--> Skip to main content

6 Cara Menghilangkan Retak Atau Goresan pada HP ( Casing Dan Layar Sentuh / Touchscreen Handphone)

6 Cara Menghilangkan Retak Atau Goresan pada HP ( Casing Dan Layar Sentuh / Touchscreen Handphone. Handphone atau biasa kita sebut dengan HP, sekarang tampaknya sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Seiring berjalannya waktu, semua informasi dan pekerjaan dapat dilakukan hanya dengan menggunakan HP. Mulai dari berjualan di toko online, membaca berita, hingga hanya mendengarkan musik.

Seiring dengan banyaknya penggunaan HP saat ini, maka hidup tidak lengkap jika tidak ditemani oleh HP. Mulai dari bangun tidur lagi. Nah, pada siang hari, HP selalu ada di sekitar kita. Itu membuat HP kami rentan jatuh ke mana saja dan kapan saja.

Apakah HP Anda menggunakan prosesor terbaru? Atau layar lebih lebar dari HP biasa? Prosesor HP Anda sudah quad core atau bahkan octa core (lihat perbedaan prosesor Quad Core dan Octa Core di situs ini yang membuat Anda mengerti)? Semua hal ini akan sia-sia jika HP Anda masih rentan retak jika terjatuh secara tidak sengaja.
6 Cara Menghilangkan Retak Atau Goresan pada HP ( Casing Dan Layar Sentuh / Touchscreen Handphone)

Masih memperbaiki apakah HP Anda memang dibuat tahan benturan. Masalahnya, output HP saat ini rawan kerusakan jika jatuh, terutama di layar. Kerusakan yang paling jelas terlihat setelah HP crash adalah munculnya retakan di layar. Meski begitu, tak menutup kemungkinan bagian HP lain yang tampak retak karena terjatuh.

Lalu, bagaimana cara melepas crack di HP? Tenang, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang hal itu untuk Anda. Yah, tanpa kata, inilah informasinya:

1. Gunakan Casing Pelindung

Sebelum Anda memperbaiki layar ponsel atau casing yang retak, ini mungkin menjadi cara alternatif untuk meletakkan casing pelindung di ponsel Anda. Ketika Anda membeli ponsel, baik baru atau bekas, Anda sebaiknya membeli juga casing pelindung pada penjual ponsel. Casing ini biasanya terbuat dari bahan silikon atau plastik. Ini dapat mencegah layar atau casing ponsel Anda tergores atau retak. Anda dapat menyesuaikan jenis dan berbagai casing berdasarkan jenis ponsel Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih dari berbagai pilihan gambar, desain dan warna sesuai keinginan Anda.

2. Memperbaiki Layar Sentuh(Touch screen) yang Rusak

Jika layar sentuh ponsel cerdas Anda hanya rusak atau retak sebagian (tidak semua bagian layar rusak), maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah didiagnosis atau diperiksa. Bisa jadi, layar HP Anda menunjukkan fitur yang sama dengan karakteristik layar LCD laptop yang rusak. Nah, jika Anda siap untuk memperbaiki HP Anda yang retak, sekarang kami akan memberi tahu Anda caranya:

  • Pertama buka menu Setting atau Pengaturan dan cari pilihan kalibrasi layar pada HP Anda.
  • Setelah itu, Anda ikuti perintah – perintah yang tampil pada layar. Biasanya, hal pertama yang akan diminta adalah Anda mengklik atau melakukan tap (sentuhan) di sembarang tempat pada layar.
  • Kemudian sentuh layar, tepatnya di titik tengah kalibrasi layar. Lalu, lanjutkan sentuhan di tempat-tempat yang diperintahkan oleh sistem. Biasanya dengan cara ini, kerusakan ringan yang telah terjadi pada layar sentuh HP Anda akan kembali normal.
  • Tetapi, jika cara di atas masih tidak efektif untuk memperbaiki layar sentuh HP Anda, maka Anda harus melakukan “factory reset” atau mengembalikan pengaturan HP ke pengaturan awal dari pabrik. Karena cara kerja factory reset ini hampir sama dengan cara instal ulang laptop, Anda harus melakukan backup data penting Anda terlebih dahulu yang disimpan di memori internal HP.


3. Memperbaiki Touchscreen yang Pecah atau Retak
Nah, sekarang saatnya bagi kita untuk menjelaskan cara-cara memperbaiki layar sentuh HP yang pecah atau retak. Berikut langkahnya:


  • Ketika layar HP Anda rusak, keluar dari garis panjang di layar, dan tidak dapat berfungsi (layar sentuh tidak berfungsi), langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk flash / reset firmware HP Anda.
  • Jika firmware HP Anda telah diatur ulang, tetapi layar HP touchscreen Anda masih tidak berfungsi, maka untuk mengatasi laptop LCD yang rusak, satu-satunya solusi untuk memperbaiki masalah adalah mengganti layar HP Anda dengan yang baru. Tentunya, Anda harus menyesuaikan dengan jenis HP yang Anda gunakan.

4. Memperbaiki Kaca Kamera untuk HP Tertentu

Jangan salah, kaca perlindungan lensa kamera pada HP Anda juga rentan retak ketika dijatuhkan karena kecelakaan. Terutama pada lensa pelindung kaca dari beberapa keluaran HP Samsung, iPhone dan sejenisnya. Ada sedikit perbedaan dalam memperbaiki kaca kamera retak pada merek ini, karena mode dan tipe yang berbeda memerlukan perawatan diri. Peralatan yang perlu Anda siapkan adalah kamera kaca, pengering rambut, dan peralatan khusus. Berikut langkahnya:

  • Siapkan ponsel dengan kaca kamera retak 
  • Buka casing belakang ponsel.
  • Pastikan ponsel Anda mati untuk menghindari korsleting listrik yang tersimpan di baterai.
  • Panaskan bagian belakang HP dengan pengering rambut selama satu menit.
  • Dorong keluar kaca dari bingkai handphone dengan baling-baling (bisa berupa pinset atau sejenisnya)
  • Kemudian, ganti kaca kamera yang retak dengan kamera kaca baru. Tempelkan kaca kamera baru dalam posisi seperti kaca kamera sebelumnya.
  • Setelah posisi kaca kamera dipasang dan dipasang dengan benar, tutuplah casing ponsel Anda.
  • Sebagai langkah perawatan, jangan lupa untuk membersihkan kaca kamera dari debu yang menempel.

5. Memperbaiki Langsung ke Teknisi Ponsel

Ini adalah langkah terakhir dan langkah terakhir jika Anda enggan atau ragu-ragu untuk memperbaiki masalah HP yang retak ini sendirian. Hal yang harus dilakukan, tentu saja dengan pergi ke counter atau layanan telepon seluler ponsel terdekat. Anda dapat meminta pakar untuk memperbaiki ponsel Anda dengan mudah, cepat, dan praktis. Kekurangan dari cara ini, Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk membuat perbaikan. Belum lagi jika harus ada layar pengganti.

6. Cara Kreatif "Memperbaiki" Layar  Retak

Jika Anda perhatikan, dari 5 poin yang telah kita bahas di atas, semua membutuhkan dana. Mulai dari membeli casing pelindung, layar baru, hingga membayar layanan perbaikan layar HP Anda. Nah, jika saat ini Anda dalam kondisi "krismon" (krisis moneter) alias lagi ga punya uang (bokek), Anda bisa melakukan cara kreatif ini. Cara kreatif yang dimaksud adalah memasang wallpaper yang unik dan terkesan "menyatu dengan" celah layar HP Anda. Ini adalah salah satu contoh wallpaper kreatif yang tampaknya "berbaur" dengan retakan di layar HP Anda.

Bagaimana, wallpaper "bersama" benar-benar dengan retakan layar HP? Karena penggabungan, Anda sekilas merasakan bahwa HP Anda retak seketika lenyap hehehehe. Oh ya, Anda dapat mencari wallpaper "unik" ini di internet. Jika layar HP Anda yang retak tidak "berbaur" dengan wallpaper, Anda dapat mengedit wallpaper untuk "berbaur" dengan retakan layar HP Anda. Kreatif benar-benar jalan di satu titik ini? Wkwkwkwk

Dari semua poin yang kami jelaskan, yang merupakan cara terbaik untuk memperbaiki HP Anda yang retak? Atau mungkin Anda ingin melakukan cara terakhir sambil menunggu dana terkumpul? Semuanya kembali kepada Anda.

Begitu banyak artikel kami kali ini tentang cara menghilangkan retakan pada HP. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda memperbaiki layar HP Anda yang retak. Semoga masalah layar HP Anda bisa selesai setelah membaca artikel kami.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar