--> Skip to main content

Pengertian Ekosistem, Ekologi, Populasi, Komunitas, Individu dan Habitat

Saat kita belajar tentang makhluk hidup dan lingkungannya (Ekologi), kita tidak akan terlepas dari teori dan definisi tentang Individu, Populasi, Habitat, Komunitas dan Ekosistem. Hal-hal ini perlu kita pelajari untuk dapat mengerti secara jelas ruang lingkup makhluk hidup dan lingkungannya. Di artikel ini CintaSains akan membahas mengenai definisi Individu, Populasi, Habitat, Komunitas dan Ekosistem.

Berikut ini adalah sebenarnya pembahasan tentang ekosistem dan hal-hal yang terkait dengan ekosistem yang meliputi pengertian ekosistem, pengertian ekologi, pengertian individu, pengertian populasi, pengertian komunitas, pengertian habitat.

Pernahkah kamu pergi ke sawah. Hewan dan tumbuhan apa yang kamu bisa temui di sana? Bagaimanakah hubungan hewan dan tumbuhan tersebut?Sawah yang kamu datangi merupakan sebuah ekosistem. Di dalam ekosistem ini terdapat berbagai makhluk hidup yang saling berinteraksi.

Untuk lebih memahami tentang hubungan antara komponen ekosistem dan mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem, coba kamu cermati uraian berikut ini.
Ekosistem merupakan interaksi bolak-balik antarmakhluk hidup (biotik) dengan lingkungannya (abiotik). Ilmu yang mempelajari tentang ekosistem disebut ekologi.
Ekologi berasal dari bahasaYunani, yaitu oikos yang artinya rumah, dan logos artinya ilmu.
Jadi, ekologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi antarmakhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Sebelum mempelajari tentang komponen ekosistem, kamu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan individu, populasi, komunitas, dan habitat.
Individu adalah satu makhluk tunggal, contohnya seekor burung. Populasi adalah kumpulan dari individu yang sama yang menempati suatu tempat tertentu. Tempat hidup suatu makhluk hidup disebut habitat. Kumpulan populasi akan membentuk suatu komunitas. Kumpulan komunitas akan membentuk suatu ekosistem.
 Definisi Individu

Individu adalah makhluk tunggal yang tidak bisa dibagi lagi. Kata Individu berasal dari bahasa Latin, yaitu "Individuum" yang artinya "yang tak terbagi". Contoh Individu : Budi (nama orang), sebuah Pohon Mangga, seekor Kupu-kupu dan lain-lain.

Definisi Populasi

Populasi adalah kumpulan Individu sejenis yang mampu berkembangbiak dan berada di suatu tempat atau wilayah yang sama pada waktu yang sama. Contoh Populasi : Di sebuah Danau terdapat Populasi Ikan, Populasi Teratai, Populasi Katak dan lain-lain.

Definisi Habitat

Habitat adalah tempat suatu makhluk hidup melangsungkan kehidupannya. Contoh Habitat : ikan Gabus hidup di sungai atau di air tawar. Ia melangsungkan seluruh aktivitas hidupnya di sungai atau di air tawar. Ia tumbuh dari kecil hingga dewasa, mencari makan dan berkembangbiak disana. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa Habitat ikan Gabus adalah di sungai atau di air tawar. 

Definisi Komunitas

Komunitas adalah kumpulan dari berbagai Populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Contoh Komunitas : Populasi Ikan, Populasi Ganggang dan Populasi hewan di sekitarnya membentuk Komunitas Terumbu Karang. Saat Terumbu Karang mengalami kerusakan, maka Populasi Ikan, Ganggang dan hewan lainnya akan ikut terganggu.

Definisi Ekosistem
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara Komunitas makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem di bagi menjadi Dua, yaitu Ekosistem Alam atau Ekosistem yang terbentuk secara alami dan Ekosistem Buatan atau Ekosistem yang terbentuk dengan campur tangan manusia. Contoh Ekosistem Alam : Ekosistem Gunung, Ekosistem Laut, Ekosistem Hutan dan lain-lain. Contoh Ekosistem Buatan : Ekosistem Waduk, Ekosistem Sawah, Ekosistem Kebun Binatang dan lain-lain.
Tingkatan Ekosistem
Gambar: Tingkatan Ekosistem 

Susunan atau Tingkatan Ekosistem
Bagan: Susunan atau Tingkatan Ekosistem
 Dalam suatu ekosistem terjadi interaksi atau hubungan antara makhluk hidup dengan makhluk hidup sejenisnya, dengan makhluk hidup lain jenis, maupun interaksi dengan lingkungannya berupa makhluk tak hidup, seperti: air, udara, tanah, cahaya matahari, suhu, angin, dan kelembapan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar