--> Skip to main content

7 Cara Menghidupkan / Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Secara Mudah

Cara Menghidupkan / Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Secara Mudah. Bluetooth adalah PC perifer pendukung, laptop. atau perangkat seluler yang berfungsi untuk mentransfer atau mengirim dan menerima data dari pc atau laptop ke smartphone atau sebaliknya. Termasuk tetapi tidak terbatas pada konektivitas antara pc, laptop, smartphone, dan berbagai perangkat atau gadget lain yang menyematkan fitur bluetooth ini. Bluetooth sendiri hingga ini paling tidak sudah mencapai versi 4, yang berarti dukungan kecepatan baca tulis lebih tinggi dari versi sebelumnya, versi 3. Meski begitu, kami perlu memastikan bahwa versi bluetooth tertanam di perangkat Kami sudah menggunakan bluetooth dengan versi terbaru. Jika tidak, Anda dapat yakin bahwa versi bluetooth yang digunakan mungkin masih versi 3.

Fungsi bluetooth pada laptop itu sendiri sama dengan fungsi bluetooth di komputer. Yang perlu diperhatikan dari cara menyalakan laptop bluetooth adalah sebagai berikut:


  • Instalasi driver. Untuk perangkat bluetooth dengan jenis dongle usb di komputer atau laptop Anda, pastikan driver dongle terpasang dengan benar. Meski begitu, tidak semua bluetooth usb dongles memerlukan instalasi driver khusus, ada beberapa produk bluetooth dongle usb yang biasanya dapat dijalankan dengan driver blutooth generik dari os windows mereka sendiri; mode temukan. Pastikan mode penemuan diaktifkan untuk perangkat agar dikenali oleh perangkat lain atau perangkat Bluetooth.


1. Proses Inisialisasi

Cara menyalakan bluetooth pada laptop pertama adalah proses inisialisasi atau pengecekan pada laptop, apakah laptop sudah memiliki perangkat bluetooth built-in atau tidak. Pengecekan dilakukan dengan melihat pada fisik laptop, apakah ada keterangan bluetooth, kemudian pada deretan tombol fungsi apakah ada tombol dengan ikon bluetooth atau tidak. Jika tidak ada maka dapat dipastikan bahwa fungsi bluetooth internal tidak disesuaikan dan kita harus membeli perangkat usb dongle untuk bluetooth.

2. Melalui tombol

Untuk laptop yang dilengkapi bluetooth, fungsi on / off dari bluetooth itu sendiri dapat diakses melalui fungsi tombol f1 hingga f12 pada laptop (tombol F1 ke F2 ditekan bersamaan dengan menahan tombol fn di sebelah kanan ctrl kunci kiri umumnya). Untuk menghidupkan atau mematikan fungsi bluetooth, cukup dengan menekan tombol kombinasi fungsi, biasanya untuk tombol fungsi bluetooth terdapat ikon bluetooth di sebelah tombol / F4 atau F5. Setelah menyalakan tombol, ikon bluetooth akan muncul di systray baki jendela, paling kanan dari bilah tugas. Jika ikon bluetooth muncul, menunjukkan fungsi bluetooth aktif dan dapat digunakan untuk mentransfer data apa pun, baik mengirim atau menerima data dari dan ke perangkat lain.

3. Persiapkan Bluetooth USB Dongle

Langkah ketiga cara menyalakan bluetooth di laptop adalah dengan menggunakan bluetooth dongle, untuk laptop yang tidak memiliki dukungan bluetooth internal, seperti asus a42f product) Bluetooth USB Dongle ada yang memiliki bentuk fisik kecil atau mini, atau seperti flash dengan antena penerima , bentuk sedikit lebih besar. Untuk pemasangannya sendiri relatif mudah. Jika pembelian dongle USB termasuk CD driver, pertama-tama instal CD driver yang ada, cukup pasang dongle USB Bluetooth ke pc atau laptop Anda melalui port USB.

4. Memasang Driver Bluetooth melalui CD

Langkah selanjutnya adalah, instal driver bluetooth. Kedua laptop yang memiliki dukungan bluetooth internal dan laptop yang akan menggunakan usb dongle untuk bluetooth, harus dilakukan instalasi driver pertama agar dapat bekerja, masalah bluetooth yang sama dengan perangkat nirkabel lainnya, seperti penyebab mouse nirkabel tidak berfungsi.


Biasanya laptop dengan dukungan bluetooth internal, sudah menyediakan driver untuk diunduh melalui situs resminya, untuk dongle yang memiliki driver cd, diinstal terlebih dahulu. Cara menginstalnya adalah sebagai berikut:



  • Akses Device Manager;
  • Pada tampilan system manager, klik other devices, -> klik kanan ikon bluetooth peripheral device;
  • Klik upate driver software;
  • Pilih opsi browse my computer for driver software -> lalu klik let me pick from a list of device drivers on my computer;
  • Pilih radio button bluetooth radios;
  • Pada list manufacturer -> pilih microsoft corporation, pada list model -> pilih windows Mobile-based device support;
  • Jika muncul mesage yang menyatakan konfirmasi verifikasi signature driver, diabaikan saja, dengan mengklik Yes;
  • Setelah proses instalasi sudah selesai, kembalie device manager, klik kanan ikon computer pada node device teratas -> klik scan for hardware changes;
  • Klik pada node bluetooth radios, jika muncul list device radio dengan tanda seru kuning yang sudah menghilang. Tandanya instalasi berhasil;

5. Download driver

Langkah ini dibutuhkan untuk dongle usb bluetooth yang tidak menyediakan driver bawaan pada paket penjualannya. Sehingga Kita perlu melakukan instalasi manual driver dengan cara mendownload driver bluetooth melalui internet.

Untuk download driver sendiri langkahnya adalah sbb :

  • Buka website vendor produk, dan cari bagian download driver;
  • Download driver yang bersangkutan;
  • Simpan hasil download ke folder di C: atau D;
  • Jika file hasil download merupakan self installation, maka instalasi bisa dijalankan dengan menggunakan file setup.exe, atau install.exe;
  • Jika file hasil download merupakan file instalasi berisi inf atau file informasi driver terkait, maka instalasi perlu dilakukan melalui tool device manager windos, dengan cara menginclude file tersebut di windows agar terbaca dan terinstal sebagai bagian dari drviver windows;
6. Instal driver
Langkah ini dilakukan dengan menginstal driver bluetooth yang telah diunduh sebelumnya, juga dapat menggunakan perangkat lunak pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet. Instalasi dapat dilakukan melalui panel kontrol di bagian device manager, atau menggunakan media setup.exe jika driver yang diunduh termasuk penginstal windows.

7. Melalui Windows Taskbar

Berikut adalah langkah terakhir cara menyalakan bluetooth di laptop, yaitu untuk aktivasi bluetooth yang dilakukan setelah sebelumnya diasumsikan bahwa proses instalasi driver bluetooth telah berhasil, dongle usb bluetooth telah berfungsi, dan layanan bluetoth telah aktif yanh ditandai dengan keberadaan icon bluetooth dalam sistem. tray dengan warna biru, tepatnya di ujung kanan taskbar windows, jika tidak muncul coba klik tanda panah yang merupakan system tray untuk melihat item yang tersembunyi.
7 Cara Menghidupkan / Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Secara Mudah

Menu konfigurasi dan pengiriman data terima-terima dilakukan melalui ikon ini, dengan mengklik kanan ikon dan memilih dari submenu yang muncul. Selain itu, untuk mengirim file atau folder langsung dari jendela windows explorer, dapat dilakukan dengan klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda pindahkan, dan klik kirim ke perangkat bluetooth, untuk mengirim data via perangkat bluetooth yang tersedia.

Demikian ulasan artikel cara menyalakan bluetooth pada laptop ini, untuk troubleshooting lebih lanjut, harus dilakukan cara mengatasi perangkat periferal bluetooth. Semoga artikel ini telah ditulis untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan bagi pembaca dalam hal menambah referensi pengetahuan tentang penanganan perangkat berbasis bluetooth ini, terutama dalam hal menginisialisasi perangkat bluetooth baru akan terhubung ke pc atau laptop. Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar