Kalimat Simpleks: 16 Contoh Kalimat Simpleks Berpola S-P-O-K dalam Bahasa Indonesia

 Kalimat Simpleks: 16 Contoh Kalimat Simpleks Berpola S-P-O-K dalam Bahasa Indonesia
 Kalimat Simpleks: 16 Contoh Kalimat Simpleks Berpola S-P-O-K dalam Bahasa Indonesia
Berbagai contoh beberapa jenis kaimat telah ditunjukkan dalam artikel sebelumnya. Beberapa artikel termasuk contoh kalimat inversi bersama dengan pola mereka, contoh kalimat pidato, contoh kalimat langsung, contoh kalimat deklaratif negatif, contoh frase polisemi, dan contoh kalimat klasifikasi. Artikel ini juga akan menunjukkan contoh satu jenis kalimat, di mana jenis kalimatnya adalah kalimat simpleks.

Kalimat simpleks adalah kalimat yang hanya memiliki satu predikat, di mana predikat itu sendiri mengambil bentuk jenis kata kerja atau contoh frase kata kerja. Selain itu, kalimat ini memiliki pola kalimat dasar S-P, S-P-O, dan S-P-O-K. Khusus untuk artikel kali ini, kita akan tahu seperti apa contoh kalimat simpleks dengan pola S-P-O-K. Contoh frasa simpel yang bermotif S-P-O-K adalah sebagai berikut:

  1. Polisi akhirnya menangkap para perampok itu tadi malam. (S= polisi, P= akhirnya menangkap, O= para perampok itu, K= tadi malam)
  2. Pak Usman menjual ayam potong di pasar. (S= Pak Usman, P= menjual, O= ayam potong, K= di pasar)
  3. Pak Udin menjual batu akik dengan kualitas tinggi. (S= Pak Udin, P= menjual, O= batu akik, K= dengan kualitas tinggi)
  4. Para polisi tengah mengejar sekelompok tahanan yang kabur dari penjara. (S= para polisi, P= tengah mengejar, O= sekelompok tahanan, K= yang kabur dari penjara)
  5. Polisi menemukan sejumlah barang bukti di kamar indekos pelaku. (S= polisi, P= menemukan, O= sejumlah barang bukti, K= di kamar indekos pelaku)
  6. Ayah membawa oleh-oleh dari Yogyakarta. (S= Ayah, P= membawa, O= oleh-oleh, K= dari Yogyakarta)
  7. Para petani sedang menanam padi di sawah. (S= para petani, P= sedang menanam, O= padi, K= di sawah)
  8. Ibu memasak opor ayam untuk hari raya besok. (S= Ibu, P= memasak, O= opor ayam, K= untuk hari raya besok)
  9. Ibu membeli sayur-sayuran dari tukang sayur langganannya. (S= Ibu, P= membeli, O= sayur-sayuran, K= dari tukang sayur langganannya)
  10. Ibu Guru menyuruh orang tuaku untuk menghadiri rapat besok. (S= Ibu Guru, P= menyuruh, O= orang tuaku, K= untuk menghadiri rapat besok)
  11. Ayah membeli sebuah lukisan dari seorang pelukis ternama. (S= Ayah, P= membeli, O= sebuah lukisan, K= dari seorang pelukis ternama)
  12. Arini membacakan puisi tersebut dengan penuh penghayatan. (S= Arini, P= membacakan, O= puisi tersebut, K= dengan penuh penghayatan)
  13. Paman menggergaji kayu itu dengan menggunakan gergaji. (S= paman, P= menggergaji, O= kayu itu, K= dengan menggunakan gergaji)
  14. Bibi memasak gulai ikan kakap di dapur rumahku. (S= bibi, P= memasak, O= gulai ikan kakap, K= di dapur rumahku)
  15. Kakek sedang membaca koran di beranda rumah kami. (S= kakek, P= sedang membaca, O= koran, K= di beranda rumah kami)
  16. Kucing itu telah mencuri ikan asin yang ada di meja makan kami. (S= kucing itu, P= telah mencuri, O= ikan asin, K= yang ada di meja makan kami)



Demikianlah beberapa contoh frasa simpel bercorak S-P-O-K dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin tahu lebih banyak tentang kalimat simpel, maka pembaca dapat membuka artikel kalimat yang sederhana dan rumit. Diskusi tentang artikel ini cukup untuk sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu meningkatkan wawasan pembaca, baik itu tentang kalimat khususnya, dan bahasa Indonesia secara umum. Itu saja dan terima kasih.