--> Skip to main content

5 Cara Memperbaiki Layar Laptop Blank Putih Mudah Dan Ringkas

5 Cara Memperbaiki Layar Laptop Blank Putih Mudah Dan Ringkas. Layar LCD laptop adalah salah satu bagian laptop yang penting. Tanpa layar, tentu saja kita tidak akan bisa mengoperasikan komputer dengan benar. Semua aktivitas kami dengan komputer, sebagian besar terkait dengan layar. Mulai dari mengetik, melihat video, mengedit film, mendengarkan musik streaming, dan sebagainya. Singkatnya, tanpa layar, maka kita tidak bisa bergerak sama sekali dengan komputer. Oleh karena itu, sebagai pengguna komputer, kita perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi masalah layar laptop, seperti di antaranya adalah cara memperbaiki LCD laptop putih yang Blank. Sama pentingnya dengan kita mengetahui cara memperbaiki monitor LCD Blank putih.

Apakah Anda sudah tahu cara memperbaiki laptop Blank LCD putih? Apa bedanya dengan memperbaiki kerusakan laptop lain? Apa saja alternatifnya? Jika Anda tidak mengetahuinya, tenang saja. Dengan membaca artikel kami yang satu ini Anda pasti bisa tahu apa saja cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki LCD laptop yang telah merusak blank putih lebih baik. Ingat, ini berbeda dari cara memperbaiki monitor LED Anda, karena ada perbedaan LED dan LCD pada laptop, meskipun beberapa mungkin sama.
5 Cara Memperbaiki Layar Laptop Blank Putih Mudah Dan Ringkas

Tanpa meningkatkan lagi, berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki LCD laptop Blank putih yang mungkin dapat Anda lakukan secara mandiri.

1. Membongkar laptop

Jika layar LCD Anda memiliki putih Blank tanpa masalah perangkat lunak atau aplikasi sebelumnya, kemungkinan besar masalahnya adalah dari aspek fisik laptop Anda. Kemungkinan kerusakan fisik biasanya cukup besar, terutama jika Anda telah menggunakan laptop cukup lama. Oleh karena itu, langkah pertama dalam cara memperbaiki LCD laptop putih Blank adalah dengan melihat kondisi fisik layar laptop Anda sendiri. Ini juga dilakukan dalam cara memperbaiki monitor LCD gelap lo.

Untuk mengecek kondisi layar laptop Anda, tentu saja Anda harus membongkar layar laptop Anda terlebih dahulu. Untuk membongkar layar laptop Anda, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan layar laptop Anda. Ada berbagai desain dari pabrik ke laptop atau layar laptop itu sendiri, jadi Anda harus mencari cara untuk membuka layar laptop yang sesuai dengan jenis laptop Anda.

Biasanya Anda membutuhkan peralatan perawatan komputer yang juga tidak sedikit, oleh karena itu Anda harus berpikir dengan hati-hati jika ingin membongkarnya secara mandiri.

2. Periksa koneksi kabel layar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi fisik perangkat layar dan juga kabel layar yang Anda miliki. Ada baiknya jika Anda memeriksa kondisi kabel terlebih dahulu, karena biasanya masalah kabel ini bisa menjadi penyebab mengapa layar menjadi Blank putih atau bahkan hitam Blank. Alasannya adalah karena koneksi kabel mengendur, atau hanya tertekan karena peletakan yang salah atau karena terlalu usang.

Setelah Anda membongkar laptop, periksa koneksi kabel penghubung ke mainboard, lihat apakah ada cacat atau rusak. Jika Anda menemukan kerusakan jangan lupa segera ganti dengan kabel baru. Selain itu, cobalah untuk menguji apakah posisi kabel tidak tertekan, apakah distribusi output ke layar dapat dilakukan atau tidak. Meskipun penempatan kabel yang salah dan membuat kabel yang tertekan dapat diperbaiki dengan cara yang relatif murah, tetapi perlu diketahui bahwa kabel yang sudah tertekan kemungkinan besar sudah rusak atau pecah di dalamnya. Jadi akan lebih baik jika diganti.

Selain memeriksa koneksi kabel ke mainboard, perhatikan juga koneksi kabel dari layar itu sendiri. Terkadang kabel dari layar rusak atau pecah di tengah sementara kabel yang terhubung ke mainboard masih baik-baik saja. Karena itu, Anda harus mengamatinya dengan hati-hati.

3. Periksa layar fisik laptop

Setelah memeriksa kabel layar lcd laptop Anda, langkah selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa dan memperbaiki layar lcd laptop adalah memeriksa keadaan fisik dari layar laptop itu sendiri. Untuk bisa membedakan apa yang rusak dan mana yang tidak, tentu Anda perlu belajar dulu tentang layar laptop perangkat fisik. Ada risiko yang cukup besar jika Anda tidak dapat mencoba membongkar layar laptop Anda tanpa wawasan yang cukup ke perangkat layar laptop, jadi ada baiknya jika Anda mempelajarinya terlebih dahulu.

Anda juga dapat menggunakan layanan seorang tukang reparasi untuk membuka dan memperbaiki layar laptop Anda. Tentunya Anda harus membayar jasa tukang reparasi. Ada baiknya jika Anda juga mengamati proses pembenahan layar laptop Anda sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak wawasan ke perangkat layar laptop Anda, sehingga dapat mencoba untuk membongkarnya nanti ketika mengalami masalah serupa.

4. Ganti layar

Jika sudah pasti apa yang menyebabkan layar Anda memiliki Blank putih dan itu tidak dapat diatasi daripada dengan mengubah layar Anda, maka tentu saja opsi terakhir yang dapat Anda pilih adalah mengganti layar laptop Anda. Langkah atau cara mengatasi white blank screen yang satu ini tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar jika dibandingkan dengan sekedar memperbaiki sambungan kabel atau mengganti bagian dari perangkat tampilan. Namun, jika Anda benar-benar ingin tetap menggunakan laptop Anda yang rusak layar, langkah satu ini tidak dapat dihindari.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengubah layar, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan hal-hal lain seperti penggunaan laptop jangka panjang. Jika usianya sudah sangat tua, ada baiknya jika Anda membeli laptop baru yang memiliki kemungkinan daya tahan lebih lama jika dibandingkan dengan laptop lama Anda. Dengan begitu Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang meskipun menghabiskan lebih banyak uang. Untuk mempelajari cara mengubah layar, Anda dapat melihat dalam diskusi tentang cara mengganti laptop LCD.

5. Periksa dan ganti driver

Selain potensi kerusakan dari fisik, kadang-kadang kerusakan pada perangkat lunak atau driver juga dapat menyebabkan layar laptop Anda menampilkan Blank putih atau hitam saja, meski kemungkinannya relatif lebih kecil. Namun, tidak ada salahnya jika Anda memeriksa dulu kondisi driver yang Anda instal, terutama jika kesalahan hanya muncul ketika momen-momen tertentu saja, alias tidak dari awal Anda menyalakan laptop Anda. Kesalahan yang muncul pada waktu-waktu tertentu adalah salah satu indikasi yang menunjukkan ada masalah pada driver VGA atau VGA itu sendiri, oleh karena itu perlu dipastikan lebih lanjut.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki LCD laptop Blank putih yang mungkin Anda coba. Semoga dengan beberapa cara di atas, Anda bisa memperbaiki layar LCD laptop yang rusak lebih mudah ya. Jangan lupa untuk menyerah kepada seorang ahli jika Anda merasa tidak ada cukup waktu atau wawasan untuk memperbaiki laptop Anda. Selain itu, jangan lupa untuk merawat layar laptop Anda dengan membersihkan LCD laptop yang tepat.

Selamat memperbaiki laptop Anda!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar