Contoh Surat Rekomendasi Pindah Tugas PNS RESMI Terbaru

Contoh Surat Rekomendasi Pindah Tugas PNS RESMI Terbaru
Contoh Surat Rekomendasi Pindah Tugas PNS RESMI Terbaru
Contoh Surat Rekomendasi Pindah Tugas PNS - Diantara rekan kerja khususnya guru yang memiliki status pegawai negeri masalah dalam menggerakkan tugas guru tentu bukan hal asing. Yang akan kita bahas kali ini adalah contoh surat rekomendasi untuk memindahkan tugas khusus untuk kita profesi sebagai guru PNS. Diskusi ini akan menjelaskan bagaimana membuat surat rekomendasi yang juga akan ada contoh surat serta penjelasan yang berkaitan dengan kepindahan guru.

Seperti kita ketahui, untuk bisa pindah mengajar ke sekolah lain tentunya kita harus mengurus permintaan untuk memindahkan tugas. Nah, salah satu syarat yang harus kita penuhi adalah mendapatkan surat rekomendasi untuk memindahkan tugas dari pejabat diatas atau yang berwenang. Lalu bagaimana bentuk surat dan cara membuatnya, kita akan membahas masalahnya secara rinci.

Sebelum kita membahas tentang contoh format surat itu tentu kita akan bahas lebih dalam mengenai surat tersebut. Pertama kita akan belajar sedikit tentang definisi atau pengertian dari surat ini. Setelah itu kita juga akan belajar juga tentang berbagai bagian surat dan juga tentu saja bagaimana menyiapkan atau membuat surat rekomendasi yang dibutuhkan. Penjelasan ini tentunya kita akan mulai dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan surat rekomendasi terlebih dahulu.

Memahami Surat Rekomendasi
Seperti yang kita tahu, surat rekomendasi adalah surat yang dibuat oleh pemimpin atau pejabat tertentu yang berisi informasi tentang keadaan pribadi seseorang berdasarkan data asli yang ada karena diminta secara pribadi oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk kepentingan pribadinya. Rekomendasi ini dapat diberikan oleh pimpinan perusahaan atau instansi berdasarkan catatan pembukuan. Rekomendasi juga bisa diberikan oleh individu yang diberikan kepada seseorang yang membutuhkannya, misalnya untuk melamar pekerjaan.

Memang, surat rekomendasi ini sangat mirip dengan sebuah surat. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan surat rekomendasi yang membedakannya dengan sertifikat yaitu sebagai berikut.

Pertama, objek yang dijelaskan dalam surat rekomendasi adalah pihak kedua (yang bertanya) siapa alumni sekolah, mantan pegawai, atau mungkin juga masih aktif belajar atau bekerja di instansi atau instansi yang meminta surat rekomendasi. Kedua, sifat informasi dalam surat rekomendasi tidak bersifat rahasia karena surat tersebut diminta dengan sendirinya dan diberikan kepada orang yang bersangkutan, sehingga orang tersebut dapat membaca dan mengetahui isinya.

Dan yang ketiga adalah isi informasi pribadi seseorang yang biasanya hal baru. Mungkin berkenaan dengan keterampilan, perilaku, prestasi, atau lainnya. Perbedaan dalam referensi dan rekomendasi terletak pada rekomendasi yang tidak perlu dipertanyakan. Jika referensi diperoleh dengan menunjukkan seseorang, sebuah rekomendasi diperoleh dengan meminta surat rekomendasi dari recommendor.

Untuk bisa mengatur surat resmi semacam ini dengan baik maka pertama-tama kita harus tahu bagaimana bagian-bagian dari surat tersebut. Dengan begitu kita akan tahu bagaimana membuat surat rekomendasi sesuai dengan aturan penulisan yang benar. Bagian dan cara menyiapkan surat secara garis besar bisa dilihat dari penjelasan di bawah ini.

A. Kepala surat rekomendasi, terdiri dari:

  • kop surat pada umumnya, biasanya dibuat lengkap dengan alamat,
  • kata kata "SURAT REKOMENDASI" (ditulis tanpa tanda kutip) biasanya ditulis simetris dengan huruf kapital semua,
  • nomor surat biasanya ditulis dengan kata REKOMENDASI.


b. Isi isi surat rekomendasi, terdiri dari:

  • pernyataan kesungguhan pihak yang menerangkan,
  • identitas pihak yang diterangkan, berupa nama, tempat/tanggal lahir, alamat, dan lain-lain yang dianggap perlu, 
  • penjelasan tentang kepribadian, kelakuan, atau karakter orang tersebut,
  • klausul penutup, berupa harapan dapat dimanfaatkan nya surat tersebut.

c. Kaki surat rekomendasi, terdiri atas:

  • tempat dan tanggal dikeluarkannya surat,
  • identitas penanggung jawab
  • jabatan penanggung jawab,
  • tanda tangan dan nama terang,
d. NIP, nomor anggota, atau sejenisnya
e. Cap/stempel

Contoh Surat Rekomendasi Pindah Tugas PNS


Contoh Surat Rekomendasi Pindah Tugas PNS

KOP SURAT
=========================================================
SURAT REKOMENDASI
          NOMOR: ................................
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama               : ……………………………..
NIP                 : ……………………………..
Pangkat/Gol    : Pembina/IVa
Dengan ini memberikan rekomendasi/persetujuan untuk pindah tugas ke ……………………………... Kepada nama tersebut di bawah ini:
Nama               : ……………………………..
NIP                 : ……………………………..
Pangkat/Gol    : Penata Muda/III.a
Jabatan                        : Guru Kelas
Unit Kerja       : SD Negeri 2 ……………………………..
Kec. …………………………….. Kab. ……………………………..
Dengan pertimbangan sebagai berikut:
SD Negeri 3 …………………………….. sangat membutuhkan tenaga guru kelas
Untuk mengisi kekosongan guru kelas
Jarak tempuh sangat jauh dari …………………………….. ke ………………………
Demikianlah rekomendasi ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Dengan diskusi ini kita bisa menggunakan contoh yang diberikan untuk memudahkan kita dalam membuat atau menyusun rekomendasi yang kita berikan. Terima kasih semoga bermanfaat