--> Skip to main content

6 Cara Mudah Mengetahui Max RAM Support Motherboard

Cara Mengetahui Dukungan RAM Maks Motherboard diperlukan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pemeriksaan rutin, atau untuk upgrade dan overclock motherboard. Informasi kapasitas RAM maksimum itu sendiri dapat dilihat baik dalam perangkat keras maupun dalam perangkat lunak. Ini penting agar Anda memahami Ram Penyebab sepenuhnya, salah satunya adalah menyesuaikan kebutuhan RAM dengan berbagai pola penggunaan aplikasi

Jadi Kami memahami cara mengetahui motherboard dukungan RAM max, adalah dengan melihat perangkat keras yaitu dengan melihat motherbord, atau manual yang disediakan. Dan untuk perangkat lunak dapat dilakukan dengan menggunakan alat pihak ketiga yang telah disediakan, tetapi dapat juga dilakukan melalui web browser dengan mengunjungi vendor web atau pihak web yang memiliki database hardware dan informasi spesifikasi, yang menawarkan layanan pengecekan hardware. spesifikasi.
6 Cara Mudah Mengetahui Max RAM Support Motherboard


1. Hal yang perlu diperhatikan dari pengecekan batasan RAM PC / Laptop

Agar Anda tahu apa batas maksimum memori yang dapat kita pasang dan gunakan di PC atau Laptop Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan dukungan hubungan RAM itu sendiri dengan perangkat keras atau sistem operasi yang digunakan, sebagai berikut:

  • Motherboard ini memiliki kapasitas dukungan RAM atau memori terbatas, yang perlu memperhatikan jumlah slot RAM, jenis RAM yang digunakan (apakah itu DDR1, DDR2 atau DDR3 RAM), dan juga tipikal atau arsitektur motherboard yang digunakan. Untuk motherboard dengan batas kapasitas hingga 8 GB RAM, maka Anda tidak dapat menggunakan atau menginstal RAM pada motherboard yang memiliki kapasitas besar darinya, maka yang terjadi adalah kapasitas yang tidak terbaca, dan memungkinkan ketidakstabilan sistem atau bahkan ketidakstabilan sistem untuk lari bahkan crash;
  • Sama seperti motherboard, setiap sistem operasi dan versi memiliki batasan atau batasan dukungan memori yang perlu diketahui agar tidak salah dalam menentukan kebutuhan aplikasi sistem operasi yang digunakan. Oleh karena itu penyebab berkurangnya RAM mungkin karena tidak ideal penggunaan RAM yang terpasang. Sistem operasi dengan arsitektur 32-Bit atau 64-Bit juga membantu menentukan pembatasan memori yang didukung, untuk 64-Bit, dukungan yang diberikan oleh RAM jauh lebih besar dari 32-Bit.


2. Cara Mengetahui Max RAM Support Motherboard

Untuk mencari max memory yang didukung oleh motherboad ada beberapa langkah, bisa dilakukan dengan cara hardware yaitu dengan memeriksa fisik dan manual yang ada dan bisa juga dengan perangkat lunak yang dapat dilakukan dengan cara software juga. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • 2.1 Dengan mengecek buku manual


Cara Mengetahui Dukungan RAM Maks. Motherboard pertama yang dapat dilakukan untuk melakukan pemeriksaan memori maksimum yang didukung oleh motherboard adalah memeriksa manual motherboard yang disertakan pada penjual paket. Buku manul selain berisi panduan instalasi motherboard, pemecahan masalah, juga berisi informasi teknis dan spesifikasi motherboard, dukungan periferal, dan dukungan spesifik memori eksternal.

  • 2.2 Pengecekan Via Website Vendor Motherboard


Pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi vendor web motherboard. Triknya adalah mengunjungi web, dan mencari produk terkait baik melalui menu navigasi atau kotak pencarian yang disediakan oleh web. Hampir semua vendor motherboard memberikan informasi rinci rinci tentang produk motherboard mereka, lengkap dengan spesifikasi, dukungan tautan, dan driver.

  • 2.3 Pengecekan Menggunakan scanner Online


Cara mencari max RAM yang mendukung motherboard ketiga ini, bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan alat pemindai online, situs web yang krusial. Situs web ini selain membantu memeriksa pembatasan memori maksimum yang didukung oleh vendor dan juga memeriksa kapasitas hard drive, juga membantu meng-upgrade memori karena informasi yang diberikan. Ketahuilah perbedaan antara RAM dan Hardisk, karena kedua perangkat ini memiliki fungsi yang sama tetapi penggunaannya berbeda.

Langkah-langkah untuk memeriksa online melalui pemindai penting adalah sebagai berikut:


  • Pergi ke situs critical.com;
  • Di bagian Navigasi pilih Memori;
  • Pada bagan yang muncul: 1) Di Select Manufacturer, pilih produsen 2) Di Select product line, pilih jenis produk 3) Pada model Select, pilih model produk yang kita gunakan;
  • Setelah itu klik tombol Cari Upgrade;
  • Bagi yang tidak mengetahui spesifikasi atau series dari Laptop yang digunakan, bisa dilakukan dengan melakukan scanning melalui software yang sudah disediakan oleh penyedia situs, dengan cara masuk ke menu Downlod, dan klik tombol Download the Scanner;
  • Tunggu hingga proses sampai selesai;
  • Atau bisa dengan langkah berikut : sudo dmidecode -t 2, nanti akan muncul output berupa informasi motherboard, cek pada bagian Manufacturer dan Product Name, akan tertera brand dan seri dari motherboard yang digunakan;
  • Untuk pengguna Windows bisa dilakukan dengan cara sbb : Masuk ke Control Panel > System > Your Windows Experience Index needs to be Refresh > View and Print Details Performance System Information > Cek pada bagian System;
  • 2.4 Memeriksa Menggunakan Linux


Selain menggunakan alat online dapat menggunakan sistem operasi Linux atau Linux untuk melakukan pengecekan memori maksimum. Alat ini juga membantu cara menambah RAM PC, karena kita bisa melihat berapa banyak batasan memori yang ada.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka terminal Linux;
  • Lakukan instalasi dmidecode dengan mengetikkan sudo apt-get install dmidecode;
  • Ketik perintah berikut:sudo dmidecode -t memory | grep -i size;
Nantinya akan menghasilkan output dari kapasitas memori yang terpasang lebih kurang seperti gambar di bawah ini:
Ukuran: 4096 MB
Ukuran: Tidak Ada Modul yang Diinstal
Ukuran: 4096 MB
Ukuran: Tidak Ada Modul yang Diinstal

Untuk distro Linux sendiri dapat menggunakan perintah sudo dmidecode-t 16, nantinya akan muncul dalam bentuk output yang berisi informasi memori maksimum yang dapat didukung oleh perangkat keras yang digunakan.

  • 2.5  Dengan Pengecekan jenis Bit yang digunakan
Cara Mengetahui Dukungan RAM Max Motherboard terbaru ini, dapat dilakukan dengan memeriksa versi sistem operasi windows yang digunakan, apakah Windows tipe 32 bit atau windows tipe 64 bit. Windows memiliki kapasitas RAM terbatas yang dapat diperiksa. Jika Anda menginstal RAM yang melebihi batas kapasitas yang diizinkan, maka kapasitas ekstra itu tidak akan terbaca di jendela dan tentu saja tidak akan berfungsi. Ini ditentukan dari sistem windows apakah 32-bit atau 64-bit.

Untuk memeriksa Windows apakah 32-bit atau 64-bit dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • masukkan properti sistem, klik kanan ikon Komputer, lalu klik Properties;
  • 32-bit memiliki dukungan RAM 4 GB (untuk semua versi), 64-bit memiliki 128 GB dukungan RAM (Windows 10 Home) hingga 2 TB (Windows 10 Education, Enterprise, Pro).
  • Linux dengan tipe 32 bit umumnya hanya mendukung hingga 4 GB memori, tetapi untuk distribusi Linux yang sudah memiliki dukungan PAE kernel atau distribusi Linux terbaru, versi 32 bit dapat mendukung hingga 64 GB RAM. Sistem Linux 64-bit diklaim memiliki hingga 1 TB dukungan RAM untuk proseors Intel dan 256 untuk prosesor AMD64.

Jadi kita perlu memahami cara mengetahui RAM dari laptop DDR2 atau DDR 3, semoga dapat memberikan wawasan tambahan dalam kaitannya dengan spesifikasi Hardware dan kompatibilitas dengan sistem operasi pada khususnya, dan informasi ini juga bermanfaat untuk proses upgrade atau overclock perangkat keras. . Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar