--> Skip to main content

Kondisi Iklim dan Peta Letak Geografis Asia Tenggara Beserta Negara-negara yang Termasuk Didalamnya

Indonesia dan negara-negara tetangga terletak di kawasan Asia Tenggara. Untuk menjaga stabilitas di kawasan Asia Tenggara dibentuk organisasi yang bernama ASEAN. Tahukah kamu negara mana saja yang termasuk di kawasan Asia Tenggara?. Unsur geografis suatu tempat memengaruhi kehidupan penduduknya. Pengaruh tersebut terlihat dari mata pencaharian, kebiasaan, adat istiadat, dan hasil budaya lainnya. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki banyak kesamaan geografis karena letaknya yang berdekatan. Oleh karena itu kondisi sosial, ekonomi, dan budayanya banyak memiliki kesamaan. Dari segi ekonomi, sebagian besar penduduk Asia Tenggara bermata pencaharian sebagai petani yang menanam tanaman tropis. Dilihat dari pendapatan perkapitanya, penduduk Asia Tenggara digolongkan sebagai pendapatan kelas menengah, kecuali Singapura dan Brunei Darussalam.

A Pengertian Unsur Geografis

Unsur geografis adalah keadaan alam di muka bumi yang membentuk lingkungan hidup manusia. Yang termasuk unsur geografis adalah bentang alam, letak, luas, batas, iklim, dan sebagainya. Unsur geografis merupakan salah satu objek geografis. Objek geografis digolongkan menjadi dua, yaitu: objek geografis fisik dan objek geografis non fisik. Objek geografis fisik antara lain bentang alam, letak, luas, batas, dan iklim. Sedangkan objek geografis non fisik adalah keadaan penduduk dan aktivitasnya. Marilah kita bahas unsur geografis di kawasan Asia Tenggara

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas materi mengenai asia tenggara, peta kawasan asia tenggara, negara negara di asia tenggara, letak asia tenggara, luas asia tenggara, batas asia tenggara, iklim asia tenggara, bentang alam asia tenggara, angin monsun, keadaan alam asia tenggara, sirkum pasifik dan sirkum mediterania, iklim subtropis, dan letak geografis asia tenggara.

Unsur Fisik Asia Tenggara

Pada pembahasan kali ini, kita akan menjelaskan mengenai deskripsi unsur-unsur fisik meliputi luas wilayah, iklim dan bentang alam serta negara-negara yang tergabung dalam kawasan Asia bagian Tenggara. Berikut adalah penjelasannya.

Letak Geografis Asia Tenggara

Asia Tenggara meliputi Semenanjung Indocina dan Melayu serta beberapa kepulauan di sekitarnya. Terdiri atas sebelas negara yang dapat dibedakan menjadi dua kawasan, yaitu kawasan benua (Myanmar, Thailand, Kampuchea, Laos, Vietnam, dan Malaysia Barat) dan kawasan kepulauan (Malaysia Timur, Singapura, Brunei Darussalam, Indonesia, Timor Leste, dan Filipina). Perhatikanlah peta berikut
Kawasan Asia Tenggara


Letak, Luas, dan Batas

Sebagian besar negara-negara di kawasan Asia Tenggara terletak di belahan bumi Utara.

Secara astronomis, kawasan Asia Tenggara terletak antara 28 LU - 11 LS dan 95 BT - 141 BT. Secara geografis, kawasan Asia Tenggara terletak di antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan dua samudra (Samudra Hindia dan Samudra Pasifik).
Luas wilayah Asia Tenggara mencapai 2.256.781 km atau sekitar 5 dari luas wilayah Benua Asia. 
Berikut batas-batas kawasan Asia Tenggara:

  1. Kawasan Asia Timur dan Samudra Pasifik di sebelah Utara.
  2. Samudra Hindia dan Benua Australia di sebelah Selatan.
  3. Kawasan Asia Selatan dan Samudra Hindia di sebelah Barat.
  4. Samudra Pasifik dan Papua Nugini di sebelah Timur.


Iklim dan Bentang Alam

Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah Asia Tenggara berada di zona iklim tropis, hanya negara Myanmar yang sebagian kecil wilayahnya (bagian Utara) masuk dalam zona iklim subtropis.

Kondisi musimnya dipengaruhi oleh pergerakan angin monsun yang berganti arah tiap enam bulan sekali. Hal ini menyebabkan terjadinya musim kemarau dan musim penghujan di wilayah Asia Tenggara. Keadaan alam kawasan Asia Tenggara sangat ber ariatif, meliputi pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan basin.

Kawasan Asia Tenggara juga merupakan pertemuan jalur pegunungan muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania, sehingga kawasan Asia Tenggara memiliki banyak gunung api. Kondisi ini pula yang menyebabkan kawasan Asia Tenggara cukup labil sehingga sering terjadi bencana alam tektonisme dan ulkanisme.

Jalur Pegunungan Sirkum Pasifik membentang dari Perairan Pasifik di sebelah Utara yang membentuk rangkaian pegunungan di Kepulauan Filipina dan menuju Indonesia melalui Pulau Kalimantan bagian Timur dan berakhir di Perairan Banda.

Sementara itu, jalur Pegunungan SirkumMediterania membentang dari Eropa Selatan yang membentuk jalur Pegunungan Arakan Yoma di Myanmar, Kepulauan Andaman, jalur Bukit Barisan di kawasan Barat Pulau Sumatra, bagian Selatan Pulau Jawa, Nusa Tenggara, dan berakhir di Perairan Banda.

Dataran tinggi yang ada di kawasan Asia Tenggara banyak terdapat di Thailand (Dataran Tinggi Korat), Vietnam (Dataran Tinggi Tonkin), Laos (Dataran Tinggi Bolo ens), dan Indonesia (Dataran Tinggi Dieng, Gayo, dan Ranau).

Lahan di daerah dataran tinggi umumnya dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan dan sebagai objek wisata.

Wilayah dataran rendah terdapat di bagian Selatan Thailand, bagian Timur Semenanjung Malaka, sebagian besar wilayah Singapura dan Brunei Darussalam, Sumatra bagian Timur, Kalimantan Barat dan Selatan, serta di kawasan daerah aliran sungai. Dataran rendah tersebut terutama dimanfaatkan untuk lahan permukiman dan pertanian. Hal ini dikarenakan wilayah tersebut pada umumnya subur dan merupakan lokasi pemusatan penduduk di tiap-tiap negara di kawasan Asia Tenggara.

Negara-negara yang termasuk Asia Tenggara

Asia Tenggara biasa dipilah dalam dua kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM).

  1. Negara-negara yang termasuk ke dalam ATD adalah. Kamboja. Laos. Myanmar. Thailand. Vietnam.
  2. Negara-negara yang termasuk ATM adalah. Brunei. Filipina. Indonesia. Malaysia. Singapura. Timor Leste.
Demikian tentang Kondisi Iklim dan Peta Letak Geografis Asia Tenggara Beserta Negara-negara yang Termasuk Didalamnya semoga membantu.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar