--> Skip to main content

Kalimat Pasif: 17 Contoh Kalimat Pasif Transitif dalam Bahasa Indonesia

Kalimat Pasif: 17 Contoh Kalimat Pasif Transitif dalam Bahasa Indonesia, Kalimat pasif transitif adalah salah satu jenis kalimat pasif dan jenis kalimat berdasarkan subjek. Kalimat ini sendiri adalah bentuk pasif dari kalimat aktif transitif. Salah satu ciri dari frasa ini adalah adanya di- atau di-an pada predikatnya. Selain tu, kalimat ini memiliki pola yang khas, di mana pola kalimat dasar dan contoh pembandingnya dalam kalimat ini adalah O-P-S dan O-P-S-K. Untuk mengetahui seperti apa kalimat ini, berikut beberapa contoh frase transitif pasif dalam bahasa Indonesia!

17 Contoh Kalimat Pasif Transitif dalam Bahasa Indonesia


  1. Pagar itu dicat Paman dengan menggunakan cat berwarna krem. (O= pagar itu, P= dicat, S= paman, K= dengan menggunakan cat berwarna krem)
  2. Penjahat itu telah ditangkap polisi tadi pagi. (O= penjahat itu, P= telah ditangkap, S= polisi, K= tadi pagi)
  3. Sejumlah barang bukti ditemukan polisi di kamar indekos pelaku. (O= sejumlah barang bukti, P= ditemukan, S= polisi, K= di kamar indekos pelaku)
  4. Putra dijenguk teman-temannya kemarin sore. (O= Putra, P= dijenguk, S= teman-temannya, K= kemarin sore)
  5. Fitri dtelepon Ayahnya saat jam istirahat sekolah. (O= Fitri, P= ditelepon, S= Ayahnya, K= saat jam istirahat sekolah)
  6. Lani dibawa petugas PMR ke UKS. (O= Lani, P= dibawa, S= petugas PMR, K= ke UKS)
  7. Korban tabrak lari itu dibawa warga ke rumah sakit terdekat. (O= korban tabrak lari itu, P= dibawa, S= warga, K= ke rumah sakit terdekat)
  8. Soal-soal ujian itu telah dikerjakan Ika dengan sangat baik. (O= soal-soal ujian itu, P= telah dikerjakan, S= Ika, K= dengan sangat baik)
  9. Ikan asin itu telah dimakan kucing peliharaanku, (O= ikan asin, P= telah dimakan, S= kucing peliharaanku)
  10. Emas Bu Susan telah dibeli Bu Musworo. (O= emas Bu Susan, predikat= telah dibeli, S= Bu Musworo)
  11. Kalung itu diberikan Winda untuk saudara kembarnya yang tengah berulang tahun. (O= kalung itu, P= diberikan, S= Winda, K= untuk saudara kembarnya yang tengah berulang tahun)
  12. Mobil itu telah dibeli Pak Daniel dengan biaya yang cukup mahal. (O= mobil itu, P= dibeli, S= Pak Daniel, K= dengan biaya yang cukup mahal)
  13. Kalung itu ditemukan Shani di pinggir jalan. (O= kalung itu, P= ditemukan, S= Shani, K= di pinggir jalan)
  14. Gelang dan kalung itu digadaikan Ibu ke pegadaian. (O= gelang dan kalung itu, P= digadaikan, S= Ibu, K= ke pegadaian)
  15. Gitar itu dilelang Ivan di acara amal tersebut. (O= gitar itu, P= dilelan, S= Ivan, K= di acara amal tersebut)
  16. Puisi itu dibacakan Indah dengan sangat baik. (O= puisi itu, P= dibacakan, Indah, K= dengan sangat baik)
  17. Puisi itu digubah Haris dengan sepenuh hatinya. (O= puisi itu, P= digubah, S= Haris, K= dengan sepenuh hatinya)



Begitulah beberapa contoh kalimat pasif transitif dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin melihat beberapa contoh kalimat pasif atau jenis kalimat lain, pembaca dapat membuka contoh contoh pasif dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat aktif intransitif, kalimat aktif semitransitif, dan contoh kalimat bipolar dan aktif. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca juga, baik tentang kalimat khususnya, dan tentang bahasa Indonesia secara umum. Itu saja dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar