Pengertian Dan 6 Contoh Kalimat Gramatikal Reduplikasi dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Dan 6 Contoh Kalimat Gramatikal Reduplikasi dalam Bahasa Indonesia
Pengertian Dan 6 Contoh Kalimat Gramatikal Reduplikasi dalam Bahasa Indonesia
Pengertian Dan 6 Contoh Kalimat Gramatikal Reduplikasi dalam Bahasa Indonesia, Istilah gramatikal reduplication adalah kalimat yang mengandung arti gramatikal yang terbentuk dari proses reduplikasi. Proses reduplikasi itu sendiri adalah proses yang membentuk kata dasar yang bermakna leksikal menjadi kata yang bermakna baru. Pada artikel ini, akan ditampilkan beberapa contoh kalimat yang mengandung arti gramatikal reduplikasi mereka. Contoh-contoh yang dimaksud adalah sebagai berikut!

6 Contoh Kalimat Gramatikal Reduplikasi dalam Bahasa Indonesia

1. Tukang sayur itu menjual berbagai macam jenis sayur-mayur.

Kata sayur-mayur pada kalimat di atas mempunyai makna berbagai jenis sayur yang ada. Kata sayur mayur sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata sayur yang digramatikalisasi dengan cara reduplikasi salin suara. Reduplikasi ini merupakan reduplikasi atau pengulangan kata yang dilakukan dengan cara mengulang kata dasar tersebut dan merubah salah satu suara pada fonem kata dasar tersebut.

2. Adikku yang bernama Jenny sedang bermain rumah-rumahan bersama seorang temannya.

Kata rumah-rumahan pada kalimat di atas mempunyai makna menyerupai atau diserupakan dengan rumah. Kata rumah-rumahan sendiri merupakan gramatikalisasi kata rumah yang dilakukan dengan cara reduplikasi berimbuhan seperti halnya yang dilakukan pada contoh nomor 1. Bedanya, pada contoh ini, kata ulangnya diberi imbuhan di belakang, sedangkan kata ulang pada contoh 1 imbuhannya diberikan di bagian depan.

3. Pak Muhsin dan koleganya sedang makan-makan di sebuah restoran mahal.

Kata makan-makan pada kalimat di atas mempunyai makna acara makan yang dilakukan untuk bersenang-senang ataupun pesta. Kata makan-makan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata makan yang dilakukan dengan cara reduplikasi dwilingga. Raduplikasi dwilingga tersebut juga dilakukan pada contoh kalimat nomor 2.

4. Untuk melepas penatku di hari Minggu, aku pun berjalan-jalan di sekitar kompleks rumahku.

Kata berjalan-jalan pada kalimat di atas bermakna melakukan kegiatan berjalan di suatu tempat dengan tujua untuk melepas penat ataupun ketegangan. Kata berjalan-jalan sendiri merupakan kata yang terbentuk dari hasil gramatikalisasi kata jalan yang direduplikasi dengan cara reduplikasi berimbuhan. Adapun reduplikasi berimbuhan sendiri adalah proses pengulangan kata yang dilakukan denga cara mengulang kata dasar sekaligus memberi imbuhan pada kata yang telah diulang tersebut.

5. Anak-anak tengah asyik bermain bola di tanah lapang.

Kata anak-anak pada kalimat di atas bermakna anak yang masih belum dewasa atau anak yang masih kecil. Kata anak-anak sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata anak yang digramatikalisasi dengan cara mereduplikasi kata tersebut. Adapun reduplikasi yang dilakukan adalah reduplikasi dwilingga atau pengulangan kata yang dilakukan dengan cara mengulangi kata dasar itu dengan bentuk dasar dari kata yang diulang tersebut.

6. Taman itu mempunyai banyak pepohonan yang tinggi dan juga rindang.

Kata pepohonan pada kalimat di atas mempunyai makna kelompok dari berbagai jenis pohon. Kata pepohonan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata pohon yang digramatikalisasi dengan cara reduplikasi dwipurwa. Reduplikasi dwipurwa adalah pengulangan kata yang dilakukan dengan cara mengulang sebagian unsur kata dasar yang hendak diulang tersebut.


Demikian beberapa contoh frase reduplikasi gramatikal dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa referensi di sekitar makna gramatikal, pembaca dapat membuka artikel makna gramatikal dan contoh, kalimat gramatikal, contoh perubahan tata bahasa gramatikal dengan afiksasi, contoh perubahan tata bahasa gramatikal dengan cara reduplikasi, contoh perubahan tata bahasa oleh pembentukan kata, afiksasi, dan contoh makna leksikal dan gramatikal. Semoga bermanfaat untuk semua Pustaka.