--> Skip to main content

Pengertian dan Contoh Simbiosis Komensalisme, Mutualisme, Parasitisme dan Predasi

Simbiosis adalah interaksi antar dua organisme yang saling hidup beriringan. Simbiosis adalah pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion. Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti “dengan” dan biosis yang berarti “kehidupan”. Jadi, simbiosis diartikan “hidup bersama”. Simbiosis merupakan istilah untuk menunjukkan adanya interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Ada beberapa bentuk simbiosis, yakni simbiosis mutualisme, komensalisme, amensalisme, dan parasitisme.

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian komensalisme, pengertian mutualisme, pengertian parasitisme, pengertian predasi, pengertian simbiosis mutualisme, pengertian simbiosis parasitisme, pengertian simbiosis komensalisme, contoh simbiosis mutualisme, contoh simbiosis komensalisme, contoh simbiosis parasitisme, contoh simbiosis komensalisme pada hewan.

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Simbiosis Parasitisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis, yang satu untung dan yang lain dirugikan. 
Contohnya benalu dengan inangnya. Benalu mampu berfotosintesis karena memiliki zat hijau daun, tetapi benalu menyerap air dari inangnya.

Hal ini menyebabkan pertumbuhan inang yang ditumpangi menjadi terganggu karena kebutuhan air untuk fotosintesis berkurang sehingga makanan yang dihasilkan sedikit. Jika benalu makin tumbuh dan berkembang, maka inang dapat mengalami kematian.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

 Simbiosis adalah interaksi antar dua organisme yang saling hidup beriringan. Simbiosis adalah pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.
Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis, yang satu untung dan yang lain tidak dirugikan.
Contohnya anggrek dengan pohon yang ditumpanginya. Anggrek hanya menempel pada pohon yang ditumpanginya untuk mendapatkan sinar matahari. Pohon yang ditumpangi anggrek tidak mengalami kerugian apapun.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis yang saling menguntungkan. 
Contohnya bunga dan lebah. Bunga menghasilkan madu yang disukai lebah dan lebah membantu penyerbukan bunga. Oleh karena itu, keduanya memperoleh keuntungan.
Contoh Predasi, Simbiosis Mutualisme, Parasitisme dan Komensalisme
Gambar: Contoh Predasi, Simbiosis Mutualisme, Parasitisme dan Komensalisme

Pengertian Predasi

Predasi adalah hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator). Bila mangsa tidak ada, maka pemangsa tidak dapat hidup. Sebaliknya, bila pemangsa tidak ada, maka populasi mangsa akan meningkat. 
Oleh karena itu, predator menjadi pengontrol populasi hewan yang dimangsa. Hubungan predasi ini sangat erat karena saling mempengaruhi.

Predasi menyebabkan terjadinya peristiwa makan dan dimakan yang membentuk rantai makanan. Hal ini menyebabkan keseimbangan populasi makhluk hidup di alam.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar