--> Skip to main content

10 Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Ketiak Gatal Secara Cepat dan Mudah

Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Ketiak Gatal Secara Cepat dan Mudah- Ketiak Anda gatal sekali ? Sepertinya semua orang pasti merasakannya. Biasanya gatal pada ketiak bisa hilang dengan sendirinya. Tapi, ada juga gatal yang membandel. Biasanya jika gatal di ketiak tidak hilang, itu karena ada sesuatu di ketiak Anda, apakah itu infeksi, bakteri, atau jamur. Jadi, saat Anda merasa gatal di ketiak jangan langsung berpikir itu sepele, iya. Sebab, mungkin ada masalah di ketiak Anda.

Jika sesuatu benar-benar terjadi pada ketiak Anda dan Anda membiarkannya, tentu penyakitnya akan lebih sulit diobati. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi gatal gatal, pertama mari kita ketahui penyebab gatal di ketiak.

Penyebab Ketiak Gatal

Rasa gatal di ketiak bisa disebabkan oleh banyak faktor. Untuk mendapatkan perawatan yang paling tepat, penting untuk mengetahui penyebab gatalnya. Anda bisa segera memeriksanya ke dokter. Atau, jika Anda penasaran, berikut beberapa kemungkinan penyebab ketiak ketiak dan penjelasan.
10 Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Ketiak Gatal Secara Cepat dan Mudah


1. Dermatitis atopik (Eksim)
Eksim adalah penyakit kulit yang paling mudah terjadi di daerah lipatan kulit seperti ketiak. Efek dari penyakit ini adalah gatal dan kemerahan pada kulit. Jika Anda menggores goresan gatal kulit Anda bisa berdarah, loh. Selain darah, terkadang ada cairan bening yang keluar dari tonjolan gatal.

2. Seborrhoeic Dermatitis (Timbangan)
Dermatitis seboroik menyebabkan kulit bersisik dan terkadang mengelupas. Penyakit ini terjadi karena iritasi kulit akibat produksi minyak atau sebum berlebih. Karena kelebihan minyaknya, kulit menjadi putih / kuning lalu kupas. Penyebab iritasi ini bisa dari berbagai faktor, bisa disebabkan oleh faktor cuaca, masalah kesehatan, obat-obatan yang dikonsumsi, dan juga stres.

3. Hubungi Dermatitis
Dermatitis kontak adalah jenis eksim yang paling umum. Iritasi ini biasanya disebabkan oleh bahan yang tidak sesuai dengan pakaian dengan kulit atau pakaian yang terlalu ketat pada ketiak. Selain pakaian, produk kecantikan seperti deodoran, parfum, lotion, dll juga berpotensi menimbulkan dermatitis kontak jika ada bahan yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Tak hanya itu, deterjen bisa jadi pemicu alergi. Efek dari dermatitis kontak itu sendiri bervariasi. Beberapa kulitnya sangat kering, lembab, bahkan terkelupas, tapi rasanya terasa sangat gatal dan mengganggu. Waktu kejadiannya berbeda, beberapa di antaranya segera, beberapa jam kemudian, atau mungkin lusa.

4. Infeksi jamur
Ketiak adalah bagian tubuh yang paling rentan terhadap infeksi ragi. Ini karena ketiak adalah daerah yang paling hangat dan lembab dari tubuh. Ketiak juga memiliki banyak kelenjar seperti kelenjar keringat, kelenjar getah bening, dan folikel rambut (rambut ketiak).

5. Soriasis
Soriasis ditandai dengan gatal, kemerahan dan warna kulit glossy. Sebenarnya soriasis bisa muncul dimana saja, dan tak terkecuali ketiak.

6. Intertrigo
Intertrigo adalah iritasi dan infeksi pada kulit ketiak. Sensasi yang disebabkan oleh intertrigo adalah gatal dan sakit dan warna kulit kemerahan.

Cara Mengatasi Ketiak Gatal yang Membandel 

1. Es Batu
10 Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Ketiak Gatal Secara Cepat dan Mudah

Cara mengatasi gatal gatal dari kami yang pertama adalah dengan menggunakan es batu. Jika Anda merasa gatal dan panas karena iritasi dan infeksi, Anda bisa meredakannya dengan es. Suhu dingin bisa menetralisir dan meredakan gatal dan iritasi pada kulit ketiak. Tapi, Anda tidak bisa langsung menggosok es batu pada kulit, iya. Bungkus es batu terlebih dahulu menggunakan kain bertekstur lembut. Tempelkan kain berisi es di ketiak selama beberapa menit (sekuat Anda). 

Jika Anda tidak merasa kuat dengan sensasi dingin, angkat kainnya sebentar, lalu tempelkan lagi. Jika tidak ada es batu, Anda juga bisa merendam kain lembut dengan air dingin dan meremas air. Gunakan kain seperti kompres yang biasa digunakan saat tubuh mengalami demam. Jangan lupa setelah melakukan perawatan ini keringkan ketiak Anda dengan menggunakan kain baru, karena ketiak tidak jengkel harus dibiarkan basah dan lembab.

2. Air Hangat
Lain halnya jika ketiak Anda gatal karena cuaca dingin, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mandi dengan air hangat. Jika Anda ingin mencukur atau menarik rambut ketiak dianjurkan mandi terlebih dahulu agar pori-pori kulit ketiak lebih terbuka, sehingga bisa memudahkan proses cukur. Jika Anda tidak mandi dengan air hangat, Anda juga bisa memampatkan ketiak menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam air hangat.

3. Pelembab
Bukan hanya wajah, tangan, dan kaki yang butuh pelembab, tapi ketiak juga. Tepatnya ketiak membutuhkan lebih banyak lotion daripada area kulit lainnya, karena ketiaknya adalah lipatan kulit tertutup. Anda mungkin mengira ketiak sudah memiliki pelembab alami atau semacamnya, tapi tetap saja Anda perlu tambahan lotion untuk ketiak. Pelembab juga bisa meminimalkan terjadinya iritasi kulit ketiak akibat gesekan pakaian. Jadi, jangan lewatkan ketiak saat Anda menggunakan body lotion, iya!

4. Krim Anti Gatal
Jika rasa gatal pada ketiak Anda tidak dapat ditolerir dengan air hangat atau es batu, mungkin sudah saatnya Anda mencoba menggunakan krim atau gel gatal. Anda bisa menemukan barang-barang ini di apotek. Tapi, tentu saja, perlu diperhatikan lagi jika krim gatal belum tentu cocok untuk semua masalah kulit, jadi bisa jadi krimnya tidak sesuai dengan kulit ketiak Anda.

5. Mandi
Cara mengatasi gatal gatal-5 adalah mandi secara teratur. Mungkin ada diantara kamu yang suka mandi malas, kadang sekali sehari, atau bahkan mandi hanya beberapa hari saja. Mungkin ini normal di luar negeri, namun perlu diingat jika cuacanya di Indonesia berbeda. Indonesia sering panas di siang hari, lalu tiba-tiba hujan deras di siang dan malam hari. Inilah yang menyebabkan tubuh Anda berkeringat di siang hari, lalu keringat tiba-tiba berhenti di sore hari karena cuacanya sangat dingin. Hal ini bisa menyebabkan keringat, kotoran, polusi, dan bakteri menempel kuat di kulit Anda, terutama di daerah yang dilipat seperti ketiak. Untuk itu, ambillah rajin, setidaknya dua kali sehari sebelum dan sesudah beraktivitas. Menjaga kebersihan tubuh adalah cara terbaik untuk mencegah dan mengobati rasa gatal di ketiak.

6. Kosmetik
Cobalah tes alergi Anda atau lakukan pemeriksaan lainnya, siapa tahu ketiak Anda gatal karena kosmetik digunakan. Kosmetik seperti deodoran, parfum, lotion, sabun mandi, dan lain-lain berpotensi membuat ketiak Anda jadi gatal jika mengandung bahan yang tidak sesuai untuk kulit Anda.

7. Jangan Mencukur atau Mencabut
Cara mengatasi sumbu gatal-7 adalah dengan menghindari menarik atau mencukur rambut ketiak. Mengapa? Karena proses ini bisa menyebabkan kulit ketiak jadi iritasi dan bahkan infeksi. Untuk cara yang "aman", gunakan krim cukur untuk mencukur bulu ketiak. Atau, gunakan teknik waxing yang lebih "bersahabat" dengan ketiak daripada mencabut atau mencukur bulu.

8. Vitamin E
Ternyata secara rutin mengkonsumsi vitamin E bisa mengurangi gatal bahkan gatal, loh! Apa pendapat Anda tentang mengonsumsi vitamin E dengan kesehatan ketiak? Vitamin E adalah vitamin yang sangat penting untuk memberi nutrisi pada kulit, membuat kulit lebih sehat dan cantik. Vitamin E juga bisa mempercepat proses regenerasi kulit, jadi jika kulit ketiak Anda teriritasi maka bisa sembuh lebih cepat.

9. Alkohol

Cara mengatasi gatal gatal karena ruam atau iritasi juga bisa menggunakan alkohol. Tapi, tidak sembarang alkohol, iya. Jenis alkohol yang bisa digunakan adalah isopropol alkohol. Jika ada alkohol berbentuk semprot isopropil karena gambar di atas lebih baik. Jika alkohol isopropil Anda dibotolkan, cukup pindahkan ke botol semprot bersih. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu menyemprot isopropil alkohol pada ketiak yang teriritasi. Sayangnya, bau alkohol akan berbau kuat.Jika Anda tidak menyukai bau alkohol, Anda bisa menambahkan minyak esensial yang bebas dari bahan kimia seperti lavender essential, mawar, lemon, atau permen.

10. Baking Soda
10 Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Ketiak Gatal Secara Cepat dan Mudah

Cara mengatasi gatal gatal terakhir dari Blog vani adalah dengan menggunakan baking soda. Ya, baking soda yang kita bahas disini biasa digunakan untuk pembuatan ramuan. Ternyata, tapi bisa digunakan untuk mencerahkan ketiak, baking soda juga bisa mengatasi iritasi kulit ketiak setelah dicukur, ditarik, atau iritasi lainnya. Cara menggunakannya adalah dengan mencampur 8 sendok teh baking soda dengan air, aduk rata. Lalu, oleskan adonan kue baking di ketiak yang gatal dan iritasi, diamkan sampai kering. Untuk mempercepat proses pengeringan, Anda bisa memercikkan baking soda powder ke adonan kue baking basah yang telah dioleskan ke ketiak.

Nah, itulah 10 cara mengatasi ketiak gatal dari kami Perlu diingat untuk menghindari menggaruk ketiak yang gatal! Memang, jika rasa gatal itu datang, pasti Anda tidak kuasa menahan keinginan untuk menggaruk. Tapi, usahakan untuk tidak menyentuh area ketiak yang sedang iritasi sama sekali untuk menghindari infeksi. Apalagi jika kuku Anda panjang, karena kotoran dapat bersarang di kuku yang panjang.

Untuk pencegahan, takutnya Anda tidak sadar menggaruk ketiak dengan kuku Anda yang panjang-panjang, potong pendek kuku Anda selama ketiak iritasi. Lalu, gunakan pakaian yang longgar pada bagian ketiak agar iritasi kulit ketiak cepat pulih. Jika keluhan dan rasa gatal tidak kunjung hilang, segera kunjungi dokter spesialis kulit, ya. semoga artikel diatas bermanfaat. dan terim kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar