--> Skip to main content

Macam macam Sendi Dan Letaknya, Fungsi Sendi, Arah Gerak Sendi Serta gambarnya

Macam macam Sendi Dan Letaknya, Fungsi Sendi, Arah Gerak Sendi Serta gambarnya. Sendi Tulang atau artikulasi adalah hubungan antara tulang yang membentuk sistem gerak pada manusia. Sendi memainkan peran penting dalam proses gerak yang dilakukan oleh manusia.

Gerakan antara satu tulang dan tulang lainnya di sendi terikat oleh jaringan yang disebut ligamen. Gerakan pada sendi yang dilapisi minyak sendi, jika minyak sendi pada tulang habis maka gerakan di persendian akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Macam macam Sendi Dan Letaknya, Fungsi Sendi, Arah Gerak Sendi Serta gambarnya

Jenis sendi pada manusia:

1. Sendi kaku
Merupakan sendi yang tersusun dari ujung tulang rawan dan menghasilkan sedikit gerakan yang kaku. Contoh gerak pergelangan tangan dan pergelangan kaki

2. Sendi mati
Merupakan gabungan yang tidak memungkinkan pergerakan. Contoh hubungan antara tulang yang membentuk tengkorak.

3. Sendi Gerak
Merupakan gabungan yang memungkinkan gerakan bebas. Gerak sendi terdiri dari beberapa jenis. Jenis gerak sendi:
A. sendi engsel
Ini adalah hubungan antara tulang yang menghasilkan satu arah gerak. Contoh sendi engsel adalah lutut dan siku.

B. sendi pelana
Merupakan hubungan antara tulang yang menghasilkan gerak dua arah. Contoh sambungan sadel adalah tulang telapak tangan dan jempol.

C. Sendi putar
Ini adalah hubungan antara tulang yang menghasilkan gerakan rotasi atau rotasi. Contoh sambungan putar adalah forearms dan lengan atas.

D. Sendi peluru
Ini adalah hubungan antara tulang yang menghasilkan gerakan bebas ke segala arah. Contoh sambungan peluru adalah hubungan antar tulang pada bahu dan gelang lengan atas.

E. Sendi Luncur
Apakah hubungan antara tulang yang menghasilkan gerakan tubuh bisa melengkung ke depan dan ke belakang atau memutar gerakan tubuh. Contoh sambungan geser adalah sambungan tulang pergelangan kaki.

F. Sendi geser
Merupakan hubungan antara tulang yang menghasilkan gerakan bergeser. Contoh sambungan geser adalah sambungan sumsum tulang belakang.

Macam macam Sendi Dan Letaknya, Fungsi Sendi, Arah Gerak Sendi Serta gambarnya

Jenis gerakan di persendian dibagi menjadi:

1. Gerakan inverse dan gerak eversi
Gerakan invers adalah gerakan membuka telapak kaki di tubuh, sedangkan gerakan eversi adalah gerakan kaki terbuka ke arah luar, atau gerakan kaki miring.

2. Gerakan gerak pronasi dan supinasi
Gerakan pronasi adalah gerakan tangan. Sementara motionSupination adalah gerakan tangan.

3. Motion elevasi dan motion depressi
Gerakan elevasi adalah gerakan kepala, sedangkan gerakan depresi adalah gerakan menurunkan atau menurunkan kepala.

4. Gerakan adduksi dan gerak abduksi
Gerakan adduktif adalah gerakan mendekati tubuh, sementara gerakan penculikan adalah gerakan menjauh dari tubuh. Contoh gerak adduksi dan motion abduction adalah: gerakan membuka kaki, gerakan tangan dan tangan peregangan tangan.

5. Gerakan fleksi dan gerakan ekstensi
Gerakan fection adalah gerakan membungkuk atau membungkuk, sedangkan gerakan perpanjangan adalah gerakan pelurus. Contoh gerak fleksi dan gerakan ekstensi adalah: gerak pada siku, gerak lutut, gerakan buku-buku jari dan gerakan bahu.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar