--> Skip to main content

Kalimat Berpola: 16 Contoh Kalimat Berpola K-S-P-O dalam Bahasa Indonesia

Kalimat Berpola: 16 Contoh Kalimat Berpola K-S-P-O dalam Bahasa Indonesia, Kalimat adalah satu kesatuan bahasa yang berdiri sendiri dan memiliki makna tertentu di dalamnya. Secara tertulis, ada beberapa pola yang dapat digunakan untuk menulis kalimat. Salah satu pola tersebut adalah K-S-P-O. Pola ini sendiri adalah pengembangan pola S-P-O-K dengan elemen K di depannya. Unsur-unsur kalimat dalam bahasa Indonesia yang terkandung dalam pola ini termasuk Deskripsi, Subjek, Predikat, dan Objek.

Dalam artikel ini, kita akan mengetahui beberapa contoh kalimat yang menggunakan pola tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut!

16 Contoh Kalimat Berpola K-S-P-O 

  1. Dari kamar pelaku, polisi menemukan sejumlah barang bukti. (K: dari kamar pelaku, S: polisi, P: menemukan, O: sejumlah barang bukti)
  2. Dari acara seminar itu, aku mendapat sejumlah pengetahuan baru. (K: dari acara seminar itu, S: aku, P: mendapat, O: sejumlah pengetahuan baru)
  3. Karena ketahuan membolos, Adi pun harus menerima hukuman. (K: karena ketahuan membolos, S: Adi pun, P: harus menerima, O: hukuman)
  4. Sejak kemarin, aku sudah mencurigai tingkah lakunya. (K: sejak kemarin, S: aku, P: sudah mencurigai, O: tingkah lakunya)
  5. Sejak kemarin, hujan membasahi kota ini. (K: sejak kemarin, S: hujan, P: membasahi, O: kota ini)
  6. Dari balkon rumahku, aku melihat sinar bulan purnama. (K: dari balkon rumahku, S: aku, P: melihat, O: sinar bulan purnama)
  7. Selama ujian berlangsung, Pak Amir terus mengawasi para siswa. (K: selama ujian berlangsung, S: Pak Amir, P: terus mengawasai, O: para siswa)
  8. Saat kami sedang tidak di meja makan, kucing itu mencuri ikan pindang tersebut. (K: saat kami sedang tidak di meja makan, S: kucing itu, P: mencuri, O: ikan pindang tersebut)
  9. Di dalam kamarnya, dia terus menangisi kepergian kekasihnya. (K: di dalam kamarnya, S: dia, P: terus menangisi, O: kepergian kekasihnya)
  10. Di beranda rumah, ayah sering membaca koran. (K: di beranda rumah, S: ayah, P: sering membaca, O: koran)
  11. Saat bertemu denganku, Paman menawarkan sebuah pekerjaan. (K: saat bertemu denganku, S: paman, P: menawarkan, O: sebuah pekerjaan)
  12. Saat kami tertidur, pencuri itu mengambil sejumlah perhiasan. (K: saat kami tertidur, S: pencuri itu, P: mengambil, O: sejumlah perhiasan)
  13. Di pasar, ibu membeli sayur-sayuran. (K: di pasar, S: ibu, P: membeli, O: sayur-sayuran)
  14. Kemarin, aku menemukan dua lembar uang pecahan 5000-an. (K: kemarin, S: aku, P: menemukan, O: dua lembar uang pecahan 5000-an)
  15. Di dapur, ibu sedang memasak gulai ikan kakap. (K: di dapur, S: ibu, P: sedang memasak, O: gulai ikan kakap)
  16. Malam itu, polisi telah menangkap sindikat pengedar narkoba. (K: malam itu, S: polisi, P: telah menangkap, O: sindikat pengedar narkoba)



Kalimat Berpola: 16 Contoh Kalimat Berpola K-S-P-O dalam Bahasa Indonesia

Demikian beberapa contoh kalimat K-S-P-O dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh kalimat lainnya, pembaca dapat membuka contoh artikel frasa kalimat berbasis SPOK, contoh kalimat dasar SPO-Pel-K, contoh frasa bergaya SPO sederhana, contoh gaya SPOK kompleks frasa, contoh kalimat deskripsi natural, tentang tumbuhan, serta contoh artikel pernyataan kalimat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu memberikan wawasan bagi para pembaca juga, baik tentang contoh kalimat khususnya, maupun tentang materi bahasa Indonesia secara umum. Sangat banyak dan terima kasih banyak.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar