Contoh Invoice ( Faktur ) Penagihan Jasa / Barang Yang Baik dan Benar

Contoh Invoice ( Faktur ) Penagihan Jasa / Barang Yang Baik dan Benar
Contoh Invoice ( Faktur ) Penagihan Jasa / Barang Yang Baik dan Benar
Contoh Invoice Penagihan Jasa/Barang Yang Baik dan Benar - Contoh Invoice Billing Services / barang dalam Format Word dan Excel - dalam dunia bisnis kita pasti sudah sering mendengar istilah Invoice / faktur. Tapi bagi yang baru terjun di dunia bisnis, tak jarang yang masih bingung arti Faktur itu, dan kegunaan Faktur, apalagi sampai ke tahap bagaimana membuat faktur yang bagus dan benar. Memahami apa itu faktur diperlukan, karena Faktur atau faktur adalah satu surat komersial yang perannya cukup penting.

Bagi penguasa baru yang memelopori bisnis, faktur ini biasa disebut BON, hanya penggunaan Faktur biasanya untuk pembelian barang dan jasa dnegan sejumlah besar nominal. Dan biasanya diminta oleh perusahaan. Jadi jika transaksi Anda dengan Klien "kecil" biasanya tidak memerlukan Faktur, namun jika bertransaksi dengan perusahaan biasanya akan ditanyakan Faktur di setiap penjualan barang / jasa. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa itu Faktur. Disini kita beri perngertian, keguanaan, dan Contoh Faktur yang baik dan benar.

Contoh Invoice Penagihan Jasa / Barang Yang Baik dan Benar

Arti Invoice/Faktur
Faktur adalah tagihan yang dilakukan oleh penjual barang atau jasa baik yang kemudian diberikan kepada pembeli sesuai dengan urutan perjanjian (Purchase Order). Faktur itu sendiri berisi rincian barang / jasa yang dibeli baik kuantitas, detail merek dan spesifikasi, dan harga barang. Faktur biasanya dibuat dalam 2 atau 3 eksemplar untuk diberikan kepada pembeli, sebagai arsip penjualan dan keuangan.

Cara Membuat Faktur yang Lebih Baik dan Benar

Untuk membuat tagihan tagihan jasa atau barang, maka pertama-tama kita harus memahami Faktur kejengkelan. Faktur ini berfungsi untuk menginfokan jenis barang dan jumlah pembayaran beserta info rekening pembayaran. Faktur juga digunakan sebagai bukti validitas atau sebagai referensi jika barang akan dijual kembali ke pihak lain.

Hal-hal yang seharusnya ada dalam Faktur Tagihan
  1. Nomor Faktur: Nomor ini adalah nomor seri yang diterapkan saat transaksi PO terjadi (Purchase Order)
  2. Tanggal Faktur: Tanggal faktur adalah info tanggal dimana PO terjadi dan faktur pembayaran maksimum
  3. Faktur Tujuan: Berisi agen / perusahaan / nama orang yang menerima faktur, lengkap dengan alamat yang jelas
  4. Info Pembayaran: Untuk info pembayaran harus jelas, baik itu Nomor Rekening, Nama dalam rekening, dan pembayaran yang ditujukan kepada identitas perusahaan kami.
  5. Detail Faktur Faktur: Ini adalah bagian terpenting untuk merinci barang / jasa yang dibeli, harga satuan, harga total, jumlah, dan jumlah semua biaya dengan pajak.
  6. Tanda tangan / cap dari bagian billing / finance.


Nah setelah kita tahu apa arti Faktur itu, dan bagaimana cara membuat Faktur, silahkan amati contoh Faktur yang baik dan benar berikut dalam bentuk MS. Kata. Anda juga bisa mendownload faktur Contoh Faktur dalam bentuk Excel.