--> Skip to main content

Kalimat Pasif: 15 Contoh Kalimat Pasif Intransitif dalam Bahasa Indonesia

Kalimat pasif intransitif adalah salah satu jenis kalimat pasif dan jenis kalimat berdasarkan subjek. Kalimat pasif ini adalah kalimat yang tidak memiliki objek dan predikatnya ditempelkan dengan imbuhan di-, di, atau ter-. Biasanya, pola kalimat dasar bersama dengan contoh-contoh yang terkandung dalam kalimat ini adalah S-P-K atau S-P-Pel. Agar pembaca lebih memahami, dalam artikel ini akan menunjukkan beberapa contoh kalimat pasif intransitif tersebut. Contoh-contoh yang dimaksud adalah sebagai berikut!

Contoh Kalimat Pasif Intransitif dalam Bahasa Indonesia

  1. Mobil itu tertimpah oleh sebuah pohon yang besar. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= mobil itu, P= tertimpa, K= oleh sebuah pohon yang besar)
  2. Sejumlah barang bukti telah ditemukan di kamar indekos korban. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= sejumlah barang bukti, P= ditemukan, K= di kamar indekos korban)
  3. Anak itu dibesarkan oleh orang tua tirinya. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= anak itu, P= dibesarkan, K= oleh orang tua tirinya)
  4. Tindak kejahatan itu telah terekam kamera CCTV. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= tindak kejahatan itu, P= telah terekam, Pel= kamera CCTV)
  5. Produk kosmetik itu telah didistribusikan ke semua toko kosmetik yang ada. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= produk kosmetik itu, P= telah didistribusikan, K= ke semua toko kosmetik yang ada)
  6. Daun-daun yang berjatuhan itu telah terhempas oleh angin. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= daun-daun yang berjatuhan itu, P= telah terhempas, K= oleh angin)
  7. Kaset musik itu dijual di gerai-gerai musik terdekat. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= kaset musik itu, P= dijual, K= di gerai-gerai musik terdekat)
  8. Pelaku telah tertangkap polisi. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= pelaku, P= telah tertangkap, Pel= polisi)
  9. Keberadaan pelaku tengah dilacak sejumlah intel dan anjing pelacak. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= keberadaan pelaku, P= tengah dilacak, Pel= sejumlah intel dan anjing pelacak)
  10. Emas itu digadaikan ke toko emas. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= emas itu, P= digadaikan, K- ke toko emas)
  11. Sayur-sayuran itu tengah dijual di pasar. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= sayur-sayuran itu, P= tengah dijual, K= di pasar)
  12. Korban tabrak lari itu dilarikan ke rumah sakit terdekat. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= korban tabrak lari itu, P= dilarikan, K= ke rumah sakit terdekat)
  13. Sepeda motor itu tertabrak sebuah mobil bus antarkota. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= sepeda motor itu, P= tertabrak, Pel= sebuah mobil bus antarkota)
  14. Rumah-rumah itu telah tertimpa tanah longsor. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= rumah-rumah itu, P= telah tertimpa, Pel= longsor)
  15. Mobil itu terperosok ke dalam jurang. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= mobil itu, P= terperosok, K= ke dalam jurang)




Begitu juga beberapa contoh kalimat pasif intransitif dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui contoh lain kalimat pasif atau jenis kalimat lain, pembaca dapat membuka contoh contoh pasif dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat aktif transitif, contoh kalimat aktif intransitif, contoh definisi kalimat, dan contoh kalimat definisi hewan. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca juga, baik tentang kalimat pada khususnya, atau tentang bahasa Indonesia secara umum. Terima kasih banyak
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar