--> Skip to main content

6 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis Paling Lengkap

Driver memainkan peran yang sangat penting dalam menjembatani komunikasi antara perangkat keras dan sistem operasi, tanpa driver perangkat keras tidak akan berfungsi sama sekali oleh sistem operasi, pengemudi dapat menjadi salah satu cara untuk menyelesaikan printer secara offline, kinerja grafis tidak optimal, webcam tidak terdeteksi dan banyak lagi.

Meskipun banyak perangkat keras PnP (Plug and Play) dikenali secara konseptual dan digunakan tanpa harus menginstal driver, driver untuk perangkat keras secara otomatis diinstal pada sistem operasi.

Windows 10 sendiri dilengkapi dengan driver built-in 'segudang' yang memungkinkan sistem operasi untuk mengenali perangkat keras yang terhubung ke komputer sehingga pengguna dapat menggunakan perangkat keras tanpa perlu menginstal driver, tetapi seringkali driver built-in disediakan dalam paket instalasi Windows 10 sudah lama atau ketinggalan jaman sehingga perlu diperbarui untuk mendapatkan kinerja optimal dari perangkat keras itu.
6 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis Paling Lengkap


1. Cara update driver Windows 10 melalui Windows Update

Pembaruan Windows adalah layanan yang ditawarkan oleh Microsoft untuk memperbarui komponen Windows. Pembaruan Windows biasanya mengunduh pembaruan melalui koneksi Internet, meskipun Microsoft juga memungkinkan pengguna untuk menginstal pembaruan pada komputer tanpa koneksi internet dan berbagai metode dan alternatif lain untuk menginstal pembaruan.

Pembaruan Windows menyediakan berbagai jenis pembaruan seperti pembaruan keamanan dan pembaruan penting lainnya untuk melindungi pengguna dari malware dan mengeksploitasi keamanan kerentanan. Pembaruan lainnya dapat memperbaiki kesalahan yang tidak terkait keamanan, atau meningkatkan fungsionalitas seperti pembaruan driver yang akan menjadi fokus kami pada diskusi ini.

Keuntungan dari memperbarui driver Windows 10 melalui Windows Update adalah Anda akan mendapatkan 'patch' resmi yang dirilis langsung oleh Microsoft sehingga selain pembaruan driver, Anda juga akan mendapatkan pembaruan sistem operasi, Anda juga dapat melihatnya sebagai kekurangan Pembaruan driver Windows 8 melalui Pembaruan Windows karena pembaruan menjadi tidak efisien (maksud memperbarui driver saja, tetapi fitur lainnya diperbarui).

Ikuti langkah – langkah berikut untuk memperbarui driver Windows 10 melalui Windows Update:


  • Buka ‘Windows Settings’, bisa dengan kombinasi tombol WinKey + I atau cari dengan keyword ‘settings’ pada Start menu.
  • Klik ‘Update & Security’ -> ‘Windows Update’.
  • Klik tombol ‘Check for updates’.
  • Akan muncul progres ‘Checking for updates…’, tunggu hingga loading selesai.
  • Jika pembaruan di temukan, Anda akan mendapat konfirmasi untuk menginstal update atau jika fitur instal update otomatis di aktifkan, Windows Update akan langsung menginstal update tersebut.
  • Anda akan melihat informasi mengenai update yang sedang di instal, misalnya ‘Security Update for Windows 10 (KB***)’ merupakan pembaruan keamanan.
  • Anda juga akan melihat sejauh mana proses update di lakukan pada persentase ‘Downloading updates’.
  • Setelah selesai, biasanya Anda akan di minta untuk me-restart komputer  untuk menerapkan update.


2. Cara memperbarui driver Windows 10 melalui Device Manager

Device Manager adalah applet dari Control Panel di sistem operasi Microsoft Windows (FYI, applet adalah aplikasi yang sangat kecil, biasanya program utilitas yang melakukan satu atau lebih fungsi sederhana). Device Manager memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengontrol perangkat keras yang terpasang di komputer.

Untuk perangkat keras apa pun yang dipasang di komputer, pengguna dapat:

  • Menginstal driver untuk perangkat keras tersebut (kita akan fokus pada bagian ini).
  • Mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat keras
  • Beritahu Windows untuk mengabaikan perangkat keras yang tidak berfungsi
  • Melihat properti teknis lainnya
Ikuti langkah – langkah berikut untuk memperbarui driver Windows 10 melalui Device Manager:
  • Buka ‘Control Panel’ melalui ‘Start menu’ -> ‘Windows System’ -> ‘Control Panel’.
  • Ubah mode ‘View by:’ (lihat kanan – atas) menjadi ‘Large icons’ atau ‘Small icons’ (bila masih ‘Category’).
  • Klik ‘Device Manager’, jendela ‘Device Manager’ akan muncul dan Anda akan melihat daftar perangkat keras yang terpasang pada komputer.
  • Misalnya Anda ingin memperbarui driver VGA, klik ‘Display adapters’ -> ‘Intel(R) HD Graphics Family’ (karena komputer Saya menggunakan VGA Intel, ketahui VGA laptop Anda dengan cara cek VGA laptop yang Anda gunakan).
  • Klik kanan pada ‘Intel(R) HD Graphics Family’ kemudian klik ‘Update driver software…’.
  • Klik ‘Search automatically for updated driver software’ untuk update driver secara otomatis dari Internet.
3. Cara update driver Windows 10 menggunakan perangkat lunak driver updater

Driver updater adalah perangkat lunak utilitas dengan fungsi utama dari perangkat keras pemindaian yang diinstal pada komputer, pemindaian untuk driver yang diinstal pada sistem operasi (terutama Windows 10) dan membandingkannya dengan versi driver dalam database yang dimilikinya.

Jika driver yang diinstal pada komputer (dengan sistem operasi Windows, khususnya Windows 10) sudah usang atau ada versi yang lebih baru, maka perangkat lunak akan menawarkan untuk mengunduh dan menginstal driver yang sesuai untuk memperbaruinya.

Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak driver updater gratis yang bisa Anda gunakan:

  • Driver Booster (iobit.com/en/driver-booster.php)
  • Free Driver Scout (freedriverscout.com)
  • Driver Talent
  • DriverMax (drivermax.com)
  • DriversCloud (driverscloud.com)
  • DriverIdentifier (driveridentifier.com)
  • Driver Easy (drivereasy.com)
  • Device Doctor (devicedoctor.com)

4. Cara update driver Windows 10 menggunakan perangkat lunak driver pack

Nama 'driver pack' sebagian besar digunakan sebagai nama produk oleh beberapa produsen perangkat lunak, tetapi saya menganggap 'paket driver' adalah jenis perangkat lunak yang memiliki paket yang berisi kumpulan driver, penggunaan berlebihan dari perangkat lunak ini adalah Anda tidak membutuhkan koneksi internet setiap kali mengupdate driver, tetapi konsekuensinya adalah Anda harus terlebih dahulu mengunduh file (biasanya ISO) dengan ukuran yang cukup besar.

Berikut ini beberapa driver paket perangkat lunak gratis yang dapat Anda gunakan:

  • DriverPack Solution Offline
  • Snappy Driver Installer (SDI) Full
  • Sam Drivers 15.5
  • Cobra Drivers Pack 2013
  • Easy Driver Pack
Kelima driver pack di atas Saya bahas secara khusus pada pembahasan mengenai software pencari driver otomatis tanpa koneksi Internet, jika Anda tertarik pada metode ini, ada baiknya Anda membaca lebih lanjut pembahasan tersebut.

5. Cara update driver Windows 10 dengan mendownload driver dari situs resmi manufaktur perangkat keras.

Anda dapat mengunjungi situs web resmi pembuatan perangkat keras Anda, misalnya untuk mengunduh driver VGA 'Intel (R) HD Graphics Family'. Anda dapat mengunjungi situs web intel.com dan mengunduh driver terbaru yang disediakan sesuai dengan model VGA yang Anda gunakan

Ini sangat efisien dalam mendapatkan versi terbaru driver, tetapi Anda harus benar-benar tahu model perangkat keras yang Anda gunakan dan versi (arsitektur) Windows 10 yang Anda gunakan, 32-bit (x86) atau 64-bit (x64 ) dapat mencoba berbagai cara untuk mengetahui driver yang belum diinstal di Windows 10, untuk mempermudah pembuatan daftar driver yang akan diunduh.

6. Cara update driver Windows 10 dengan mendownload driver dari situs resmi manufaktur komputer.

Komputer dan laptop bahkan notebook yang tidak memiliki ODD (optical disk drive) biasanya disertai dengan disk yang berisi driver (untuk notebook Anda harus tahu cara menginstal driver tanpa CD), tetapi tentu saja tidak selengkap dan diperbarui jika Anda mengunduhnya dari produsen perangkat keras, tetapi ini akan sangat tidak nyaman.

Untuk mengatasinya Anda dapat memanfaatkan layanan yang disediakan oleh pabrikan laptop dengan mengunduh koleksi driver yang disediakan khusus untuk laptop yang bersangkutan, misalnya untuk mencari koleksi driver untuk laptop yang saya bermerek dengan Lenovo, Saya baru saja mengunjungi situs web pcsupport.lenovo .com dan ikuti petunjuk untuk mengunduh semua driver yang membutuhkan laptop Lenovo saya.

Oke, saya rasa cukup banyak diskusi tentang cara mengupdate driver Windows 10, sebenarnya cara di atas bisa diimplementasikan pada hampir semua Windows dari Windows 7 ke Windows 8 / 8.1, meski beberapa bisa diimplementasikan juga di Windows XP dan Vista tapi Dukungan kurang optimal, meskipun demikian tidak ada salahnya mencoba, semoga berhasil.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar