Pengertian Dan 7 Contoh Kalimat Gramatikal Pemajemukkan Kata dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Dan 7 Contoh Kalimat Gramatikal Pemajemukkan Kata dalam Bahasa Indonesia
Pengertian Dan 7 Contoh Kalimat Gramatikal Pemajemukkan Kata dalam Bahasa Indonesia
Pengertian Dan 7 Contoh Kalimat Gramatikal Pemajemukkan Kata dalam Bahasa Indonesia, Kalimat gramatikal pemajemukkan kata adalah kalimat yang memiliki makna gramatikal yang terbentuk dari proses pemajemukkan kata. Proses mengasah kata itu sendiri adalah proses menggabungkan kata dengan kata lain yang menghasilkan makna baru. Dalam artikel ini, kita akan tahu contoh-contoh kalimat apa yang mengandung makna gramatikal. Contohnya adalah sebagai berikut!

7 Contoh Kalimat Gramatikal Pemajemukkan Kata dalam Bahasa Indonesia

1. Mobil balap itu berhasil menyalip lawan-lawannya dengan mudah.

Kata mobil balap pada kalimat di atas mempunyai makna sebuah mobil yang digunakan untuk kegiatan balapan. Kata mobil balap sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata mobil yang dimajemukkan atau digabungkan dengan kata lainnya, di mana kata tersebut adalah kata balap.

2. Lebaran nanti, aku akan mudik ke Surabaya dengan menaiki kereta api.

Kata kereta api pada kalimat di atas mempunyai makna sebuah kendaraan umum yang terdiri dari rangkaian gerbong yang ditarik oleh lokomotif, dijalankan dengan tenaga uap atau listrik, dan berjalan di atas sebuah rel. Kata kereta api sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata kereta yang dimajemukkan atau digabungkan dengan kata api.

3. Pak Pandu sudah menjadi tangan kanan Pak Tama sejak lima tahun yang lalu.

Kata tangan kanan pada kalimat di atas mempunyai makna orang kepercayaan. Kata tangan kanan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata tangan yang dilakukan dengan cara memajemukkan atau menggabungkan kata tersebut dengan kata lainnya, yaitu kata kanan.

4. Nathan merupakan anak emas dari kepala sekolah X-1, Pak Mustaqim.

Kata anak emas pada kalimat di atas mempunyai makna anak yang paling disayangi oleh orang yang lebih tua darinya, entah itu orang tua, guru, atau pemimpin perusahaan. Kata anak emas sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata anak yang dilakukan dengan cara memajemukkan atau menggabungkan kata tersebut dengan kata lainnya, yaitu kata emas.

5. Kami masih belum menemukan jalan keluar atas permalahan tersebut

Kata jalan keluar pada kalimat diatas bermakna solusi. Adapun kata jalan keluar sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata jalan yang dimajemukkan atau digabungkan dengan kata keluar.

6. Kami sekeluarga tengah makan di sebuah rumah makan yang ada di jalan Kemang.

Kata rumah makan pada kalimat di atas bermakna restoran atau kedai tempat orang-orang makan. Kata rumah makan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata rumah yang dilakukan dengan memajemukkan atau menggabungkan kata tersebut dengan kata lainnya, yaitu makan.

7. Pak Handoko tengah makan malam bersama istrinya di sebuah restoran mewah.

Kata makan malam pada kalimat di atas mempunyai makna menyantap makanan atau melakukan kegiatan makan di waktu malam hari. Kata makan malam sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata makan yang dimajemukkan atau digabungkan dengan kata lainnya, di mana kata lain tersebut adalah kata malam.


Demikianlah beberapa contoh kata-kata ungkapan gramatikal dalam bahasa Indonesia. Untuk menemukan beberapa referensi untuk makna gramatikal lainnya, pembaca dapat membuka artikel makna gramatikal dan contoh, kalimat gramatikal, contoh afirmasi gramatikal, 

redaptlikasi tata bahasa gramatikal, contoh perubahan tata bahasa gramatikal oleh reduplikasi, contoh perubahan tata bahasa gramatikal oleh afiksasi, perubahan dalam arti gramatikal dengan cara penempatan kata. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca juga, baik tentang arti bahasa gramatikal maupun bahasa Indonesia. Itu saja dan terima kasih.