--> Skip to main content

11 Cara Format Flashdisk di Macbook Paling Mudah

Cara Format Flashdisk di Mac Paling Mudah. Ada beberapa alasan yang dapat membuat seseorang meformat flash disk yang dimiliki. Seringkali alasan yang membuat orang memformat flashdisk atau media penyimpanan portabel lainnya adalah masalah yang menghambat pekerjaan mereka. Karena jumlah kapasitas memori yang terlihat tidak sebanyak kapasitas seperti biasanya, masalah akibat kerusakan infeksi virus dan masalah-masalah lainnya. Untuk kali ini kita akan membahas cara memformat flash disk di MAC yang dapat dilakukan dengan mudah

Dalam pembahasan ini metode untuk cara memformat flash pada MAC yang akan kita bahas juga bisa merujuk pada penyebab flash yang tidak terbaca dan cara mengatasinya. Hal ini karena tanpa disadari bagi sebagian orang menggunakan flash pada MAC jika Anda tidak menggunakan format flash yang tepat akan membuat flashdisk tidak berfungsi dengan baik.
Cara Format Flashdisk di Macbook Paling Mudah


Alasan Mengapa Harus Memformat Flashdisk

Setiap jenis sistem operasi komputer umumnya memiliki jenis sistem file yang berbeda. Sebagian besar hard disk eksternal dan Flash Disk yang tersedia di pasaran umumnya tersedia dalam dua jenis sistem file yaitu FAT32 atau NTFS. Format pertama adalah FAT32, dapat digunakan dengan benar dan kompatibel dengan Mac OSX. Berbeda dengan jenis flash disk FAT32 yang memiliki format NTFS yang merupakan tipe file sistem default yang umumnya digunakan untuk Windows, tidak dapat kompatibel dengan MAC OSX.

Jika Anda memiliki flash disk dan tidak tahu jenis file sistem yang dimiliki oleh flash disk, Anda dapat menemukannya dengan mempertimbangkan properti yang dimiliki oleh flash disk.

Jika Anda menggunakan MAC, lihat desktop dan jalankan aplikasi Disk Utility yang dapat Anda temukan di Folder Utilitas (yang merupakan aplikasi). Perangkat flash disk Anda harus ditemukan di sana di sebagian besar kolom kiri, jika Anda menemukannya klik tab "Partisi" sehingga Mac OSX akan menampilkan informasi tentang jenis flash disk Anda termasuk format saat ini.

Dengan menggunakan aplikasi Disk Utility yang tersedia di MAC. Anda dapat mengganti sistem file yang digunakan oleh flash disk Anda. Perlu diingat juga proses pemformatan lebih lambat dari penggantian jenis file, Anda juga akan dapat menghapus semua informasi yang terdapat dalam flash disk Anda, jadi pastikan Anda harus membuat salinan cadangan data - data yang ada di harddisk Anda . Jika Anda sudah tahu bahwa Anda tidak perlu menggunakan perangkat lunak format flash tambahan untuk mengganti jenis sistem file Anda.

Jenis – Jenis Sistem File yang Umum Digunakan di MAC.

Sebelumnya kami telah sedikit menyentuh tentang sistem file yang ada di media penyimpanan portabel seperti flash disk. Untuk melakukan hasil pemformatan yang bekerja dengan baik terutama di MAC. Ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenali format yang disediakan Disk Utility Tool sehingga Anda tidak akan mengalami masalah - masalah dalam penggunaan flash disk Anda di masa depan.

  • Mac OS Extended (Journaled), sistem file default dari Mac OSX


Keuntungan

Jika flash disk Anda diformat dengan menggunakan jenis sistem file seperti ini, flash disk Anda akan memiliki kompatibilitas penuh dengan Mac. Dengan menggunakan sistem file ini Anda akan mendapatkan dukungan penuh untuk hampir semua sistem operasi MAC yang tersedia. Anda bahkan dapat mengatur OS X sebagai drive startup jika Anda tahu cara melakukannya. Dengan begitu Anda bisa melakukan proses booting MAC melalui flash disk Anda.

Kekurangan

Komputer yang menjalankan sistem operasi Windows atau sistem operasi lain benar-benar dapat membaca file yang tersimpan di flash disk yang memiliki sistem file ini. Namun, sistem operasi jenis ini tidak bisa menulis data ke flash disk ini. Ini berarti Anda dapat mentransfer file dari flash disk Anda ke komputer dengan sistem operasi yang berbeda. Namun, Anda tidak dapat melakukan kebalikan dari komputer sistem operasi yang berbeda ke flash disk Anda.

Jika Anda hanya bekerja dengan lingkungan komputer MAC tentun ini tidak menjadi masalah. Namun, jika Anda bekerja dengan lingkungan komputer yang memiliki sistem operasi berbeda maka itu membantu Anda mempertimbangkan jenis format lain.

  • MS-DOS (FAT) / FAT32


Keuntungan

MSD-DOS adalah nama jenis sistem file yang dinamai oleh disk Utilitas untuk jenis sistem file FAT32. Secara keseluruhan FAT32 menawarkan kompatibilitas hampir universal dengan semua jenis sistem komputasi yang tersedia. Drive yang memiliki format ini dapat melakukan transfer file penuh antara Mac dengan jenis komputer lainnya. Anda juga dapat memindahkan file sistem dari konsol permainan video seperti Playstation, Xbox, dan Wii. FAT32 adalah sistem file yang dapat kita temukan dengan sangat sempurna oleh karena itu sebagian besar jenis flash yang dijual memiliki jenis sistem file ini sebagai format secara default.

Kekurangan

Meskipun banyak kelebihan yang dimiliki oleh FAT32 ada kekurangan yang membuat FAT32 tidak dapat digunakan sebagai sistem file yang sempurna. FAT32 tidak mendukung jenis file sistem yang lebih besar dari 4GB, dan itu adalah kelemahan terbesar. Anda juga tidak dapat membuat drive startup untuk Mac menggunakan format ini. Lebih lanjut, FAT32 tidak mendukung fitur fitur OSX Lions Version - yang para penggunanya temukan ketika bekerja langsung dengan file menggunakan USB flash drive. (Ini adalah hal yang seharusnya tidak Anda lakukan). Namun, kekurangannya masih belum dapat meminimalkan keuntungan dari fitur dukungan FAT32 yang hampir universal, dan jika Anda berpikir tidak akan berurusan dengan file yang lebih besar dari 4GB, ini mungkin adalah pilihan yang tepat.

  • exFAT- Format tipe file yang lebih baru, didukung di Mac OSX 10.6.5 dan di atasnya


Keuntungan

exFAT memiliki keuntungan yang hampir sama dengan FT32 dalam format disk yang menawarkan kompatibilitas antara Mac dan PC. exFAT memiliki kelebihan utama dibandingkan dengan FAT32, exFAT dapat mendukung file yang lebih besar dari 4GB, jadi jika Anda ingin memindahkan file besar antara Mac dan komputer OS lainnya, Anda harus menggunakan format ini jika Anda ingin menggunakan format. Sistem file exFAT didukung pada sistem operasi Mac OS Snow Leopard (10.6.5 atau lebih tinggi), OS X Lion, Windows SP2 atau lebih tinggi (dengan fitur pembaruan untuk dukungan exFAT), Windows Vista SP1 atau lebih tinggi, Windows 7 dan di atasnya.

Kekurangan

Salah satu kelemahan dari jenis sistem file dengan format exFAT adalah bahwa jenis format ini tidak didukung oleh versi sistem operasi Mac OSX yang lebih lama (versi sebelumnya 10.6.5) atau lebih lama dari Windows XP SP2. Jika Anda tidak akan berurusan dengan versi Mac yang lebih lama atau sistem operasi yang lebih lama. Ini tentu bukan masalah. Jika Anda ingin mentransfer file antara Mac dan peralatan non-komputer, tentu saja Anda harus menggunakan format flash disk FAT32. Karena peralatan seperti elektronik (kamera, camcoreder, sistem video game) juga tidak mendukung sistem file exFAT.

Cara Format Flash Disk di MAC
Setelah mengenali beberapa jenis file sistem yang sering digunakan pada sistem operasi MAC. Waktunya membahas cara memformat lampu kilat di diskusi berikutnya. Berikut ini cara memformat flash di MAC OS X dengan menggunakan Disk Utility.

  1. Hubungkan flash yang akan Anda format pada komputer atau laptop MAC yang Anda gunakan.
  2. Pastikan bahwa sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya Anda membuat cadangan data penting yang ada di flash Anda.
  3. Jika Anda sudah terhubung buka aplikasi Disk Utility melalui menu Aplikasi> Utilitas> Utilitas Disk.
  4. Jika terbuka, silakan pilih flash yang ingin Anda format.
  5. Dari sana pilih menu hapus di menu di bagian atas untuk memulai proses memformat hard drive.
  6. Jika Anda ingin, Anda dapat menamai flash disk Anda sebelum proses pemformatan dimulai.
  7. Setelah itu pilih format file system yang sesuai dengan kebutuhan yang akan Anda gunakan. Anda dapat mengacu pada penjelasan sebelumnya tentang sistem file, untuk menentukan sistem file yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  8. Untuk skema biarkan pengaturan default seperti GUID Partition MAP.
  9. Jika Anda telah selesai, silakan pilih tombol hapus untuk mulai memformat hard drive eksternal atau flash USB Anda.
  10. Tunggu hingga proses pemformatan selesai. Proses format akan berlangsung sesuai dengan jumlah kapasitas flash disk yang Anda miliki dari beberapa detik hingga beberapa menit.
  11. Setelah selesai klik Selesai Untuk menyelesaikan proses pemformatan.
  12. Jenis sistem file yang ada pada flash disk juga dapat digunakan pada berbagai jenis hard drive karena itu penting untuk mengenali perbedaan antara sistem file yang berbeda yang tersedia sehingga Anda dapat memaksimalkan media penyimpanan yang Anda miliki.


Perlu diingat bahwa proses pemformatan tidak akan dapat menyelesaikan hampir semua masalah media penyimpanan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki flash disk yang selalu meminta format, ada baiknya Anda mencoba cara memperbaiki format pendrive yang terus terdingai untuk menyelesaikan masalah.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar