--> Skip to main content

Kalimat Berpola: 11 Contoh Kalimat Berpola dasar S-P-O-Pel-K

Kalimat Berpola: 11 Contoh Kalimat Berpola dasar S-P-O-Pel-K. beberapa contoh kalimat bermotif khusus telah ditunjukkan dalam beberapa artikel terakhir, yaitu kalimat kasus dasar S-P-O-K, dan contoh frase dasar S-P-O-Pel. Artikel ini juga akan menunjukkan beberapa contoh frasa yang menggunakan pola dasar khusus, yang pola spesifik dalam contoh ini adalah S-P-O-Pel-K. Pola kalimat ini adalah pola yang mengandung semua unsur kalimat dalam bahasa Indonesia, yaitu subjek, predikat, objek, pelengkap, dan deskripsi. Contoh-contoh berikut adalah sebagai berikut!

11 Contoh Kalimat Berpola dasar S-P-O-Pel-K

  1. Pak guru mempercayakan Nathan sebagai ketua kelas yang baru pada hari Rabu kemarin. (S: pak guru, P: mempercayakan, O: Nathan, Pel: sebagai ketua kelas yang baru, K: pada hari Rabu kemarin)
  2. Paman masih menanyakan aku soal tawaran kerja itu saat kami bertemu di rumahku. (S: paman, P: masih menanyakan, O: aku, Pel: soal tawaran kerja itu, K: saat kami bertemu di rumahku)
  3. Nathan mentraktir kami semangkuk bakso pada hari inggukemarin. (S: Nathan, P: mentraktir, O: kami, Pel: semangkuk bakso, K: pada hari Minggu kemarin)
  4. Petugas hotel itu menunjukkan aku letak kamar hotel saat aku hendak ke kamar mandi. (S: petugas hotel itu, P: menunjukkan, O: aku, Pel: letak kamar mandi, K: saat aku hendak ke kamar mandi)
  5. Laras memberikan Dina oleh-oleh dari Negeri Sakura. (S: Laras, P: memberikan, O: Dina, Pel: oleh-oleh, K: dari Negeri Sakura)
  6. Dia memberitahu aku bahwa Laras tidak masuk sekolah selama tiga minggu karena sedang dirawat di rumah sakit. (S: dia, P: memberitahu, O: aku, Pel: bahwa Laras tidak masuk sekolah selama tiga minggu, K: karena sedang dirawat di rumah sakit)
  7. Dia mengalungkan leher istrinya sebuah kalung berlian pada hari ulang tahun istrinya yang ke-30. (S: dia, P: mengalungkan, O: leher istrinya, Pel: sebuah kalung berlian, K: pada hari ulang tahun istrinya yang ke-30)
  8. Laras memilihkan Carmell sebuah pakaian yang bagus saat keduanya tengah berbelanja pakaian. (S: Laras, P: memilihkan, O: Carmell, Pel: sebuah pakaian yang bagus, K: saat keduanya tengah berbelanja pakaian)
  9. Pak guru memberitahu kami bahwa kami mesti mengikuti karya wisata pada hari Rabu yang akan datang. (S: pak guru, P: memberitahu, O: kami, Pel: bahwa kami mesti mengikuti karya wisata, K: pada hari Rabu yang akan datang)
  10. Anindya membelikan kucing peliharaannya sebungkus makanan kucing degan uang sakunya sendiri. (S: Anindya, P: membelikan, O: kucing peliharaannya, Pel: sebungkus makanan kucing, K: dengan uang sakunya sendiri)
  11. Paman menawarkan aku sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan swasta. (S: paman, P: menawarkan, O: aku, Pel: sebuah pekerjaan, K: di sebuah perusahaan swasta)


Kalimat Berpola: 11 Contoh Kalimat Berpola dasar S-P-O-Pel-K


Demikianlah beberapa contoh frasa dasar S-P-O-Pel-K. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh kalimat lain, pembaca dapat membuka beberapa artikel berikut: contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, misalnya definisi kalimat tentang alam, contoh deskripsi kalimat tentang hewan, contoh frasa simpel bercorak SPO, contoh kalimat kompleks bercorak SPOK, dan contoh definisi kalimat tentang hewan. 

Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi semua pembaca, baik itu tentang contoh kalimat pada khususnya, maupun tentang bahasa Indonesia sendiri pada umumnya. Terima kasih banyak.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar