--> Skip to main content

Pengertian Dan 7 Contoh Kalimat Gramatikal beserta Maknanya dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Dan 7 Contoh Kalimat Gramatikal beserta Maknanya dalam Bahasa Indonesia, Kalimat gramatikal adalah kalimat yang mengandung makna gramatikal. Arti gramatikal itu sendiri adalah makna yang terbentuk dari gramatikalisasi sebuah kata. Gramatikation terdiri dari afiksasi (reduplikasi), reduplikasi (pengulangan kata), dan penempatan kata. Untuk mencari tahu jenis kalimat apa yang memiliki arti gramatikal, dalam artikel ini akan ditunjukkan beberapa contohnya. Contohnya adalah sebagai berikut!

7 Contoh Kalimat Gramatikal beserta Maknanya

1. Ami dan teman-temannya sedang bermain rumah-rumahan.

Kata rumah-rumahan pada kalimat di atas bermakna menyerupai rumah atau diserupakan dengan rumah. Kata rumah-rumahan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata rumah yang digramatikalisasi dengan cara reduplikasi, di mana reduplikasi yang dilakukan adalah reduplikasi berimbuhan atau pengulangan kata yang dilakukan sembari memberi imbuhan pada kata yang telah diulang tersebut.

2. Pada malam hari, sinar lampu di rumah api akan menyala.

Kata rumah api pada kalimat di atas bermakna mercusuar. Kata rumah api sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata rumah yang digramatikalisasi dengan cara pemajemukkan kata. Adapun pemajemukkan kata yang dilakukan pada kata ini dilakukan dengan cara menggabungkan kata rumah dengan kata lainnya, yaitu api.

3. Setelah gajian, Pak Burhan pun mengajak kami makan-makan di sebuah restoran.

Kata makan-makan pada kalimat di atas mempunyai makna kegiatan makan yang dilakukan untuk bersenang-senang ataupun berpesta. Kata makan-makan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata makan yang dilakukan dengan cara reduplikasi ataupun mengulangi kata tersebut. Adapun reduplikasi yang dilakukan adalah reduplikasi utuh atau pengulangan kata secara utuh.

4. Tadi siang, aku melihatnya tengah berjalan di taman sendirian.

Kata berjalan pada kalimat di atas bermakna bergerak dari satu titik ke titik lainnya. Kata berjalan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi dari kata jalan yang digramatikalisasi dengan cara afiksasi atau pemberian imbuhan, di mana imbuhan yang diberikan adalah imbuhan ber-.

5. Untuk melepas penat, aku pun berjalan-jalan di taman kota selama 15 menit.

Kata berjalan-jalan pada kalimat di atas bermakna melepas penat dengan berjalan kaki di suatu tempat. Adapun kata berjalan-jalan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata jalan yang digramatikalisasi dengan cara reduplikasi imbuhan atau pengulangan kata sekaligus pemberian imbuhan.

6. Kami semua masih belum menemukan jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Kata jalan keluar pada kalimat di atas mempunyai makna solusi. Adapun kata jalan keluar sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata jalan yang digramatikalisasi dengan cara pemajemukkan kata, di mana kata jalan digabungkan atau dimajemukkan dengan kata keluar yang bermakna bergerak dari sebelah dalam menuju sebelah luar.

7. Pak Umar telah membeli salah satu rumah yang ada di perumahan tersebut.

Kata perumahan pada kalimat di atas mempunyai makna kumpulan rumah-rumah yang ada di suatu wilayah. Kata perumahan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata rumah yang digramatikalisasi dengan cara afiksasi atau pemberian imbuhan, di mana imbuhan yang diberikan pada kata ini adalah imbuhan pe(n)-an.

Pengertian Dan 7 Contoh Kalimat Gramatikal beserta Maknanya dalam Bahasa Indonesia

Demikian beberapa contoh kalimat gramatikal dan maknanya dalam bahasa Indonesia. Untuk menambahkan referensi ke makna gramatikal, pembaca dapat membuka artikel makna gramatikal dan, misalnya, kalimat gramatikal dan leksikal, contoh makna leksikal dan gramatikal, perbedaan makna gramatikal dan leksikal, contoh perubahan tata bahasa gramatikal oleh afiksasi, contoh perubahan tata bahasa gramatikal oleh reduplication, dan contoh perubahan makna gramatikal dengan cara pembentukan kata. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca. Terima kasih.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar