Pengertian Dan 15 Contoh Kalimat Leksikal dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Dan 15 Contoh Kalimat Leksikal dalam Bahasa Indonesia
Pengertian Dan 15 Contoh Kalimat Leksikal dalam Bahasa Indonesia
Pengertian Dan 15 Contoh Kalimat Leksikal dalam Bahasa Indonesia, Kalimat leksikal adalah kalimat yang mengandung makna leksikal di dalamnya. Makna leksikal itu sendiri adalah arti asli dari sebuah kata yang biasanya dapat ditemukan dalam kamus. Dalam artikel ini, kita akan mengetahui beberapa contoh kalimat yang termasuk dalam kalimat leksikal. Adapun beberapa contoh ini seperti yang tercantum di bawah ini!

15 Contoh Kalimat Leksikal


  1. Karena tidak mempunyai lampu, Pak Syamsuri biasa menerangi rumahnya di kala malam dengan menggunakan lentera. (Lentera: lampu kecil yang bertutup kaca, di mana cahaya lampu ini berasal dari lilin yang dinyalakan di dalamnya)
  2. Kapal itu pun telah membentangkan layar miliknya. (Layar: kain tebal yang dibentangkan untuk menadah angin agar perahu dapat bergerak maju)
  3. Film itu pun telah ditayangkan di layar bioskop tersebut. (Layar: bidang yang berupa sebuah kain besar, papan, atau kaca yang digunakan sebagai tempat menayangkan gambar, baik itu untuk televisi, film, atau hal-hal lain yang sejenis)
  4. Kuda itu sepertinya kelelahan karena tidak sanggup mengangkat beban yang cukup berat di pundaknya. (beban: barang (yang berat) yang dibawa; muatan yang dipanggul)
  5. Kucing itu telah mencuri ikan yang ada di atas meja makan kami. (Ikan: binatang bertulang belakang yang hidup di dalam air, berdarah dingin, umumnya bernapas dengan insang, bersisik, dan mempunyai sirip yang berfungsi sebagai organ penggerak dan penyeimbang tubuhnya)
  6. Pak Broto dan rekan-rekannya telah mendirikan suatu badan usaha di bidang perikanan. (badan: sekumpulan orang yang merupakan kesatuan dan mempunyai tujuan untuk melakukan sesuatu)
  7. Kini, matahari pun telah tenggelam menuju tempat peraduannya. (Tenggelam: terbenam)
  8. Jalan itu mesti diperbaiki karena sudah banyak lubang di atasnya. (Jalan: tempat yang biasanya dilalui oleh orang atau kendaraan)
  9. Hasan telah membeli sebuah rumah yang dia beli dari uang hasil tabunagnnya selama ini. (Rumah: bangunan yang digunakan untuk tempat tinggal)
  10. Perut Andri kekenyangan karena terlalu banyak makan. (Makan: kegiatan memasukkan makanan dan minuman ke dalam mulut, yang kemudan dikunyah dan setelah itu ditelan.
  11. Dhira sedang bercermin di depan kaca spion motornya. (Kaca: benda yang keras, biasanya bening dan mudah pecah)
  12. Piring yang dipegang oleh Gita berisi nasi putih dan beberapa lauk yang ada di sampingnya. (Piring: wadah berbentuk bundar pipih dan sedikit cekung yang terbuat dari porselen dan lazimnya digunakan sebagai tempat untuk meletakkan nasi beserta lauk pauknya)
  13. Pemandangan senja di pantai ini sangatlah indah. (Senja: waktu (hari) setengah gelap sesudah matahari terbenam)
  14. Ayah sudah tiba di kantor pada pukul delapan pagi. (Pagi: waktu setelah matahari terbit)
  15. Api yang menjalar di gedung-gedung itu kian besar dan sulit untuk dpadamkan. (Api: panas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar; nyala)

Pengertian Dan 15 Contoh Kalimat Leksikal dalam Bahasa Indonesia


Demikianlah beberapa contoh kalimat leksikal dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa referensi makna leksikal dan jenis makna kata lainnya, pembaca dapat membuka artikel makna leksikal dan misalnya, contoh leksikal dan tata bahasa dari makna, kalimat gramatikal dan leksikal, makna gramatikal dan leksikal, arti idiomatik dan contoh, serta makna dan contoh gramatikal. Semoga bermanfaat dan mampu memberikan wawasan bagi para pembaca juga, baik tentang makna leksikal maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Begitu banyak dan terima kasih untuk semua pembaca.