--> Skip to main content

3 Cara Merekam Layar Komputer Windows Tanpa Aplikasi atau Software

Cara Merekam Layar Komputer Windows Tanpa Aplikasi atau Software. Banyak perangkat lunak yang dapat digunakan untuk merekam layar komputer, bagi saya sendiri perangkat lunak pihak ketiga (perangkat lunak pihak ketiga) yang berfungsi untuk merekam layar komputer adalah perangkat lunak wajib yang harus diinstal pada komputer saya.

Tetapi tidak semua perangkat komputer dilengkapi dengan perangkat lunak pihak ketiga dengan fungsi seperti itu, dan tentu saja jika harus mengunduh dan menginstal perangkat lunak untuk merekam layar akan memakan banyak waktu, mungkin tidak masalah bagi komputer yang terhubung ke Internet dan jaringan Anda memiliki banyak waktu untuk mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.
3 Cara Merekam Layar Komputer Windows Tanpa Aplikasi atau Software

Jika Anda sedang terburu-buru dan komputer tidak terhubung ke Internet (untuk mengunduh perangkat lunak), apa yang akan Anda lakukan untuk merekam layar komputer? Tahukah Anda bahwa sistem operasi Windows telah dilengkapi dengan alat yang lengkap untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk perekaman layar, oleh karena itu tidak perlu bingung, pertimbangkan pembahasan tentang cara merekam layar komputer tanpa perangkat lunak pihak ketiga berikut.

1. Menggunakan tombol 'PrtScr' pada keyboard

Cara merekam layar komputer tanpa perangkat lunak pihak ketiga menggunakan fungsi tombol 'PrtScr', Anda mungkin sudah tahu bahwa secara default hampir semua sistem operasi komputer mendukung tangkapan layar menggunakan tombol 'PrtScr', tetapi cara ini lebih cocok dalam pengambilan layar panggilan dibandingkan dengan rekaman layar meskipun pada prinsipnya kedua teknik menggunakan metode yang sama.

Tombol 'PrtScr' atau pada beberapa keyboard berlabel 'PrtSc', 'PrtScn', 'PrtScrn', atau 'Print Screen' tergantung pada jenis keyboard komputer yang Anda gunakan, kuncinya adalah 'Print Screen' layar , pada komputer dengan sistem operasi Windows hasil trailer akan langsung di clipboard sehingga Anda perlu menempelkannya ke perangkat lunak lain seperti Microsoft Office Word, Microsoft WordPad, Microsoft Paint, CorelDRAW, Photoshop, dan sebagainya.

Pada sistem operasi Linux terutama distro Ubuntu (atau berbasis Ubuntu), Anda dapat langsung menyimpan hasil potongan ke dalam file gambar tanpa menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, saya menganggapnya sebagai salah satu dari banyak keuntungan Ubuntu.

"Ingat bahwa tombol 'PrtScr' datang dalam berbagai label ('PrtSc', 'PrtScn', 'PrtScrn', dll.) Tetapi tombol 'PrtScr' umumnya di sebelah tombol 'Hapus' atau pada 'Scroll Lock' '(pada keyboard eksternal). "

Untuk merekam layar komputer menggunakan tombol ‘PrtScr’, ikuti langkah – langkah berikut ini :


  1. Buka perangkat lunak WordPad.
  2. Cari di Start menu -> Accessories (atau Windows Accessories), atau ketik ‘wordpad’ pada kolom pencarian di Start menu.
  3. Anda dapat menggunakan perangkat lunak lain seperti Word, CorelDRAW, Photoshop dan lain sebagainya, namun karena yang kita bahas adalah cara merekam layar komputer tanpa software pihak ketiga, maka Saya akan sebisa mungkin menghindari penggunaan perangkat lunak yang bukan bagian dari Windows (built-in software), walaupun Word merupakan produk Microsoft namun karena bukan perangkat lunak built-in maka Saya gunakan WordPad saja.
  4. Atur layar agar sesuai dengan kondisi yang Anda inginkan untuk pencuplikan (misalnya cara meng-uninstall software, maka Anda buka fitur ‘Add or Remove Programs’), kemudian tekan tombol ‘PrtScr’.
  5. Beberapa keyboard mengharuskan Anda menekan kombinasi tombol ‘Ctrl + PrtScr’ atau kombinasi tombol ‘Alt + PrtScr’ untuk dapat mencuplik layar.
  6. Setelah selesai, masuk ke WordPad kemudian ‘paste’ hasil cuplikan layar tersebut dengan cara klik kanan -> Paste atau tekan kombinasi tombol Ctrl + V.
  7. Sebuah gambar hasil cuplikan layar akan muncul, beri komentar / anotasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Menggunakan perangkat lunak built-in ‘Snipping Tool’

Cara merekam layar komputer tanpa perangkat lunak pihak ketiga berikutnya adalah dengan menggunakan 'Snipping Tool', Windows 7, Windows 8 / 8.1 dan sistem operasi Windows 10 secara default telah dilengkapi dengan 'Snipping Tool', Anda dapat menemukannya di menu Start -> Accessories (atau Aksesoris Windows) atau cari dengan kata kunci 'snipping tool' atau hanya 'snip' itu di kolom pencarian di menu Start.

Snipping tool adalah perangkat lunak bawaan Windows (tertanam dalam sistem operasi Windows) yang berguna untuk menangkap layar gratis, Anda dapat menggunakan fitur 'Rectangular Snip' untuk mengambil layar dalam objek seleksi persegi (atau persegi panjang), 'Jendela Snip' untuk mengklik pada layar di objek pemilihan adalah jendela yang Anda tentukan, 'Full-screen Snip' untuk menangkap layar penuh termasuk taskbar, bahkan untuk memilih lebih bebas dengan 'Free-form Snip' yang memungkinkan Anda untuk mengambil layar dengan pilihan bentuk yang bisa Anda sesuaikan.

"Di sistem operasi Windows 7 versi 1607 dan di atasnya, fitur 'Penundaan' ditambahkan ke Snipping Tool, Anda dapat mengatur jeda antara klik tombol 'Baru' dengan penculikan dari 0 detik hingga 5 detik, sangat berguna jika Anda ingin mengklik menu - kanan dan seterusnya. "

Untuk merekam layar komputer menggunakan ‘Snipping Tool’, ikuti langkah – langkah berikut ini :

  • Buka Snipping Tool
  • Atur layar agar sesuai dengan kondisi yang Anda inginkan untuk pencuplikan (misalnya cara me-restore file/folder dari Recycle Bin), klik menu dropdown (ikon penunjuk yang mengarah ke bawah) yang ada di samping kanan teks ‘New’ untuk melihat opsi pencuplikan.
  • Klik pada opsi yang Anda butuhkan, lakukan pencuplikan sesuai dengan mode yang Anda gunakan.
  • Setelah selesai, sebuah window yang berisi gambar hasil cuplikan Anda akan muncul, Anda dapat mengkostumasinya terlebih dahulu dengan memberi tanda dengan pena atau highlighter.
  • Anda dapat menyimpan gambar hasil cuplikan layar dalam format JPG, PNG, GIF (bukan gambar bergerak) atau MHT (file HTML).
  • Anda juga dapat mengirim hasil cuplikan tersebut melalui Email secara langsung (terintegrasi dengan Outlook) atau mengirimnya secara manual melalui web browser.
  • Untuk memberi anotasi atau gambar lainnya, Anda dapat menggunakan perangkat lunak WordPad seperti langkah pada poin sebelumnya.

3. Menggunakan perangkat lunak built-in ‘Microsoft Steps Recorder’
Steps Recorder adalah perangkat lunak bawaan Windows (tertanam dalam sistem operasi Windows) yang berguna untuk merekam aktivitas layar, Steps Recorder sangat sederhana, terutama dalam hal antarmuka, tetapi di balik semua kesederhanaan Steps Recorder memiliki fitur menarik termasuk alat 'keylogger' .

Tampaknya nama keylogger cukup akrab dengan reputasi 'buruk' mengingat banyak perangkat peretasan yang menggunakan keylogger untuk mendapatkan informasi tertentu (biasanya informasi akun dalam nama pengguna dan / atau kata sandi situs web) dengan merekam aktivitas keyboard yang digunakan oleh 'korban'.

Namun dalam Steps Recorder, fitur keylogger akan sangat berguna untuk secara otomatis membuat anotasi screen shot, Steps Recorder secara otomatis membuat anotasi / komentar pada setiap tindakan yang dilakukan oleh pengguna baik dalam bentuk 'klik kiri', 'klik kanan' pada berbagai jenis mouse komputer, menekan tombol pada keyboard, menyeret objek, menghapus, menggunakan fungsi touchpad khusus dan sebagainya.

Steps Recorder tersedia pada sistem operasi Windows 7, Windows 8 / 8.1 dan Windows 10, untuk pengguna Windows XP dan Windows Vista mungkin harus 'gigit jari' dan mencari alternatif perangkat lunak lain yang serupa, misalnya:

DVD VideoSoft’s Free Screen Video Recorder
CamStudio
Ezvid
TinyTake
SmartPixel
Screenflow by Telestream
Icecream Screen Recorder
Screencast-O-Matic
iSpring Free Cam
Camtasia

Beberapa pengguna dari forum resmi Microsoft mencoba menyalin file psr.exe dari system32 ke Windows 7 tetapi Windows XP system32 Steps Recorder tidak dapat dijalankan, bahkan pengguna yang mencoba menyalin file psr.exe dari system32 Windows 7 ke system32 bahkan jika Windows Vista dapat tidak menjalankan Steps Recorder di Windows Vista (meskipun Windows 7 menggunakan kernel berdasarkan kernel Windows Vista).

"Sebelumnya perangkat lunak ini dikenal sebagai 'Masalah Langkah Perekam' singkatnya 'PSR', karena tujuan utama penyertaan perangkat lunak ini ke dalam sistem operasi Windows adalah untuk tujuan pemecahan masalah."

Untuk merekam layar komputer menggunakan ‘Steps Recorder’, ikuti langkah – langkah berikut :

  1. Klik tombol Start, atau buka ‘Run’ melalui kombinasi tombol WinKey + R.
  2. Ketik perintah / keyword ‘psr’ pada kolom pencarian di start menu atau pada kolom ‘Open’ di fasilitas ‘Run’, tekan Enter atau klik tombol OK.
  3. Steps Recorder seharusnya langsung terbuka, jendela Steps Recorder relatif kecil sehingga sering kali pengguna tidak menyadari bahwa perangkat lunak tersebut telah terbuka.
  4. Klik tombol ‘Start Record’ untuk mulai merekam aktivitas layar.
  5. Steps Recorder akan membuat cuplikan layar dari setiap aktivitas Anda.
  6. Setelah selesai, klik tombol ‘Stop Record’ dan jendela baru berisi rincian hasil rekaman akan tampil, Anda dapat me-review-nya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyimpannya atau mengulangi proses rekaman.
  7. Jika Anda merasa hasil rekaman kurang cocok dengan keinginan, Anda dapat mengulanginya dengan menekan tombol ‘New Recording’.
  8. Namun jika hasil rekaman telah sesuai dengan keinginan Anda, klik tombol ‘Save’.
  9. File hasil rekaman secara default akan tersimpan dalam format .zip, di dalamnya Anda dapat menemukan file .mht yang berisi cuplikan hasil rekaman layar Anda lengkap dengan komentar yang secara otomatis di buat oleh Steps Recorder. 

Anda dapat mengirim file melalui Email atau mempublikasikannya secara online di blog media atau situs web, ukuran file bervariasi tergantung pada durasi rekaman pada saat dijalankan, semakin lama kegiatan dicatat semakin banyak gambar yang akan dihasilkan dan tentu saja ukuran file akan semakin besar.

Sesuai dengan tujuan penyertaan perangkat lunak ini karena perangkat lunak bawaan Windows (Windows 7, 8 / 8.1, dan 10) adalah untuk dukungan teknis atau pemecahan masalah, idealnya pengguna akan mengirim rekaman ke pihak yang tertarik untuk memecahkan masalah.

Sampai saat ini saya pribadi belum menemukan alternatif lain yang memiliki fitur yang sama seperti Steps Recorder terutama dalam hal otomatisasi anotasi (dengan fitur keylogger-nya), jadi pengguna Windows Vista dan Windows XP (jika masih menggunakannya) harus secara manual mengetikkan anotasi ingin menambahkan.

Jadi pembahasan tentang cara merekam layar komputer tanpa perangkat lunak pihak ketiga, semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dan menambah pengetahuan kita tentang ilmu dan teknologi komputer, selamat mencoba dan sampai jumpa di diskusi berikutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar