14 Macam Macam Contoh Kalimat Pendapat dalam Diskusi

14 Macam Macam Contoh Kalimat Pendapat dalam Diskusi
14 Macam Macam Contoh Kalimat Pendapat dalam Diskusi
Dalam diskusi, masing-masing peserta pasti akan menyatakan pendapatnya. Pendapat yang dikemukakan dapat berupa tanggapan positif atau negatif, kritik atau saran, persetujuan, sanggahan, dan bahkan penolakan. Oleh karena itu, dalam menyatakan pendapat, setiap peserta diskusi harus menggunakan beberapa jenis kalimat berikut: contoh kalimat respon positif, contoh kalimat respon negatif, contoh saran kalimat dan kritik kalimat, contoh kalimat persetujuan, contoh kalimat sanggahan, dan contoh kalimat penolakan.

Untuk mengetahui seperti apa kalimatnya, berikut ini contoh kalimat opini dalam diskusi!

Contoh Kalimat Pendapat dalam Diskusi

  1. Terima kasih kepada moderator atas kesempatan yang diberikan. Menurut pendapat saya, sebaiknya para koruptor diberi hukuman mati saja, agar menimbulkan efek jera bagi para pelakunya.
  2. Terus terang saja, saya tidak sependapat dengan Bapak terkait pernyataan Bapak tersebut.
  3. Interupsi, saya minta izin untuk meluruskan apa yang dinyatakan oleh saudara A barusan. Jadi begini saudara A, apa yang Anda nyatakan tadi sebetulnya tidak sesuai dengan pokok pembicaraan yang tengah kita bahas saat ini.
  4. Saya sependapat dengan saudara B. Namun, alangkah lebih bijak, jika kebijakan yang saudara B canangkan itu disusun lebih dahulu hingga matang. Dengan begitu, kebijakan tersebut bisa lebih matang saat hendak dieksekusi.
  5. Menurut saya gagasan dari saudara C sudah sangat tepat, mengingat kondisi lingkungan saat ini yang sedang tidak kondusif.
  6. Menurut saya, kebijakan Pak Kepala sekolah terkait keikutsertaan mereka dalam ekstrakulikuler sudah bagus. Namun, alangkah lebih baiknya, jika kebijakan tersebut dipeinci lagi, terutama terkait jumlah ekstrakulikuler yang harus diikuti tiap siswa di sekolah kita.
  7. Saya tidak sependapat dengan kebijakan kepala sekolah mengenai keharusan para siswa untuk mengikuti 3 ekstrakulikuler sekaligus. Sebab, hal itu akan membuat anak-anak sulit untuk membagi waktu antara belajar di kelas dengan kegiatan ekstrakulikuler. Menurut saya, alangkah lebih baik jika setiap siswa hanya mengikuti 1 ekstrakulikuler saja. Dengan begitu, mereka bisa membagi waktu antara belajar di kelas dengan kegiatan ekstrakulikuler.
  8. Saya tidak sependapat dengan rencana kerjasama antar perusahaan kita dengan perusahaan C. Sebab, perusahaan C mempunyai rekam jejak yang buruk.
  9. Kalau boleh saya menyanggah, maka saya akan menyatakan bahwa saya tidak setuju dengan pendapat saudara Budi. Sebab, menurut pendapat saya, apa yang diutarakan saudara Budi tersebut tidak sesuai dengan kondisi aktual yang kita alami saat ini.
  10. Terima kasih kepada Bapak Mahmud selaku moderator diskusi yang telah memberikan saya kesempatan untuk berpendapat. Di sini saya ingin mengkritisi pendapat Pak Burhan soal wacana adanya sistem sekolah sehari penuh. Menurut saya, program tersebut kuranglah baik diterapkan di sekolah kita, karena akan membuat anak merasa jenuh dan tersiksa dalam menjalani proses belajar mengajar di sekolah.
  11. Terus terang, saya sangat setuju dengan apa yang Anda kemukakan barusan.
  12. Saya sependapat dengan pendapat saudara, bahwa kegiatan ekstrakulikuler mesti diikuti oleh setiap murid di sekolah kita.
  13. Saya memiliki gagasan yang sama dengan yang dinyatakan oleh saudara A terkait masalah tersebut.
  14. Menurut saya, sebaiknya kegiatan ekstrakulikuler dilakukan di dalam sekolah saja. Selain fasilitas di sekolah kita cukup lengkap, pihak ekstrakulikuler pun jadi tidak perlu repot mengeluarkan banyak biaya.



Demikianlah contoh kalimat pendapat dalam diskusi. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik itu mengenai kalimat pendapat khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.