptop yang satu ini. Yup, virus komputer. Banyak varian virus yang menyerang komputer atau laptop Anda, mulai dari spyware, worm, dan trojan. Bahaya virus komputer dapat bervariasi, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar. Bahkan bisa mengarah ke kejahatan keuangan. Sudah banyak beberapa virus komputer paling mematikan di dunia yang telah membuat sebagian teknologi dunia dan sektor keuangan terpukul oleh kekacauan. Salah satunya adalah ransomware.

Virus-virus ini bisa datang kapan saja. Mereka mungkin datang ketika Anda menjelajahi internet, melakukan tugas kuliah, melakukan pekerjaan, atau mungkin saat Anda bermain game di komputer atau laptop.

Mereka juga dapat berasal dari mana saja, dari iklan yang secara tidak sengaja Anda klik di internet, file yang terkontaminasi virus, atau dari USB flash disk yang Anda hubungkan ke komputer atau laptop Anda. Virus-virus ini dapat dieja kapan dan dimanapun ketika Anda menggunakan komputer atau laptop.
Cara Membuat Antivirus di Flashdisk Dijamin Kebal Virus

Bagaimana cara mencegahnya? Atau jika komputer Anda sudah terpengaruh, bagaimana cara menghapus malware virus? Anda harus tahu bahwa cara mencegah komputer dari mendapatkan virus adalah menginstal perangkat lunak antivirus. Umumnya, perangkat lunak antivirus diinstal langsung ke PC. Banyak varian perangkat lunak antivirus yang dapat Anda instal di komputer atau laptop Anda. Setiap antivirus memiliki kelebihan tersendiri, dan bisa jadi salah satu referensi Anda dalam memilih antivirus.

Namun, ternyata bukan hanya komputer atau laptop yang bisa dipasang antivirus. Flash disk yang biasanya kita gunakan untuk menyimpan data juga dapat benar-benar menginstal perangkat lunak antivirus. Keuntungan menginstal antivirus pada flash disk lebih ringan karena perangkat lunak tidak langsung diinstal pada PC, dan juga lebih praktis karena Anda dapat mendeteksi virus di komputer atau laptop lain hanya dengan menggunakan satu perangkat flash disk saja.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan akan memberikan informasi tentang cara membuat flash menjadi antivirus bagi Anda yang ingin menggunakan flash yang Anda miliki sebagai antivirus. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat antivirus secara flash. Berikut langkahnya:

1. Buat file autorun Anda sendiri dalam flash

Beberapa virus sering menargetkan file Autorun yang biasanya ada di beberapa flash. File Autorun ini adalah file yang berisi hal-hal yang sistem lakukan ketika flash terhubung ke komputer atau laptop melalui port USB. Biasanya, virus komputer akan mencoba mentransfer virus dari komputer yang terinfeksi ke flash yang terhubung. Nah, ketika flash yang terinfeksi terhubung ke komputer atau laptop Anda, maka virus akan masuk kecuali ada tindakan pencegahan dari komputer atau laptop Anda.

Langkah-langkah di bawah ini adalah cara untuk membuat antivirus yang tertanam dalam file Autorun pada flash disk Anda. Sebagai catatan, file Autorun ini hanya memuat perintah ke sistem untuk menjalankan program tertentu sesuai dengan isi file Autorun ini. Artinya, laptop atau komputer Anda harus telah menginstal setidaknya satu antivirus agar cara ini berfungsi. Atau pastikan antivirus Anda sudah memiliki antivirus sendiri. Di sini, langkah-langkahnya:


  • Buka program Notepad pada Windows Anda. Pertama, dari desktop Windows Anda, klik Start > All Programs
  • Pilih bagian Accessories
  • Pilih Notepad

Atau ada cara lain untuk membuka Notepad pada Windows adalah sebagai berikut:


  • Klik Run untuk pengguna Windows XP atau tekan tombol ikon Windows + R pada keyboard
  • Jika sudah masuk ke jendela Run, lalu anda tuliskan “notepad” lalu tekan Enter pada keyboard

Setelah jendela Notepad muncul pada layar, Anda copy-kan script Autorun di bawah ini:

[Autorun]
open=<nama program antivirus yang Anda gunakan>.exe
shellexecute=<nama program antivirus yang Anda gunakan>.exe
shellProses_Scan_Virus_Dimulai!!! command=<nama program antivirus yang Anda gunakan>.exe
shell=Proses_Scan_Virus_Dimulai!!!

Catatan: Ganti <nama program antivirus yang Anda gunakan> dengan nama program antivirus di folder instalasi perangkat lunak antivirus di komputer atau laptop Anda. Ganti juga "Process_Scan_Virus_Dimulai !!!" dengan kalimat lain sesuai keinginan tanpa karakter spasi.

Setelah script di atas disalin di Notepad, maka Anda tinggal menyimpan skrip yang Anda salin sebelumnya. Caranya::


  • Tekan tombol Ctrl + S pada keyboard atau pilih File > Save
  • Ketika layar komputer Anda menampilkan jendela penyimpanan file, berikan nama script yang sudah Anda copy tersebut dengan nama “autorun.inf ” (tanpa tanda kutip)
  • Klik tombol Save

Setelah file Autorun tadi disimpan, Anda copy-kan file tersebut ke flash disk yang terhubung pada komputer atua laptop Anda. Pastikan Anda meng-copy file tersebut tidak di dalam folder agar langsung terbaca oleh sistem.

Sekarang Anda bisa mencoba file ini ketika flash disk dihubungkan ke laptop atau komputer Anda. Berikut langkah-langkahnya:


  • Pilih flash disk Anda pada Windows Explorer
  • Atau klik kanan pada flash disk tersebut. Nantinya, di atas tulisan Search akan ada tulisan “Proses_Scan_Virus_Dimulai”. Nah, klik tulisan tersebut.

Keberadaan file Autorun di flashdisk biasnya cukup “mengganggu” bagi sebagian kalangan. Jika Anda termasuk kalangan tersebut, Anda bisa kok menyembunyikan file Autorun ini. Caranya adalah sebagai berikut:


  • Buka jendela Run dari Start Menu dengan cara tekan ikon Windows + R dari keyboard
  • Kemudian, ketik “cmd” dan tekan Enter pada keyboard untuk membuka Command Prompt.
  • Setelah jendela Command Prompt terbuka, cek partisi yang flashdisk Anda gunakan di Windows Explorer.
  • Jika sudah tahu partisi yang flashdisk Anda gunakan, masuklah ke dalam drive flashdisk. Caranya ketik “<partisi flashdisk Anda>:”. Contoh, jika flashdisk Anda berada di partisi F:, maka ketik “f:”
  • Setelah berhasil masuk, tuliskan command berikut:
  • “f:>attrib +s +h namaantivirus.exe” (untuk hidden antivirus)
  • “f:>attrib +s +h autorun.inf” (untuk hidden file autorun.inf)


Biasanya, metode ini digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan virus Autorun pada flashdisk Anda.

2. Menggunakan software pihak ketiga

Selain menggunakan file Autorun, Anda juga bisa menggunakan software antivirus pihak ketiga sebagai antivirus pada flashdisk Anda. Berikut langkah-langkah untuk menginstal software antivirus pada flashdisk Anda:

  • Download antivirus Mx One yang tersedia di internet. Karena website perilisnya masih menggunakan Bahasa Spanyol, pilih Mx One Antivirus Para USB.
  • Colokkan flashdisk yang akan Anda instalkan antivirus ke port USB komputer atau laptop Anda.
  • Buka file RAR berisi antivirus yang sudah Anda download tadi.
  • Buka file installer USB dari RAR tersebut.
  • Setelah program installer terbuka, pilih bahasa instalasi, lalu klik OK.
  • Klik tombol Next.
  • Pilih perangkat atau flashdisk yang akan Anda gunakan sebagai antivirus. Lalu klik tombol Next.
  • Tunggu sampai instalasi selesai.
  • Klik Finish.

Jika perangkat lunak antivirus berhasil diinstal pada flash Anda, sekarang Anda dapat menggunakan flash sebagai antivirus. Cara mengaktifkannya adalah membuka flash pada Windows Explorer, lalu buka aplikasi Mx One.exe.

Sekarang, flashdisk Anda bisa digunakan untuk menghapus virus. Entah menggunakan metode pertama atau kedua, yang penting, flash antivirus ini dapat digunakan untuk mendeteksi virus di komputer atau laptop, teman atau keluarga Anda. Jika komputer atau laptop Anda sudah menunjukkan karakteristik komputer yang terkena virus, segera gunakan flash antivirus yang baru saja Anda buat. Begitu banyak artikel kami kali ini tentang cara membuat flash menjadi antivirus. Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar