--> Skip to main content

10 Ciri Ciri Bakteri, Penjelasan, dan Gambar Ilustrasinya

10 Ciri Ciri Bakteri, Penjelasan, dan Gambar Ilustrasinya Karakteristik Karakteristik Bakteri - Bakteri adalah satu mikroorganisme yang sudah biasa dengan kehidupan manusia. Selain menyebabkan berbagai jenis penyakit, bakteri juga bisa dimanfaatkan melalui bioteknologi dalam pemenuhan kebutuhan manusia, mulai dari bidang pangan, kesehatan, industri, hingga kelestarian lingkungan.

Ukuran bakteri yang sangat kecil membuat organisme ini hanya terlihat bentuknya menggunakan mikroskop. Seperti banyak organisme kecil lainnya seperti virus dan jamur, pengenalan organisme termasuk bakteri atau tidak, perlu mempertimbangkan beberapa fitur.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang karakteristik karakteristik bakteri apa yang dilihat dari beberapa aspek mulai dari struktur tubuh, kandungan kimia, dan penampilan morfologis lainnya.

Karakteristik Karakteristik Bakteri
Bakteri adalah organisme yang memiliki beberapa karakteristik berbeda dari organisme lain di bumi. Kami telah merangkum 9 karakteristik atau karakteristik bakteri sebagai berikut:

Ciri Ciri Bakteri

1. Tidak Memiliki Inti (Cell Core)
Tidak seperti organisme lainnya, bakteri adalah satu-satunya organisme yang selnya tidak memiliki nukleus (inti sel). Hal ini telah menyebabkan para ilmuwan menganggap bakteri sebagai salah satu organisme primitif yang muncul pada masa awal kehidupan.

2. Dinding Sel yang Berbeda

Bakteri memiliki dinding sel yang berbeda dengan dinding sel yang dimiliki oleh organisme lain. Dinding sel bakteri terbuat dari zat yang berbeda. Dinding sel bakteri terdiri dari peptidoglikan dan mukopolisakarida. Bakteri dapat dikelompokkan menjadi 2 berdasarkan pewarnaan gram, yaitu bakteri Gram positif dan Gram negatif. Kedua kelompok bakteri ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan, terutama pada struktur dan komposisi dinding sel.
Ciri Ciri Bakteri


3. Adanya Pilli
Ciri khas bakteri lainnya adalah organel yang tidak dimiliki organisme lain. Organel ini diberi nama Pilli. Organel yang menyerupai pipa ini membantu bakteri dalam proses reproduksi secara generatif (seksual).

4. Bagaimana Mendapatkan Makanan

Bakteri memiliki cara yang berbeda dalam proses pengadaan makanan untuk pertumbuhan. Cara ini meliputi:
  • Menyintesis makanan mereka sendiri dengan menggunakan sinar matahari serta fotosintesis pada tanaman tinggi.
  • Dapatkan energi makanan dari sumber kimia di sekitar mereka (chemotrops), seperti bakteri sulfur, bakteri hidrogen, dan bakteri besi.
  • Mendapat makanan dengan menjadi parasit tanaman hidup dan hewan. Umumnya mereka menyebabkan penyakit pada inang.
  • Jadilah saprofit dengan terlibat dalam benda mati atau organisme yang membusuk.
  • Bersimbiosis mutualisme dengan organisme lainnya, misalnya rhizobium di akarnya dan E-coli di usus.


5. Cara Mereproduksi

Kebanyakan makhluk hidup umumnya memiliki satu atau dua metode reproduksi. Tapi bakteri punya banyak cara. Mereka dapat menyebar dengan membagi, reproduksi generatif, atau pembentukan spora. Namun, reproduksi melalui pembelahan biner dan reproduksi generatif adalah cara yang paling umum untuk berkembang biak.
10 Ciri Ciri Bakteri, Penjelasan, dan Gambar Ilustrasinya


6. Formasi Endospora
Bila lingkungan disekitarnya sangat ekstrim, seperti terlalu panas, terlalu dingin, terlalu kering, dan sebagainya. Bakteri bisa mengubah tubuh menjadi spora keras. Spora bakteri ini akan tahan terhadap panas, bahan kimia, dan kondisi kekeringan. Bila kondisinya membaik, spora kemudian akan membuka dan melepaskan bakteri. [Baca Juga: Formulir Bakteri]

7. Hilangnya Beberapa Organ Sel
Selain tidak memiliki inti sel atau nukleus, ciri khas bakteri juga terlihat dengan hilangnya beberapa organel sel. Ya, organel sel seperti mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma yang biasanya ditemukan di sel hidup tidak akan ditemukan di sel bakteri.

8. Punya Flagela
Bakteri, terutama basil, akan memiliki flagella sebagai organ penggerak yang berfungsi dalam mobilitasnya. Klasifikasi bakteri, salah satunya dilakukan berdasarkan jumlah dan urutan flagelanya ini. Sedangkan untuk bakteri yang tidak memiliki flagella, gerakan ini umumnya dilakukan dengan cara bergulir.

9. Distribusi Cosmopolitan
Bakteri adalah satu-satunya organisme yang menunjukkan distribusi kosmopolitan alias untuk hadir di semua lokasi dan kondisi. Mereka bisa ditemukan di udara, air, tanah, salju, dan sebagainya. Mereka juga dapat ditemukan di daerah dengan suhu sangat rendah (minus derajat) serta daerah dengan suhu sangat tinggi.

Nah, itu 9 karakteristik ciri ciri bakteri dan penjelasan yang bisa kita sampaikan. Mudah-mudahan dengan mengetahui karakteristik apa yang menjadi ciri bakteri, Anda tidak akan lagi bingung dalam menentukan apakah suatu mikroorganisme termasuk pada spesies bakteri atau tidak. Salam.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar