--> Skip to main content

3 Trik Cara Shutdown / Mematikan Otomatis Laptop dan Komputer Windows

Pernah ga, ketika Anda melakukan aktivitas di komputer atau laptop hingga tengah malam, Anda terkadang lupa untuk mematikannya ketika Anda tertidur, untuk membuat komputer atau laptop Anda menyala semalaman? Bagi para siswa yang sering melakukan pekerjaan mereka pada tengah malam atau mungkin Anda adalah seorang karyawan yang kebetulan dibawa pulang, itu sering terjadi. Hal-hal seperti itu dapat menyebabkan pemborosan listrik karena listrik yang digunakan oleh komputer atau laptop Anda terbuang sia-sia

Apalagi jika Anda menggunakan laptop, yang sumber dayanya berasal dari baterai. Jika Anda membiarkan laptop Anda menyala semalaman, maka bisa jadi laptop Anda tidak akan mati sesuai prosedur. Nah, dampak bahaya mematikan komputer bukanlah prosedur yang tepat adalah penghancuran cepat beberapa komponen penting di laptop atau komputer Anda.

Selain boros listrik, jika kebiasaan buruk ini masih dilakukan, bisa berakibat buruk pada komputer atau laptop Anda. Efek komputer tidak pernah dimatikan yang pernah terjadi seperti boros listrik, kipas prosesor terus berputar, panas CPU, hingga rentan kotor komputer Anda.

3 Trik Cara Shutdown / Mematikan Otomatis Laptop dan Komputer Windows

Anda mungkin berpikir membuat komputer atau laptop Anda mati secara otomatis pada jam-jam tertentu, misalnya selama jam-jam ketika kemungkinan besar tertidur ketika melakukan tugas di tengah malam. Saat ini, ada banyak perangkat lunak yang menyediakan fitur shutdown otomatis. Namun, OS Windows sebenarnya sendiri juga harus menyematkan fungsi tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mematikan komputer atau laptop Anda secara otomatis. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara mematikan komputer otomatis dan laptop yang diinstal OS Windows. Ini adalah salah satu cara untuk benar menyalakan dan mematikan komputer yang dapat dilakukan di semua versi Windows, baik itu Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, dan 10. Yah, tanpa banyak kata, di sini kita mulai diskusi.

1. Melalui Command Prompt
Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat komputer atau laptop Anda dapat shutdown otomatis adalah dengan menggunakan perangkat lunak default OS Windows, Command Prompt atau yang biasa disebut CMD. Satu fungsi Perintah Prompt adalah untuk menyediakan perintah yang tidak dapat dilakukan pada tampilan GUI (Antarmuka Pengguna Grafis). Nah, bagaimana saya melakukannya?

Pertama, buka jendela Command Prompt. Untuk membukanya, ada berbagai cara, termasuk:

  • Pergi ke Start Menu, lalu pilih All Programs> Accessories> Command Prompt.
  • Buka Start Menu, ketik "cmd" (tanpa tanda kutip), lalu pilih hasil pencarian yang muncul. Cara ini khusus untuk Windows 7 dan Vista.
  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka jendela Run. Kemudian, ketik "cmd" (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter pada keyboard.
  • Tekan tombol Windows + C pada keyboard untuk membuka bilah pencarian. Kemudian ketik "cmd" (tanpa tanda kutip). Pilih Prompt Perintah yang muncul di hasil pencarian. Cara ini khusus untuk Windows 8 dan 8.1.


Oh ya, Anda dapat membuka Command Prompt dengan atau tanpa "Run as Administrator". Selanjutnya, di jendela Command Prompt, ketik "shutdown / s / t 300", lalu tekan Enter pada keyboard.

Nah, perintah yang Anda ketik di jendela Command Prompt memiliki arti tersendiri. Perintah "/ s", adalah perintah untuk mematikan pada sistem Windows. Perintah "/ t" adalah perintah ke sistem untuk melakukan shutdown setelah mencapai durasi waktu tertentu. Angka "300" adalah waktu yang dihitung dalam detik. Dalam contoh perintah di atas, itu berarti komputer akan mati secara otomatis dalam waktu 5 menit (60 detik x 5 = 300 detik). Angka ini bervariasi, artinya Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan. Setelah perintah dimasukkan, maka sistem Windows akan menjadwalkan Anda keluar.

2. Melalui Task Scheduler

Cara kedua untuk mematikan komputer dan laptop secara otomatis adalah dengan mengaturnya melalui Task Scheduler. Bagaimana caranya?

  • Buka jendela 'Task Scheduler'. Gunakan fitur "Cari" di OS Windows untuk mencarinya.
  • Di sisi kanan, klik "Buat Tugas Dasar".
  • Ketika jendela Wizard terbuka, isilah isian nama dengan nama "Shutdown". Kemudian pilih Lanjut untuk melanjutkan.
  • Langkah selanjutnya adalah menentukan kapan tugas dijadwalkan. Misalnya, pilih "Satu Kali" jika Anda hanya ingin membuat tugas mematikan otomatis ini hanya untuk satu kali.
  • Kemudian, tentukan tanggal dan waktu yang akan dijadwalkan untuk shutdown pada sistem komputer Anda atau laptp. Atur sesuai dengan keinginan Anda. Setelah pengaturan selesai, pilih Berikutnya untuk melanjutkan.
  • Untuk menjalankan jadwal shutdown sekarang, pilih "Start a program" dan pilih Next.
  • Untuk menemukan program apa yang harus dijalankan, klik "Browse", kemudian cari program Shutdown (shutdown.exe) yang terletak di direktori "C: \ Windows \ System32". Jika Anda telah menemukannya, klik Buka.
  • Kemudian di bagian "Tambahkan agruments", ketik "/ s" yang berfungsi sebagai parameter program shutdown. Klik Berikutnya untuk melanjutkan.
  • Langkah terakhir, akan menampilkan informasi tugas yang baru saja Anda buat. Mulai dari nama, deskripsi, kapan program akan selesai dan program apa yang akan dijalankan. Klik Selesai untuk menutup jendela Wizard.


3. Membuat Berkas BAT

Dua cara yang telah kita bahas di atas sebenarnya cukup untuk membuat komputer atau laptop Anda mati secara otomatis. Namun, jika Anda ingin membuat mode shutdown otomatis "antimainstream", Anda dapat membuatnya melalui file ekstensi BAT. BAT adalah ekstensi untuk membuka program berbasis batch pada Windows yang hanya dapat dijalankan oleh sistem Windows saja.

Untuk membuat file BAT shutdown otomatis, buka Notepad melalui Start> All Programs> Accessories> Notepad ". Anda dapat mengakses Notepad dengan mengetik" notepad "(tanpa tanda kutip) di kolom pencarian yang ditemukan di Start Menu dan kemudian tekan tombol Enter pada keyboard .

Di jendela Notepad terbuka, salin kode berikut:

@tidak aktif
: W
jika% waktu% == 00: 00: 00: 00 goto: X
goto: W
: X
shutdown.exe / s / f / t 60 / c "Tidur !!!!!!"

Setiap perintah yang terdapat dalam kode di atas memiliki arti tersendiri. Kode ini akan memberitahu komputer untuk terus memeriksa jam untuk melihat apakah itu tengah malam. Jika tengah malam, komputer akan dimatikan dengan pesan "Sleep !!!!"

Anda dapat mengubah bagian "if% time% ==" sesuai waktu yang Anda inginkan. Ingat, pengaturan harus dalam format: HH: MM: SS.MS dan dalam format 24 jam untuk file BAT yang Anda buat untuk dijalankan.

Jika kode telah dibuat, maka selanjutnya pilih File> Save As atau tekan Ctrl + S pada keyboard. Ubah opsi "Simpan sebagai tipe" ke "Semua File". Kemudian ketikkan nama file BAT yang baru saja Anda buat. Misalnya, Anda memberi nama "timer.bat" ke dalam bidang nama file. Jika ya, klik "Simpan".

Untuk menjalankan file BAT, klik dua kali pada file. Layar "command prompt" akan muncul. Biarkan jendela ini terbuka saat Anda melakukan pekerjaan. Anggap saja, layarnya seperti "tagihan" di komputer warnet hehehe

Ketika waktu yang Anda set telah tiba, komputer atau laptop Anda akan menampilkan pesan selama satu menit dan kemudian komputer Anda akan dimatikan secara otomatis.

Cara Batalkan Shutdown Otomatis

Nah, Anda sudah dibimbing untuk membuat komputer atau laptop Anda bisa mati secara otomatis. Namun, Anda mungkin mengalami saat ketika tugas belum selesai, tetapi waktunya mepet ke jam "tidur" komputer atau laptop Anda. Jika Anda ingin membatalkan proses shutdown, tekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik "shutdown -a" (tanpa tanda kutip) di jendela yang muncul dan tekan tombol Enter pada keyboard. Jendela Command Prompt akan muncul dan menghilang dengan sendirinya. Balon pesan di sisi kanan layar memberi tahu Anda bahwa proses penutupan telah dibatalkan juga akan muncul.

Begitu banyak artikel kami kali ini seputar cara mematikan komputer atau laptop otomatis di OS Windows. Semoga artikel kami kali ini bermanfaat untuk Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar