--> Skip to main content

6 Cara Mengecek Dan Melihat Spesifikasi Komputer / Laptop Terlengkap

Cara Mengecek Dan Melihat Spesifikasi Komputer / Laptop Terlengkap. Mengetahui spesifikasi komputer Anda adalah salah satu hal yang akan memberi Anda begitu banyak manfaat. Mulai dari mengetahui batas kemampuan komputasi yang dimiliki oleh komputer Anda, mengetahui aplikasi apa yang bisa dan tidak bisa dijalankan di komputer Anda, dan berbagai manfaat lainnya. Oleh karena itu, kita semua harus tahu cara memeriksa spesifikasi komputer yang kita miliki secara mandiri, tanpa harus meminta bantuan kepada orang lain untuk memeriksa spesifikasi komputer yang kita miliki.

Jadi, apakah Anda sudah tahu bagaimana satu-satunya cara dapat dilakukan untuk memeriksa spesifikasi komputer Anda? Apakah Anda dapat menerapkannya, atau Anda bahkan tidak tahu cara melihat spesifikasi komputer? Bagaimana cara memeriksa spesifikasi komputer yang bisa kita gunakan? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya jika Anda membaca artikel ini hingga selesai. Dengan demikian Anda bisa mengetahui bagaimana satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengecek spesifikasi komputer yang kita miliki.

6 Cara Mengecek Dan Melihat Spesifikasi Komputer / Laptop Terlengkap

Adapun beberapa cara untuk mengecek spesifikasi komputer yang kami miliki, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan CPU-Z

CPU-Z adalah salah satu jenis aplikasi yang dapat dijalankan di Windows untuk memeriksa spesifikasi perangkat komputer Anda. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang sangat terkenal untuk memeriksa spesifikasi komputer Anda. Selain itu, kemudahan instalasi dan ukuran file yang cukup kecil membuat aplikasi yang satu ini sangat sempurna ketika digunakan untuk mengecek spesifikasi komputer Anda. Tentu saja Anda harus menginstal dan mengunduhnya terlebih dahulu jika Anda ingin memakainya.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan aplikasi CPU-Z dari desktop atau dari Windows Anda start-up. Setelah Anda menjalankannya, aplikasi CPU-Z akan langsung mendeteksi dan menyampaikan informasi tentang perangkat keras yang terpasang di komputer Anda termasuk CPU, RAM, dan berbagai informasi penting lainnya. Hanya menggunakan CPU-Z saja, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dan dapat dengan mudah mengetahui berbagai informasi penting tentang komputer Anda. Melalui aplikasi ini Anda juga bisa mengetahui bagaimana menjaga agar komputer tidak lambat dengan mengganti perangat tertentu yang tidak sesuai.

2. Menggunakan terminal

Terminal adalah salah satu aplikasi bawaan yang dimiliki oleh GNU / Linux pada berbagai distro yang ada. Aplikasi ini sangat berguna karena Anda dapat melakukan berbagai hal penting, termasuk memeriksa spesifikasi perangkat komputer Anda. Untuk melakukannya, Anda juga hanya perlu memasukkan perintah yang cukup sederhana sehingga Anda dapat mengetahui informasi penting tentang spesifikasi perangkat yang Anda miliki.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengetikkan perintah sudo lshw. Dengan menggunakan perintah ini, Anda bisa mendapatkan informasi yang sangat lengkap dari CPU (dengan semua aspek informasi di sekitarnya), hingga perangkat USB apa pun yang tersambung ke perangkat komputasi Anda saat ini. Harap dicatat bahwa perintah di atas mengharuskan Anda untuk mengisi kata sandi administrator komputer Anda sehingga Anda dapat menjalankan perintah dengan lancar.

3. Menggunakan DXDIAG

Selain menggunakan CPU-Z, aplikasi lain yang juga dapat digunakan untuk menampilkan informasi penting komputer Anda pada sistem operasi Windows adalah menggunakan DXDIAG. DXDIAG adalah salah satu aplikasi Windows default yang dapat digunakan untuk memeriksa informasi penting tentang sistem Windows, terutama di bagian tentang DirectX. Namun, aplikasi ini juga akan menampilkan berbagai informasi lain termasuk segala jenis perangkat keras yang Anda miliki dan spesifikasi rinci.

Untuk menjalankan DXDIAG, Anda hanya perlu menjalankannya dengan mengetik 'dxdiag' di kotak Pencarian pada menu mulai. Atau jika Anda ingin menjalankan opsi lain, Anda juga dapat melakukan ini dengan mengetik 'dxdiag' di kotak dialog run yang dapat Anda jalankan sebelumnya dengan menekan tombol Windows dan R. Setelah aplikasi ini dibuka, komputer akan memproses perangkat keras apa yang terhubung di komputer Anda dan akan menampilkan berbagai informasi tentang perangkat keras. Termasuk misalnya jenis prosesor AMD atau jenis prosesor Intel yang digunakan.

4. Menggunakan system properties

Selain cara-cara di atas, cara lain yang dapat digunakan sebagai cara untuk memeriksa spesifikasi komputer Anda adalah dengan memanfaatkan aplikasi sistem properti. Aplikasi ini dapat dijalankan dengan mengklik kanan pada Komputer dalam sistem operasi Windows yang Anda miliki. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu dialog properti sistem muncul dan setelah itu Anda bisa mendapatkan beberapa informasi singkat tentang perangkat keras yang terhubung ke komputer Anda.

Anda dapat menggunakan properti sistem untuk mencari informasi singkat tentang perangkat keras komputer Anda, tetapi Anda perlu menggunakan cara lain jika Anda ingin melihat perangkat input dan output komputer Anda secara lebih terperinci.

5. Menggunakan Advanced SystemCare

Advanced SystemCare adalah salah satu aplikasi serbaguna yang dapat berjalan di sistem operasi Windows dan dapat melakukan berbagai pekerjaan untuk membantu merawat komputer Anda. Salah satu fitur yang tersedia adalah memberikan informasi yang sangat rinci tentang sistem komputer Anda dengan memanfaatkan aplikasi Info Sistem yang merupakan salah satu aplikasi sub-dimiliki oleh Advanced SystemCare.

Dengan memanfaatkan sub-aplikasi, Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui berbagai informasi penting tentang sistem komputer Anda, termasuk informasi tentang CPU yang Anda miliki, VGA, Ram dan berbagai perangkat keras lainnya. Cara mengecek spesifikasi komputer dengan Advanced SystemCare membutuhkan waktu dan juga perlu mengunduh file dengan cukup besar, tetapi Anda juga akan mendapatkan berbagai utilitas yang berguna untuk mengelola komputer Anda.

6. Menggunakan TuneUp Utilites

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencari informasi tentang spesifikasi komputer Anda adalah dengan memanfaatkan aplikasi TunUp Utilites. Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan seperti Advanced SystemCare. Seperti Advanced SystemCare, TuneUp juga memiliki sub-aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat spesifikasi komputer Anda.

Untuk menjalankannya, Anda hanya perlu menjalankan TuneUp dan memilikinya di aplikasi Sistem Informasi (atau sesuatu seperti itu), dan setelah itu Anda hanya perlu menunggu hingga aplikasi keluar dan menampilkan berbagai informasi tentang komputer Anda. Melalui aplikasi ini Anda juga dapat meningkatkan fungsi touchpad jika ada masalah perangkat lunak.

Itulah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menentukan spesifikasi komputer Anda. Tentu saja cara-cara di atas Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian Anda dapat mengetahui spesifikasi komputer Anda dengan mudah dan cepat. Tentunya Anda tidak harus menjalankan semuanya sekaligus.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Lihatlah spesifikasi komputer yang Anda miliki!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar