--> Skip to main content

Cara Modifikasi Menambah Kapasitas Power Bank

Cara Modifikasi Menambah Kapasitas Power Bank. Teori sederhana tentang Cara Memodifikasi Power Bank. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh dunia android mengenai bagaimana oboh atau modifikasi power bank yang harus saya jawab dan jelaskan saat ini. Memodifikasi power bank bukanlah hal yang sulit jika kita sudah mengetahui teori dasar arus listrik. Sulit?, Tidak sulit dan mudah untuk mengetahui bagaimana ilmu dasar arus listrik. Siap untuk belajar? Ikuti teori sederhana tentang cara modulasi powerbank di bawah ini.

Jangan mengambil risiko dengan membongkar powerbank apalagi mengutak-atik isinya sebelum mengetahui bagaimana arus listrik bekerja. Meski benda kecil itu tidak terlihat menyengat saat kita memegang tapi kesalahan kecil yang mengakibatkan korsleting atau ritsleting bisa menyebabkan kekuatan bank meledak dan memicu sesuatu yang tidak kita inginkan. Nah, sebelum aksi kenaikan power bank pertama kali melihat bagaimana cara menghitung arus listrik di bawah ini.

1. Ingat, baterai di power bank adalah tipe lithium dan rechargable (bisa diisi ulang) lalu sebelum mengganti baterai harus dari tipe yang sama. Jangan gunakan baterai sekali pakai yang banyak kita temui di toko dekat rumah kita.

2. ini teori utama yang harus diketahui, perhitungan arus sederhana ada 2 yaitu serial dan paralel. Pada powerbank umumnya memiliki koneksi paralel dimana arus yang terhubung secara paralel akan memiliki tegangan yang sama namun Ampere akan semakin besche saat baterai bertambah. Sedangkan pada koneksi serial tegangan bertambah namun arus yang sama tidak bertambah. Perhitungan sederhana seperti contoh koneksi di bawah ini.

Contoh koneksi serial




Contoh koneksi paralel




3. Yang harus dijadikan tolok ukur apakah muatan powerbank yang kuat dengan baterai ponsel saat ini adalah jumlah amper yang ditunjukkan pada masing-masing jenis powerbank. Semakin besar amperenya semakin lama berakhirnya kekuatan. Karena itu, powerbank dengan arus besar akan terlihat gemuk atau badannya besar karena ada di dalamnya baterai yang semakin terhubung secara paralel.

4. Dalam tindakan powerbank, jangan memberi banyak baterai untuk menambah daya, karena spesifikasi komponen untuk proses pengisian powerbank tidak dapat dibatasi oleh komponen elektronik dalam seri powerbank. Jika Anda bisa mengisi daya pasti butuh waktu berjam-jam mencapai 100 persen penuh.

5. Gunakan baterai pengganti powerbank dengan baterai ampere dari jenisnya, tapi kalau tidak memungkinkan maka ganti baterai dengan ampere di atasnya sedikit. Misalnya 1000mAh diganti dengan 1200mAh yang masih aman.

6. Lebih aman jika Anda memiliki multitester sebagai alat untuk mengukur arus atau voltase. Dengan alat ini setidaknya bisa memastikan apakah koneksi sudah benar atau terbalik.

Nah, ini sudah siap melakukan aksi bongkar power bank ?, tidak sulit dan mudah. semoga berhasil. Semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar