--> Skip to main content

10 Langkah Cara menghubungkan TV ke Proyektor Dengan Mudah

Langkah Cara menghubungkan TV ke Proyektor Dengan Mudah. Ingin menghubungkan TV Anda ke proyektor tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Dengan mengetahui cara menyambungkan TV ke proyektor kita dapat menonton program yang ada di siaran TV dengan suasana baru. Terutama di musim menonton bersama baik menonton bola atau menonton balap GP.

Dengan menonton melalui proyektor kita dapat menonton bersama dengan banyak orang dan ini akan membuat tontonan kita menjadi lebih menarik. Fungsi LCD proyektor sendiri adalah untuk membantu menampilkan gambar yang diproyeksikan dari komputer ke bidang seperti layar yang cukup lebar.
10 Langkah Cara menghubungkan TV ke Proyektor Dengan Mudah

Entah itu untuk sebagai alat dalam rapat, belajar, hingga pertunjukan bersama. Proyektor itu sendiri tidak dapat dirilis dalam kehidupan sehari-hari di dunia modern. TV dan proyektor dapat digunakan sebagai perangkat input dan output komputer.

Di sini saya ingin berbagi tentang cara menyambungkan TV ke proyektor. Untuk membuat koneksi ini ada beberapa hal yang Anda perlukan untuk menyelesaikan koneksi ini. Mulai dari proyektor yang akan Anda gunakan dan jenis kabel yang akan digunakan nantinya. Berikut beberapa langkah - langka untuk menghubungkan TV ke proyektor.


  1. Pertama lihat panduan penggunaan dari proyektor yang anda akan gunakan. Hal ini perlu diperhatikan untuk mengetahui bagaimana pengaturan yang tepat untuk penyambungan proyektornya.
  2. Hubungkan kabel yang ada dari jack video out di belakang tv menuju ke jack video in dibelakang bagian proyektor. Tipe koneksi yang ada akan bergantung pada kedua model yang ada pada tv dan proyektor anda. Koneksi yang umum digunakan termasuk RCA, dan HDMI. Fungsi kabel HDMI disini akan membantu untuk input dari sumber TV ke bagian proyektor. Untuk tv keluaran baru seringkali menggunakan kabel HDMI sedangkan untuk TV keluaran lama biasanya menggunakan kabel RCA.
  3. Jenis tipe kabel yang digunakan akan tergantung pada jenis tipe koneksi yang akan anda buat. Anda bisa mencoba untuk menghubungkan Jack “Video Out” RCA pada bagian belakang TV menuju ke bagian jack “Video in” pada belakang proyektor. Kebanyakan proyektor baru telah menyertakan koneksi kabel RCA.
  4. Nyalakan TV anda.
  5. Kemudian tentukan setting TV anda dengan menggunakan remot atau kontrol yang ada pada TV. Cari pengaturan yang menunjukkan “Enable Video Out” atau “Auxiliary Video Out” dan atur pengaturan tersebut menjadi “On”
  6. Nyalakan Proyektor anda.
  7. Setelah itu tekan “Menu” atau tombol “Setting” pada proyektor untuk mengakses menu setting yang ada. Ganti  “Input Source” kepada jack yang sesuai dengan proyektor yang tepat dimana anda bisa menghubungkan video dengan proyektor. Jika ada permasalahan coba perhatikan gejala – gejala penyebab monitor no signal detected. Permasalahan itu merupakan salah satu permasalahan yang kadang muncul pada proyektor.
  8. Apabila belum terdeteksi , silahkan coba untuk tekan tombol source pada proyektor. Tunggu sampai proyektornya menemukan av port.
  9. Jika sudah nantinya tayangan yang dalam TV akan muncul dalam proyeksi dari proyektornya.
  10. Siapkan tempat yang nyaman dan anda bisa menyaksikan tayangan yang anda inginkan pada proyektor anda. Untuk dapat memberikan suasana yang lebih asik anda dapat mencoba untuk mengurangi cahaya disekitar anda.

Dalam langkah-langkah yang disebutkan tidak ada penggunaan komputer dalam koneksi tv ke layar proyektor. Terkadang pada layar proyektor akan muncul "komputer tanpa sinyal". Anda tidak perlu memperhatikannya. Jadi Anda tidak perlu memperhatikan cara mengatasi komputer tanpa sinyal di layar proyektor. Begitulah cara menghubungkan TV ke proyektor. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar