--> Skip to main content

Contoh Surat Pengumuman Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah

Tujuan utama pembuatan surat edaran pengumuman kegiatan ekstrakurikuler sekolah adalah sebuah surat yang bertujuan memberi pengumuman atau informasi sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan oleh pihak sekolah yang ditujukan kepada orang tua atau wali murid. Sehingga pihak orang tua atau wali siswa menjadi tahu akan kegiatan yang diikuti putra-putrinya di sekolah dan bisa memberi keputusan untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan. Dengan memberikan surat pengumuman yang diberikan kepada orang tua wali murid dimaksudkan agar kegiatan belajar siswa di sekolah berjalan secara transparan, sehingga orang tua bisa memonitor kegiatan yang dilakukan putra-putrinya disekolah.



Contoh Surat

Surat pengumuman kegiatan ekstrakurikuler biasanya dibuat dan dikeluarkan oleh pihak sekolah. Surat kegiatan ekstrakurikuler ditandatangani oleh ketua OSIS dan pihak sekolah yang menangani di bidangnya. Surat pengumuman kegaitan sekolah semuanya adalah bagian dari tanggung jawab sekolah. Karena pihak sekolahlah yang menggantikan tanggung jawab orang tua saat siswa berada dalam lingkungan pendidikan sekolah.
Surat pemberitahuan kegiatan ekstra kurikuler yang dikeluarkan sekolah harus bersifat resmi, dan mudah dimengerti dan dipahami oleh orang tua wali murid yang membaca. Selain itu surat pengumuman harus mempunyai struktur format yang rapi biar enak dipandang dan nikmat untuk dibaca.

Contoh Format surat
Berikut ini adalah sebuah contoh surat pengumuman yang ditujukan kepada bapak ibu orang tua wali murid untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan disekolah. Silahkan disimak contoh surat pengumuman kegiatan ekstra kurikuler di bawah ini, dan jangan lupa untuk memahami dan mengunyah isi contoh ini.


Nomor : 229 / OSIS / PMR / II / 2017
Perihal : Pengumuman
Kepada :
Yth.  Bapak / Ibu Orang Tua/Wali Siswa SMKN 33 Surabaya
di-Tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan hasil rapat yang diadakan antara pihak komite sekolah dan pengurus OSIS SMKN 33 Surabaya, maka kami selaku pengurus OSIS SMKN 33 Surabaya akan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler pelatihan ternak lele di lapangan serba guna SMKN 33 Surabaya. Adapun pelatihan ternak lele akan dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 14.30 WIB. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini dibatasi 150 siswa SMKN 33 Surabaya.

Untuk itu, siswa SMKN 33 Surabaya yang berminat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini dimohon segera mendaftarkan diri kepada Ahmad Tri Susilo (Sekretaris OSIS SMKN 33 Surabaya). Adapun persyaratan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini antara lain :
  • Mengisi Formulir pendaftaran
  • Foto berwarna 3X4 sebanyak 3 lembar
  • Membayar uang administrasi sebesar Rp 3.000,-
  • Membayar iuran untuk pembelian bibit lele Rp 10.000,-
  • Biaya ekstrakurikuler bulanan Rp. 5.000,- setiap bulan

Demikian Pengumuman kegiatan ekstrakurikuler ini kami sampaikan.  Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Surabaya, 22 Februari 2017

Hormat kami
Ketua OSIS,
MUHAMMAD AZHAR





Itulah tadi sebuah contoh surat pengumuman yang ditujukan kepada orang tua siswa. Sebuah surat yang memberitahukan tentang sebuah kegiatan ekstrakukriler yang diadakan sekolah yaitu ternak lele. 
Setelah anda membaca dan memahami isi contoh surat kegiatan ekstrakurikuler di atas, anda bisa menyalin dan memodifikasinya pada microsoft word atau sorftware lainnya. Silahkan diedit dan dirubah sesuai dengan kebutuhan surat pengumuman yang anda inginkan.

Nulis Surat Sambil Ngopi
Jika terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan serta format yang ada pada tulisan contoh surat pengumuman ini, kami memohon masukan positifnya untuk menjadi sempurnanya contoh surat pengumuman kegiatan sekolah ini.
Terimakasih atas kesempatan anda, meluangkan waktunya, serta memberikan ruang untuk mampir dan membaca di tulisan blog ini yang berisi tentang surat pengumuman kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar