--> Skip to main content

Kalimat Keterangan : 10 Contoh Kalimat Keterangan Kesalingan dalam Bahasa Indonesia

Kalimat Keterangan : 10 Contoh Kalimat Keterangan Kesalingan dalam Bahasa Indonesia, Sebuah kalimat tunggal yang berpola S P, atau S P O, atau S P O K dapat dikembangkan dengan memasukkan kata keterangan. Jenis-jenis keterangan termasuk interogasi, interogasi waktu, tingkat deskripsi kata, cara deskripsi kata, dan lain-lain. Contoh pengembangan kalimat tunggal adalah menjadi deskripsi kalimat tentang keterkaitan seperti yang akan dibahas lebih lanjut di sini. Kalimat deskripsi hubungan adalah kalimat yang menjelaskan bahwa subjek dalam bentuk jamak dari suatu kalimat untuk melakukan kegiatan secara bergantian. Kata yang menjadi penjelasan adalah kata deskripsi kebersamaan seperti satu sama lain, timbal balik dan mentah.

Contoh kalimat keterangan kesalingan :

  1. Lima bersaudara itu ternyata tidak begitu dekat satu sama lain. (Pada contoh tersebut kata keterangan kesalingan ditempatkan pada akhir kalimat seperti pada umumnya).
  2. Kita tidak di perbolehkan membuka aib satu sama lain.
  3. Bu Yosi dan Bu Yani bertemu di pasar, dan kemudian mereka saling menyapa satu sama lain.
  4. Hanya karena tidak ada yang mau mengalah, akhirnya terjadi baku tembak.
  5. Baku tembak terjadi antara polisi dengan kawanan perampok itu.
  6. Dedi terlibat baku hantam pada saat keributan itu terjadi.
  7. Baku hantam antara kedua pria itupun tidak dapat dihindari lagi.
  8. Kesadaran anggota keluarga untuk saling memberi dan menerima akan menimbulkan keharmonisan. (Kata keterangan saling pada contoh ini, menerangkan bahwa setiap anggota keluarga melakukan aktivitas memberi dan menerima secara bergantian diantara mereka).
  9. Di kereta itu kami hanya terdiam dan saling tatap.
  10. Ketika gempa terjadi aku dan ibu saling peluk. (Pada kalimat yang mengandung konjungsi tersebut, klausa saling peluk adalah penulisan yang benar. Akan menjadi berlebihan jika ditulis saling berpelukan).



Selain contoh kalimat penjelasan ini, beberapa contoh kalimat lainnya, yaitu contoh kalimat penjelasan similatif, contoh alat deskripsi kalimat, contoh kalimat deskripsi cara, contoh kalimat maksud deskripsi, contoh kalimat deskripsi tempat, contoh kalimat penyebab sebab , misalnya deskripsi kalimat waktu dan contoh uraian kalimat yang dapat menambah wawasan dan referensi Anda.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar