--> Skip to main content

Besaran Pokok dan Besaran Turunan beserta Satuannya, Dimensi, alat ukur Dan Tabel

Memahami besaran Dalam fisika Di dalam fisika besaran diartikan sebagai sesuatu yang dapat diukur atau dihitung dan mempunyai nilai (besar)yang dinyatakan oleh angka dan satuan. Contoh besarnya: massa, kecepatan, panjang.

Memahami satuan dalam fisika
Dalam fisika unit didefinisikan sebagai tolok ukur dalam aktivitas pengukuran kuantitas.

Jenis unit
A. Unit mentah: adalah perbandingan yang memberikan hasil yang sama jika dilakukan oleh beberapa orang. Contoh unit standar: m, cm, kg, gram, dll.
B. Unit of default: adalah perbandingan yang akan memberikan hasil yang berbeda jika dilakukan oleh beberapa orang. Contoh: jangkal, hasta, kaki, halaman
Misalnya, Tina dan Tino mengukur panjang buku yang sama dengan menggunakan penggaris dan pegangan tangan masing-masing. Tina dan menyatakan jika panjang buku ini 20 cm dan 1,5 inci, sementara Tino menyatakan panjang buku 20 cm dan tangan 1,25 inci. Rentang tangan memberikan hasil yang berbeda jika pengukuran dilakukan oleh orang yang berbeda.

Unit internasional (SI) adalah unit yang telah disepakati secara internasional dan digunakan oleh berbagai negara.
Ketentuan SI:
A. Internasional sehingga bisa digunakan oleh berbagai negara
B. Mudah ditiru
C. tetap
Unit internasional meliputi meter sebagai satuan panjang, kilogram sebagai satuan massa dan sekon sebagai satuan waktu sehingga unit SI juga disebut unit MKS (m.kg, s).

Jenis besaran
Besaran fisika, terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
A. Berdasarkan nilai dan arah besarnya dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
1. Jumlah skalar
Jumlah skalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai (besar) dan tidak memiliki arah. Contoh skala skalar: massa, waktu, suhu, luas, volume
2.Kuantitas vektor
Kuantitas vektor adalah kuantitas yang memiliki nilai dan memiliki arah. Sesuai kesepakatan jika ukuran vektor adalah arah ke kiri dan ke bawah maka nilainya negatif (-) sedangkan jika besarnya vektor adalah arah ke kanan dan ke atas maka nilainya positif (+)
Contoh jumlah vektor: kecepatan, percepatan, gaya.

B. Berdasarkan satuan besarnya terbagi menjadi 2 janis, yaitu:
1. Jumlah pokok
Kuantitas utama adalah jumlah unit yang telah didefinisikan atau didefinisikan terlebih dahulu. Ada 7 nilai dasar fisika. Jumlah pokok dan satuannya seperti ditunjukkan pada tabel di bawah ini.

Besaran Pokok dan Besaran Turunan beserta Satuannya, Dimensi, alat ukur Dan Tabel

2. Besaran Turunan
Ukuran turunannya adalah kuantitas unit yang berasal dari satuan pokok. Contoh kuantitas turunan dan unitnya seperti ditunjukkan pada tabel di bawah ini

Besaran Pokok dan Besaran Turunan beserta Satuannya, Dimensi, alat ukur Dan Tabel

Kecepatan berasal dari panjang dan waktu. Itu adalah panjang jalur yang ditempuh dalam interval waktu tertentu, sehingga kecepatan satuan m / s. Jadi sekilas Tentang besaran dan satuannya, semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar